Dukungan Pemerintah Desa terhadap Problem Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.15575/kp.v2i3.9897Keywords:
pemerintah desa, problem pendidikan, pandemic, COVID-19Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dukungan pemerintah Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kab. Semarang terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang memiliki berbagai kendala sehingga penelitian ini menjadi role model yang bisa diterapkan di tempat lain. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode dan pendekatan kualitatif (field research), pengumpulan data dengan wawancara dan observasi, dan analisis data secara deskriptif. Di masa pandemi ini, lembaga pendidikan yang ada di Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kab. Semarang melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam rangka mencegah penyebaran covid 19. Ada banyak kendala yang dialami oleh guru, siswa, dan orang tua dalam melaksanakan PJJ ini, yaitu jaringan internet yang sulit, ketersediaan gadget/smartphone, pendampingan orang tua yang kurang maksimal serta sumber daya orang tua yang kurang mumpuni. Dukungan yang diberikan oleh pemerintah desa Sepakung adalah memberikan alternatif solusi berupa pengadaan jaringan internet gratis kepada para guru dan peserta didik. Solusi ini dipilih karena daerah tersebut belum terjangkau provider jaringan internet. Jaringan internet ditempatkan di tempat-tempat strategis. Ada beberapa antisipasi agar jaringan internet tidak disalahgunakan oleh anak-anak.
Â
References
Abidin, Z, Rumansyah & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 5, No. 1, 64-70.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10, No. 3, 282-289.
Dai, D. A. (2020). Online Home Study Plan for Postponed 2020 Spring Semester During the COVID-19 Epidemic: A Case Study of Tangquan Middle School in Nanjing, Jiangsu Province, China. Jiangsu, China.
Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid 19 terhadap implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Educatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2, No. 1, 55-61.
Emiyati, A., & Harming. (2020). Kendala Orang Tua Mendampingi Anak Belajar di Rumah Dalam Menghadapi Situasi Covid 19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya Vol 4,. No. 1 , 8-16.
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Vol. 2, No. 2 , 81-89.
Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The Covid Pandemic: Technology Use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing , 3-5.
Gunawan, d. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, Vol. 1, No. 2, 61-70.
Herliandry, L. D., & dkk. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 22, No. 1 , 65-70.
Hermansyah. (2020). Pembelajaran Daring atau Luring. Dalam G. Indonesia, Pembelajaran Daring Era Pandemi (hal. 49-54). Jombang: Delta Pustaka.
Indahri, Y. (2020). Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi. Info Singkat: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Vo. 12, No. 12 , 13-18.
Jamaludin, D. (2020). Pembelajaran Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.
Kemendikbud, Kemenag, Kemenkes, & Kemendagri. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).
Najib, M. (2020, Agustus 2). Warga Sepakung. (M. Sa'dullah, Pewawancara)
Nugroho, W. M. (2020, Agustus 2). Guru. (M. Sa'dullah, Pewawancara)
Nuri, A. (2020, Agustus 2). Kepala Sekolah. (M. Sa'dullah, Pewawancara)
Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, Vol. 4, No. 1 , 1-7.
Saleh, AM. (2020) Problematika Kebijakan Pendidikan di Tengah Pandemi dan Dampaknya terhadap Proses Pembelajaran di Indonesia. https://osf.io/pg8ef/download. (Diakses hari Rabu, 14 Oktober 2020)
Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi.
Susanti, S. (2020). Covid-19 dan Dilema dalam Pembelajaran Daring. Dalam G. Indonesia, Pembelajaran Daring Era Pandemi (hal. 163-168). Jombang: Delta Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- Authors retain the copyright and full publishing rights without restrictions