Dampak Corona dalam Dunia Pendidikan


Fitri Febriani wahyu(1*), Ii Irpan Nugraha(2), Mochammad Ikbal Pebrinsyah(3), Alya Ramadhaniati Permadi(4)

(1) Prodi Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Prodi Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Prodi Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) Prodi Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Virus corona membuat dunia dan khususnya indonesia mengalami penyesuaian yang cukup drastic, perubahan – perubahan kebiasaan harus dilakukan untuk menghindari semakin tersebarnya virus corona, tidak terkecuali kepada dunia Pendidikan yang cukup mengalami dampak yang besar, baik kepada pelajar, orang tua bahkan tenaga pendidik/guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dampak apa saja yang terjadi kepada pelajar, orang tua dan guru dalam menghadapi adabtasi kebiasan baru yang mau tidak mau harus dilaksanakan. Menggunakan metode penelitian kualitatif dan tekhnik analisis content penulis meemukan bahwa dampak paling significant dalam proses pembelajaran ini terdapat pada ketersedian fasilitas penunjang terutama koneksi internet yang stabil dan keuangan orang tua.


Keywords


COVID 19, Virus Corona, Pendidikan, Dampak Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ainun, Y. (2020). Dampak Covid-19 Memunculkan Monster Pendidikan di Rumah. In Times Indonesia.

Alia, S., Resma, N., Nurali, R., & Hamara, H. (2020). Budaya Lembaga Pendidikan sebagai Pilar Utama Melawan Degradasi Moral. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 84–89.

Cilacap, R. seputar. (2020). Digitalisasi Pendidikan Di tengah Pandemi Corona - Berita Seputar Cilacap & Banyumas (p. 1). Redaksi seputar cilacap banyumas.

Cresswell, J. (2016). Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran (Edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalal, M. (2020). KESIAPAN GURU MENGHADAPI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA COVID-19. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35–40.

Joharudin, A., Septiadi, M. A., Maharani, S., Aisi, T. D., & Nurwahyuningsih, N. (2020). PANIC SYNDROM COVID-19: PENEKANAN TERHADAP KEBIJAKAN YANG DIBERIKAN. Jurnal Perspektif, 4(1), 44–53.

Nuryana, agus nana. (2020). dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. In Kabar Priangan (p. 1).

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.

Pusp, R. C., & Permatasari, Y. R. (2020). Model Persamaan Struktural Dalam Meneliti Pengaruh Keaktifan Organisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja. Khazanah Sosial, 2(2), 94–104.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.

Rais, A. (2020). Dampak Pandemi Corona Terhadap Dunia Pendidikan _ DetikManado (p. 1).

Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1 Extra), 1–7.

Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19,“Dirumah Saja.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 475–489.

Setiawan, A. R., & Mufassaroh, A. Z. (2020). Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).

Siraj, M. A. (2020). Dampak Covid -19 terhadap Pendidikan di Indonesia - Kompasiana (p. 1).

Sodik, A. A. (2020). JUSTICIABELEN: Penegakan Hukum di Institusi Pengadilan dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Khazanah Hukum, 2(2), 56–64.

Zhu, N., Zhang, D., Wang, W., Li, X., Yang, B., Song, J., Zhao, X., Huang, B., Shi, W., Lu, R., Niu, P., Zhan, F., Ma, X., Wang, D., Xu, W., Wu, G., Gao, G. F., & Tan, W. (2020). A novel coronavirus from patients with pneumonia in China, 2019. New England Journal of Medicine. https://doi.org/10.1056/NEJMoa2001017




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v2i3.9905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fitri Febriani wahyu et.all

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International