PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN IT PADA MASA COVID 19 BERBASIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT
DOI:
https://doi.org/10.15575/kp.v3i1.9984Keywords:
Total quality management, Pembelajaran IT, Konten PembelajaranAbstract
Penelitian ini memaparkan tetaang pengembangan konten pembelajaran IT berbasis Total quality management yang dilakukan di SD Teladan Yogyakarta. Pada masa Covid 19 lembaga pendidikan dituntut untuk mampu memaksimalkan proses pembelajaran IT, dengan tujuan materi dapat tersampaikan dengan baik, akan tetapi pada kenyataannya banyak lembaga pendidikan yang tidak mampu dalam memaksimalkan teknologi IT dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu perlu adanya pendekatan yang baik dalam proses perencanaan pembelajaran IT, salah satunya adalah dengan Total Quality Management Penelitian ini menggunakan pendektakan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian menujukan bahwa SD Teladan Yogyakarta melakukan beberapa tahapan dalam pengembangan konten pembelajaran IT yang berbaisis Total quality management, tahpan tersebut antara lain, penentuan standar (input), hasil monitoring dan perbandingan dengan standar (proses), perbaikan penyipangan (output) dan usulan standar baru (outcome).
References
Antariksa, W. F. (2017). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Madrasah, 10(1), 47. https://doi.org/10.18860/madrasah.v10i1.5096
Asmawi, M. N. (2018). Kebijakan Pendidikan Islam Pada Era Globalisasi Pasar Bebas dan Revolusi Industri 4.0. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(2), 101–109.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13–25.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Hartini, K. (2015). Penerapan Total Quality Manajement (TQM) dalam Perguruan Tinggi. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(1). https://doi.org/10.29300/AIJ.V1I1.766
Hazra, R., Irwansyah, M. R., & Ikhtiarini, N. (2016). Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Kualitas Output Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri Seririt Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2).
https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i2.12791
Indana, N. (2017). Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng). Al-Idarah, 1(1), 62–86.
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & ... (2020). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Matematika di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Dampak dari Covid-19. Diskusi Panel Nasional …, 58, 215–220.
Lestari, W., Pratama, L. D., & Hidayatillah, W. (2020). Persepsi Guru dan Siswa Tentang Penggunaan Media Edutainment di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 109–122.
Maghfiroh, L. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Total Quality Management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19–39. https://doi.org/10.29062/TA’LIM.V1I1.623
Maryamah. (2013). Total Quality Management (TQM) dalam Konteks Pendidikan. Ta’dib, 18(1), 8–12. https://doi.org/10.5958/2348-7534.2014.01294.x
Nugraha, D., & Winiarti, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pelacakan Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan Berbasis Multimedia. Jurnal Informatika, 2(1), 738–748. https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2604
Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learnig Untuk Menghadapi Era New Normal. Akrab Juara, 5(1), 43–54.
Pettalongi, S. S. (2010). Konsep Total Quality Management dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Hunafa, 7(1), 37–36.
Rahmah, U. (2018). The Implementasi Total Quality Management (TQM) di SD Al-Hikmah Surabaya. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–131. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.31-06
Sallis, E. (2010). Total Quality Management in Education (Fahrurrozi & A. A. Riyadi (eds.)). IRCiSoD.
Septiadi, W. (2019). Tinjauan Total Quality Management (TQM) Pada Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 34–51. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.105
Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Alfabeta.
Sulistyawati, T. E. (2020). Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi. 1(1), 33–43.
Wiyani, N. A., Najib, M., & Sholichin, S. (2016). Penerapan TQM dalam Pendidikan Akhlaq. Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 221. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i2.545
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
Authors retain the copyright and full publishing rights without restrictions.