ANALISIS PERSAINGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE GAME THEORY DAN MARKOV CHAIN DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN OPTIMAL


Devy Rahmadani(1*), Fibri Rakhmawati(2)

(1) , Indonesia
(2) Universitas islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, penjualan barang melalui media sosial (e-commerce) sudah banyak dilakukan oleh banyak orang. Platform e-commerce telah menjadi bagian penting dalam perdagangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persaingan antara Shopee dan TikTok Shop menggunakan metode Game Theory dan Markov Chain guna menemukan strategi pemasaran yang optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 82 responden di Kota Medan, Sumatera Utara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas serta melihat nilai maksimum dan minimum dari data yang didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa probabilitas pergeseran aplikasi Shopee meningkat selama empat minggu sebesar 0,78 (78%) dimana strategi optimalnya adalah voucher. Sebaliknya, TikTok Shop hanya mengalami peningkatan sebesar 0,22 (22%) dimana strategi optimal berupa promo. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran berbasis voucher dan promo dapat meningkatkan daya saing kedua platform, dengan implikasi signifikan bagi pengembangan strategi pemasaran berbasis data dalam e-commerce.

Keywords


E-Commerce, Shopee, Tiktok Shop,Teori Permainan ,Rantai Markov, Strategi marketing yang optimal

References


S. Ayu and A. Lahmi, “Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19,” J. Kaji. Manaj. Bisnis, vol. 9, no. 2, 2020, doi: 10.24036/jkmb.10994100.

A. Gulo, “Analisis Perkembangan Bisnis E-Commerce Studi Kasus: E-Commerce Sorabel,” Researchgate.Net, no. March, 2021.

A. E. N. Putri and T. Handayani, “Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Pada Generasi Milenial Di Kecamatan Johar Baru,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 8, no. 2, 2021, doi: 10.21107/jsmb.v8i2.12479.

D. Gunawan, Keputusan pembelian konsumen Marketplace Shopee berbasis social media marketing. Padang Sidempuan: PT Inovasi Pratama Internasional, 2022.

I. Psikologi, Rahasia meraih peluang bisnis dengan Tiktok Shop. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2023.

A. N. Azizah and R. P. Sari, “Analisis Brand Switching dan Penentuan Strategi Pemasaran Produk Bubble Tea Menggunakan Metode Markov Chain dan Game Theory,” J. Optim., vol. 7, no. 1, p. 25, 2021, doi: 10.35308/jopt.v7i1.3275.

M. T. Rachmat, M. B. Agung, and R. P. Sari, “Analisa Perbandingan Perpindahan Nasabah dan Strategi Bersaing Pada Bank,” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 8, no. 1, pp. 29–34, 2022, doi: 10.30656/intech.v8i1.4109.

K. Mokoginta, S. K. Nasib, I. Djakaria, and D. Wungguli, “Analisis Perpindahan Merek Dan Strategi Pemasaran Umkm Menggunakan Metode Rantai Markov Dan Teori Permainan,” MATHunesa J. Ilm. Mat., vol. 12, no. 1, pp. 57–66, 2024, doi: 10.26740/mathunesa.v12n1.p57-66.

D. V. Hanifah and Y. P. Astuti, “Analisis Perpindahan Pelanggan Dan Strategi Persaingan Restoran Dengan Metode Markov Chain Dan Game Theory,” MATHunesa J. Ilm. Mat., vol. 11, no. 3, pp. 310–317, 2023, doi: 10.26740/mathunesa.v11n3.p310-317.

A. Bhatia and A. Kaur, “Markov Model in E-commerce: A study of online consumer behavior,” Int. J. Comput. Appl., vol. 182, no. 12, pp. 1–5, 2018.

H. Zhao and K. Huang, “Markov Decision Processes for Supply Chain Management: A Literature Review.,” Int. J. Prod. Econ., vol. 210, 2019.

Respatiwulan, Pengenalan Beberapa Penerapan Model Statistik. Yogyakarta: Deepublish, 2022.

D. A. Kurniawati and A. Cakravastia, “A review of halal supply chain research: Sustainability and operations research perspective,” Clean. Logist. Supply Chain, vol. 6, 2023, doi: 10.1016/j.clscn.2023.100096.

S. Gupta and R. Singh, “Collaborative Marketing Strategies in E-commerce: A Game-Theoretic Perspective,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 49, 2019.

J. Chen and J. Xie, “Dynamic Pricing in E-commerce: A Game Theory Approach.,” Electron. Commer. Res. Appl., vol. 39, 2020.

Y. D. Pratiwi, T. N. Wibowo, and R. Purnomo, “Analisis Optimalisasi Produksi Susu Milba Kemasan Menggunakan Metode Simpleks,” Iteks, vol. 12, no. 2, 2020.

B. Darma, Statistika Penelitian menggunakan SPSS. Guepedia, 2021.

Hidayat and A. Aziz, Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reabilitas. Surabaya: Health Book Publishing, 2021.

P. Wibowo and F. Xaverius, Statistika dan Ekonomi dengan SPSS 25. Jakarta: Selemba Empat, 2022.

E. Riflin, Rohanna, and F. Riana, Statistika Dasar. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2022.

R. I. Halim, “ANALISIS BRAND SWITCHING DAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MARKOV CHAIN DAN GAME THEORY DI KOTA MEDAN (STUDI KASUS:LAZADA, SHOPEE,DAN TOKOPEDIA),” Universitas Negeri Medan, 2024.




DOI: https://doi.org/10.15575/kubik.v9i2.40273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Devy Rahmadani, Fibri Rakhmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal KUBIK: Jurnal Publikasi Ilmiah Matematika has indexed by:

SINTA DOAJ Dimensions Google Scholar Garuda Moraref DOI Crossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.