ANALISIS PERSAINGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE GAME THEORY DAN MARKOV CHAIN DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN OPTIMAL
DOI:
https://doi.org/10.15575/kubik.v9i2.40273Keywords:
E-Commerce, Shopee, Tiktok Shop, Teori Permainan, Rantai Markov, Strategi marketing yang optimalAbstract
Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, penjualan barang melalui media sosial (e-commerce) sudah banyak dilakukan oleh banyak orang. Platform e-commerce telah menjadi bagian penting dalam perdagangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persaingan antara Shopee dan TikTok Shop menggunakan metode Game Theory dan Markov Chain guna menemukan strategi pemasaran yang optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 82 responden di Kota Medan, Sumatera Utara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas serta melihat nilai maksimum dan minimum dari data yang didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa probabilitas pergeseran aplikasi Shopee meningkat selama empat minggu sebesar 0,78 (78%) dimana strategi optimalnya adalah voucher. Sebaliknya, TikTok Shop hanya mengalami peningkatan sebesar 0,22 (22%) dimana strategi optimal berupa promo. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran berbasis voucher dan promo dapat meningkatkan daya saing kedua platform, dengan implikasi signifikan bagi pengembangan strategi pemasaran berbasis data dalam e-commerce.References
S. Ayu and A. Lahmi, “Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19,†J. Kaji. Manaj. Bisnis, vol. 9, no. 2, 2020, doi: 10.24036/jkmb.10994100.
A. Gulo, “Analisis Perkembangan Bisnis E-Commerce Studi Kasus: E-Commerce Sorabel,†Researchgate.Net, no. March, 2021.
A. E. N. Putri and T. Handayani, “Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Pada Generasi Milenial Di Kecamatan Johar Baru,†J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 8, no. 2, 2021, doi: 10.21107/jsmb.v8i2.12479.
D. Gunawan, Keputusan pembelian konsumen Marketplace Shopee berbasis social media marketing. Padang Sidempuan: PT Inovasi Pratama Internasional, 2022.
I. Psikologi, Rahasia meraih peluang bisnis dengan Tiktok Shop. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2023.
A. N. Azizah and R. P. Sari, “Analisis Brand Switching dan Penentuan Strategi Pemasaran Produk Bubble Tea Menggunakan Metode Markov Chain dan Game Theory,†J. Optim., vol. 7, no. 1, p. 25, 2021, doi: 10.35308/jopt.v7i1.3275.
M. T. Rachmat, M. B. Agung, and R. P. Sari, “Analisa Perbandingan Perpindahan Nasabah dan Strategi Bersaing Pada Bank,†J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 8, no. 1, pp. 29–34, 2022, doi: 10.30656/intech.v8i1.4109.
K. Mokoginta, S. K. Nasib, I. Djakaria, and D. Wungguli, “Analisis Perpindahan Merek Dan Strategi Pemasaran Umkm Menggunakan Metode Rantai Markov Dan Teori Permainan,†MATHunesa J. Ilm. Mat., vol. 12, no. 1, pp. 57–66, 2024, doi: 10.26740/mathunesa.v12n1.p57-66.
D. V. Hanifah and Y. P. Astuti, “Analisis Perpindahan Pelanggan Dan Strategi Persaingan Restoran Dengan Metode Markov Chain Dan Game Theory,†MATHunesa J. Ilm. Mat., vol. 11, no. 3, pp. 310–317, 2023, doi: 10.26740/mathunesa.v11n3.p310-317.
A. Bhatia and A. Kaur, “Markov Model in E-commerce: A study of online consumer behavior,†Int. J. Comput. Appl., vol. 182, no. 12, pp. 1–5, 2018.
H. Zhao and K. Huang, “Markov Decision Processes for Supply Chain Management: A Literature Review.,†Int. J. Prod. Econ., vol. 210, 2019.
Respatiwulan, Pengenalan Beberapa Penerapan Model Statistik. Yogyakarta: Deepublish, 2022.
D. A. Kurniawati and A. Cakravastia, “A review of halal supply chain research: Sustainability and operations research perspective,†Clean. Logist. Supply Chain, vol. 6, 2023, doi: 10.1016/j.clscn.2023.100096.
S. Gupta and R. Singh, “Collaborative Marketing Strategies in E-commerce: A Game-Theoretic Perspective,†J. Retail. Consum. Serv., vol. 49, 2019.
J. Chen and J. Xie, “Dynamic Pricing in E-commerce: A Game Theory Approach.,†Electron. Commer. Res. Appl., vol. 39, 2020.
Y. D. Pratiwi, T. N. Wibowo, and R. Purnomo, “Analisis Optimalisasi Produksi Susu Milba Kemasan Menggunakan Metode Simpleks,†Iteks, vol. 12, no. 2, 2020.
B. Darma, Statistika Penelitian menggunakan SPSS. Guepedia, 2021.
Hidayat and A. Aziz, Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reabilitas. Surabaya: Health Book Publishing, 2021.
P. Wibowo and F. Xaverius, Statistika dan Ekonomi dengan SPSS 25. Jakarta: Selemba Empat, 2022.
E. Riflin, Rohanna, and F. Riana, Statistika Dasar. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2022.
R. I. Halim, “ANALISIS BRAND SWITCHING DAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MARKOV CHAIN DAN GAME THEORY DI KOTA MEDAN (STUDI KASUS:LAZADA, SHOPEE,DAN TOKOPEDIA),†Universitas Negeri Medan, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in KUBIK: Jurnal Publikasi Ilmiah Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â