Manajemen Strategik Bimbingan Manasik Haji dalam Meningkatkan Kualitas Jemaah

Authors

  • Ni’mah Nurfadillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ahmad Sarbini UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Herman Herman UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/mjhu.v1i2.26447

Keywords:

Manajemen, Strategik, Manasik, Kualitas, Jemaah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategik Bimbingan Manasik Haji KBIHU Masjid Raya Bandung melalui tahapan perumusan strategi, pelaksanaan strategi dan evaluasi strategi untuk meningkatkan kualitas jemaah calon haji. Agar didapatkan data yang valid penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data  wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategik Bimbingan Manasik Haji di KBIHU Masjid Raya Bandung yaitu melakukan pengembangan visi, misi dan tujuan untuk menjadikan jemaah haji yang mandiri, dengan melakukan Bimsik Haji yang memfokuskan terhadap teori dan praktik. Pada pelaksanaan strategi, bimsik dilakukan semaksimal mungkin oleh para pembimbing yang ahli di bidangnya. Prosedur yang dijalankan oleh KBIHU Masjid Raya Bandung dimulai dari pendaftaran sampai dengan pelaksanaan ibadah haji (bimbingan di tanah air, di Arab Saudi dan pasca ibadah haji yang dikumpulkan melalui wadah Jamiatul Hujjaj). Tahapan manajemen strategik dilakukan untuk membantu KBIHU menjadikan jemaah haji berkualitas.

References

Amir, M. T. (2011). Manajemen Strategik-Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. (2017). Modul III dan IV, Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji. Jakarta: Kementrian Agama RI.

Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. (2017). Modul V, Bimbingan Manasik Haji dan Umrah. Jakarta: Kementrian Agama RI.

Hartono, J. (2005). Sistem Informasi Strategik. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Kadmasasmita, A. D. (2005). Manajemen Strategis - Konsep dan Aplikasi. Bandung: Lembaga Administrasi Negara RI Pusat Kajian dan Diklat Aparatur I.

Mulyadi. (1993). Sistem Akuntansi. Yogyakarta: STIE YKPN.

Nawawi, H. (2005). Manajemen Startegik. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.

Nazir, M. (2011). Metode Peneliian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prastito, Agung. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas pelyanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pandawa Water Word Solo Baru, diakses 1 Juli 2019 dari https://eprints.ums.ac.id

Siagian, S. P. (2000). Manajemen Stratejik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siswanto, J. (2006). Prosesi Mas Joko Pergi Haji. Yayasan Bakti Nusantara, Pusat Kajian Kebijakan dan Pendidikan Politik.

Solihin, I. (2012). Manajemen Strategik. Bandung: Penerbit Erlangga.

Sukayat, T. (2016). Manajemen Haji Umroh dan Wisata Agama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Taufiqurokhman. (2016). Manajemen Strategik. Jakarta Pusat: FISIP Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Taufiqurrochman. (2011). Manasik Haji dan Ziarah Spiritual. Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Terry, G. R., & Rue, L. W. (2000). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyudi, A. S. (1996). Manajemen Strategik - Pengantar Proses Berpikir Strategik. Jakarta Barat: Binarupa Aksara.


Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Nurfadillah, N., Sarbini, A., & Herman, H. (2023). Manajemen Strategik Bimbingan Manasik Haji dalam Meningkatkan Kualitas Jemaah. Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra, 1(2), 107–124. https://doi.org/10.15575/mjhu.v1i2.26447

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.