Dampak Penggunaan Platform Digital Terhadap Perkembangan UMKM Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.15575/prestise.v3i1.30447Abstract
Transformasi digital dalam bisnis UMKM semakin berkembang pesat, mengubah perilaku manusia dan mempercepat proses digitalisasi. Maka dukungan Platform Digital terhadap UMKM harus ditingkatkan agar UMKM memiliki nilai tambah sehingga UMKM bisa naik kelas. Penelitian Perkembangan Platform Digital terhadap UMKM di Indonesia ini bertujuan agar mengetahui sejauh mana UMKM menggunakan Platform Digital untuk bertransaksi. Metode Penelitian ini menggunakan dua jenis Metode yaitu Metode Literatur dan Metode Kualitatif, dengan menggunakan studi Pustaka pada metode Literatur serta Teknik Observasi, penyebaran angket dan wawancara pada Metode Kualitatif untuk mengumpulkan data kepada 10 pengusaha UMKM di Kabupaten Bandung, Indoensia. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan platfrom digital terhadap UMKM hampir semua UMKM sudah menggunakan platform digital untuk bertransaksi. Dari Penelitian ini dapat diketahui bahwa melalui Platform Digital sebagai wadah untuk bertransaksi, UMKM mengalami perkembangan usaha.
Â
Kata kunci: Platform Digital, UMKM
References
Afandi, D. R., & Putra, M. (2020). Pengembangan Kinerja UKM: Penggunaan Platform Digital dengan Kemampuan Jaringan dan Ambidexterity. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(2), 93-102.
Ana, W., Tiara Dwi Fulandari Sophan, C. N., & Sanggarwati, D. A. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Online dan Marketplace terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm Cn Collectiondi Sidoarjo. Media Mahardhika, 19(3), 517-522.
Ardiansyah, T. (2020). Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan Umkm Di Indonesia. Jurnal Usaha, 1(1), 1-12.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76.
Pradiani. (2017). Pengarush Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Hasil Penjualan Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46-53.
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati., D. M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146.
Wibawa, A. E. (2021). Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Muhammdiyah PK Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 1(2), 76-84.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


