Pengaruh Pemeliharaan Destinasi Wisata Alam Ujung Aspal Indonesia Terhadap Pendapatan Masyarakat


U Adis Budiana(1*), Arief Mulyawan Thoriq(2), Hamdan Adriansyah(3)

(1) STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta, Indonesia
(2) STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta, Indonesia
(3) STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan di daerah destinasi objek wisata atau desa wisata yaitu di Desa Pusakamulya Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Pemeliharaan destinasi wisata alam ujung aspal di desa Pusakamulya kecamatan Kiarapedes kabupaten Purwakarta. 2) Untuk mengetahui pendapatan masyarakat. 3) Untuk mengetahui pengaruh renovasi destinasi wisata alam ujung aspal terhadap pendapatan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Regresi Linier Sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuisioner dan dokumentasi dan diperoleh 30 responden dari para pedagang di destinasi wisata alam ujung aspal. Analisis data menggunakan alat statistik yaitu SPSS versi 25. Berdasarkan hasil pengolahan data dari penyebaran kuesioner, terdapat pengaruh yang signifikan adanya pemeliharaan destinasi wisata alam ujung aspal terhadap pendapatan masyarakat Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Hal ini terlihat dari R Squer sebesar 0,447 atau 44,7% dan hasil analisis regresi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara adanya pemeliharaan destinasi wisata alam ujung aspal terhadap pendapatan masyarakat. Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

 

Kata kunci: Pemeliharaan destinasi wisata alam, pendapatan masyarakat 


Full Text:

PDF

References


Andang Sunarto, Ph.D. 2017. Statistik untuk Ekonomi dan Bisnis Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Agama RI. 2015. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: Cv. Penerbit Diponogoro.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya

Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan. 2022. Jumlah Desinasi Wisata Kabupaten Purwkarta 2022. Diakses dari https://www.disporaparbud.purwakartakab.go.id/

Ham, Christian. Ferry. dkk. 2018. “Analisis Pengakuan Pendapatan Dan Beban Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat Prisma Dana Manado” dalam Jurnal Riset Akuntansi Going Concern. Volume.13 No.2.

Hanief, Shofwan., & Pramana, Dian 2018. Pengembangan Bisnis Pariwisata dengan Media Sistem Informasi. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.

Hardani. DKK. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup Yogyakarta.

Hasil Wawancara dengan Pengelola Objek Wisata Ujung Aspal

Hidayat, Nadhifa. 2016. “Perancangan Buku Panduan Wisata Kabupaten Purwakarta Design Tourism Guide Book Purwakarta” dalam Jurnal e-Proceeding of Art & Design. Volume. 3 No.3.

Indah, Pratiwi. 2011. “Perencanaan Penataan Lanskap Kawasan Wisata Danpenyusunan Alternatif Program Wisata Di Grama Tirtajatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat” dalam Jurnal Lanskap Indonesia. Volume. 3 No.2




DOI: https://doi.org/10.15575/prestise.v3i1.30448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis



Google Scholar

Garuda