HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KINERJA GURU MTS ATTAQWA KOTA TANGERANG


Shofi Shofuroh(1*), Bambang S. Arifin(2), Irfan Fahmi(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This research based on the phenomena that some teachers have not done their job effectively and efficiently. It is expected that emotional intelegence has correlation with that phenomena. Emotional intelegence is an individual ability to know their own emotion, manage the emotion, motivate themselves, have emphaty and skill in relationship. Some aspects in emotional intelegence expected have correlation with performance. Population are teachers MTs At Taqwa Tangerang who are actively doing the teaching and learning process. This research used quantitative methodology with correlational analysis. Subjects are 100 teachers. Result shows that thitung  is more than ttabel. Therefore, H0 is not accepted and H1 is accepted so that there is positive correlation between emotional intelegence and teachers performance at MTs At Taqwa Tangerang.


Keywords


emotional intelegence, performance, teacher

Full Text:

PDF

References


Agustian, A. 2001. Emotional Spiritual Quo-tient. Jakarta: Arga.

Ahiri, J, 2003, Validitas dan Reabilitas Tes: Deskripsi Konsep dan Aplikasinya da-lam Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Dep-diknas Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Aldag, Roman J., and Stearns, Timothy., 1987, Management, Chicago: South Western Publishing Co.

Arikunto, S, 2003, Dasar-dasar Evaluasi Pen-didikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Azwar, S, 2004. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalyono, M., 1997, Psikologi Pendidikan, Ja-karta: Rineka Cipta.

Goleman, D., 2000, Emotional Intelligence, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gsianturi, 2005, Jabatan Tinggi, EQ Rendah?, http://www.kompas.co.id/,

Hartati, N, et.al., 2004, Islam dan Psikologi, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Ibda, F. 2000, Emotional Intellegence dalam Dunia Pendidikan. Banda Aceh: Fakul-tas Tarbiyah, IAIN Ar-Raniry, Jurnal Didaktika.

J.L., Gibson., dan Cevich, Ivan., 1993, Organi-sasi dan Manajemen. Jakarta: Erlangga

K. Cooper, Robert., dan Sawaf, Ayman., 2002, Executive EQ. Jakarta: Gramedia

Kountur, R., 2003, Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: Pe-nerbit PPM.

Lembaga Kajian Pendidikan Keislaman dan Sosial (LeKDiS), 2005. Standar Nasio-nal Pendidikan. Ciputat: Han.s Print.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu., 2004, Ma-najemen Sumber Daya Manusia Perusa-haan. Bandung: Rosdakarya.

Munandir, 2001, Ensiklopedia Pendidikan, Malang: Um Press.

Najati, U. 1997. Al Qur’an dan Ilmu Jiwa. Bandung: Pustaka.

Nawawi, H., 1996, Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT. Gunung Agung,

--------------------, 1985, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Jakarta: PT. Gunung Agung,

Nggermanto, A, 2002, Quantum Quotient. Bandung: Nuansa

Nitisemoto, A. S., 1996, Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurdin, S., dan Usman, M. B, 2002, Guru Profesional dan Implementasi Kuriku-lum Jakarta: Ciputat Press.

Poerbakawatja, R. S., 1990, Ensiklopedia Pen-didikan. Jakarta: Gunung Agung.

Poerwadarminta, WJS., 1988, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusat Pengembangan Tasawuf Positif, 2002, Menyinari Relung-relung Ruhani, Jakar-ta: Hikmah..

Rahmat, J dkk. 2002. Menyinari Relung-Re-lung Ruhani. Jakarta: Iman

Rose, C, dan J. Nicholl, Malcom., 2002, Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa.

Rusyan, T, dkk, 1994, Pendekatan dalam Pro-ses Belajar Mengajar, Bandung: Rosda

Sabri, M. A, 1996. Psikologi Pendidikan, Ja-karta: Pedoman Ilmu Jaya.

--------------------, 2001. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta: Pe-doman Ilmu Jaya

Segal, J., 2000, Melejitkan Kepekaan Emo-sional, Bandung: Kaifa

Semiawan, C. R., 2002. Belajar dan Pembe-lajaran dalam Taraf Pendidikan Usia Dini Jakarta: Prenhallindo.

Setiadi, A.V. Aryaguna. 2001, Hubungan an-tara Kecerdasan Emosional dengan Ke-berhasilan Bermain Game. Surabaya: Universitas Surabaya, Anima, Indonesia Psychological Journal.

Shaleh, A. R., dan Wahab, M. A., 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Pers-pektif Islam. Jakarta: Kencana.

Shapiro, L. E, 1998. Mengajarkan Emotional Intellegence pada Anak. Jakarta: Grame-dia Pustaka Utama.

Simanjuntak, P. J., 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: LPFE UI.

Stein, S. J. & Book, H. E., 2002. Ledakan EQ. Bandung: Kaifa.

Subroto, S, 1997. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A, 2004. Pengantar Statistik Pen-didikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Sudjana, 1996. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito

Suharsono, 2004, Akselerasi Intelegensi; Opti-malkan IQ, EQ dan SQ. Depok: Inisiasi Press

-----------, 2003. Mencerdaskan Anak. Depok: Inisiasi Press

Suprihanto, J, 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia II. Jakarta: Karunika UT.

Usman, M. U, 2006. Menjadi Guru Pro-fesional. Bandung: PT. Remaja Rosda-karya

UUSPN, 2003. Undang-undang Republik In-donesia No. 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Wahyono, T, 2001. Memahami Kecerdasan Emosi Melalui Kerja Sistem Limbik. Su-rabaya: Universitas Wangsa Manggala, Anima, Indonesian Psychological Jour-nal

Wijaya, C., dan Rusyana, A. T, 2000. Kemam-puan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yafie, 2002. Beragama Secara Praktis Agar Hidup Lebih Bermakna. Jakarta: Hik-mah

Yusuf, S, 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


web
stats

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.