Strategi Public Relations Sekretariat DPRD Kabupaten Sumedang dalam Pelayanan Publik

Authors

  • Hani Fatunisa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Lida Imelda Cholidah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Barzan Faizin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v8i3.37534

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi public relations yang dilakukan oleh Sekretariat DPRD Kabupaten Sumedang yang berbasis pada konsep Customer Relationship Management yang digagas oleh William C. Johnson dan Art Weinstein. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan melalui pendekatan kualitatif, metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatori pasif dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sekretariat DPRD Kabupaten Sumedang telah menerapkan konsep Customer Relationship Management yakni planning, people, dan process pada pelayanan publiknya. Beberapa aspek yang mendorong keberhasilan strategi public relations dalam pelayanan publik yaitu perencanaan, orang dan proses. Penelitian ini akan memberikan deskripsi mengenai bagaimana Sekretariat DPRD Kabupaten Sumedang membangun kualitas pelayanan publik melalui strategi public relations. Kata Kunci: Strategi Public Relations; Pelayanan Publik; Sekretariat DPRD Kabupaten Sumedang ABSTRACT This research aims to describe the public relations strategy carried out by the Secretariat of DPRD Sumedang Regency based on the concept of customer relationship management. This research applies the constructivism paradigm through a qualitative approach, descriptive method with the following data collection techniques; in-depth interviews, passive participatory observation and documentation. The results of this study indicate that the Sumedang Regency DPRD Secretariat has implemented the concept of Customer Relationship Management, namely planning, people, and process in its public services. Some aspects that encourage the success of public relations strategies in public services are planning, people and process. This research will provide a description of how the Secretariat of DPRD Sumedang Regency builds the quality of public services through public relations strategies. Keywords: Public Relations Strategy; Public Services; The Secretariat of DPRD Sumedang Regency

References

Gaspersz, Vincent. (2005). Total Quality Control. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Gassing, S. dan Suryanto. (2016). Public Relations. CV. Andi Offset

Johnson, W.C. & Weinstein, A. (2004). Superior Customer Value In The New Economy: Concepts and Cases. Florida: CRC Press LLC.

Kooniz, Harold & O'donnel, Cyril. (1967). Prinsip-prinsip Management. Jakarta: Bhratara.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Laksamana, A. (2018). Public Relations in The Age of Disruption. Yogyakarta: B First

____________. (2020). Adapt or Die. Yogyakarta: Orbit Indonesia.

Lupiyoadi, Rambat. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mukarom, Z. & Laksana, M.W. (2018) Manajemen Pelayanan Publik. CV. Pustaka Setia

Nova, F. (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Grasindo

Rahmayanty, Nina. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rudy, May T. (2005). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Internasional. Bandung: PT Refika Aditama.

Saleh, A.M. (2021). Komunikasi Pelayanan Publik. Intrans Publishing.

Suprawoto. (2018). Government Public Relations Perkembangan dan Praktek. Jakarta: Prenadamedia Group

Terry, G.R. (1986). Azas-azas Management. Bandung: Alumni

Tjiptono, F. (2000). Strategi Pemasaran. Yogyakarta:ANDI

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Fatunisa, H., Cholidah, L. I., & Faizin, B. (2024). Strategi Public Relations Sekretariat DPRD Kabupaten Sumedang dalam Pelayanan Publik. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 8(3), 309–328. https://doi.org/10.15575/reputation.v8i3.37534

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>