Analisis Kampanye Public Relations Bageur Dalam Upaya Menurunkan Tingkat Kemiskinan dan Stunting di Kota Tasikmalaya

Authors

  • Viki Febiani Hakim UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dyah Rahmi Astuti UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Paryati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v9i2.37556

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk memahami bagaimana Diskominfo Kota Tasikmalaya melaksanakan kampanye public relations, mencakup proses identifikasi masalah, pengelolaan yang meliputi perencanaan dan pelaksanaan, serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan model Kampanye Leon Ostergaard dengan pendekatan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah studi kasus untuk menggambarkan secara rinci dan mengumpulkan data valid tentang kegiatan kampanye public relations Bageur. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Diskominfo Kota Tasikmalaya dalam melaksanakan kampanye public relations program Bageur melalui tiga tahapan. Pertama, tahap identifikasi masalah yang menunjukkan bahwa tingginya tingkat kemiskinan dan stunting di Kota Tasikmalaya. Kedua, tahap pengelolaan kampanye mencakup perencanaan yang melibatkan penentuan publik sasaran Terakhir, media yang digunakan mencakup semua saluran media. Kata Kunci : Kampanye Public relations ; Bageur; Penurunan tingkat kemiskinan dan stunting ABSTRACT This research aims to understand how the Tasikmalaya City Diskominfo implements public relations campaigns, including the process of identifying problems, management which includes planning and implementation, and evaluation. This study uses the Leon Ostergaard Campaign model with a constructivism paradigm approach. The method used was a case study to describe in detail and collect valid data on Bageur's public relations campaign activities. Data collection techniques include in-depth interviews and observations. The results of the study show that the Tasikmalaya City Diskominfo in carrying out the public relations campaign of the Bageur program goes through three stages. First, the problem identification stage which shows that the high level of poverty and stunting in Tasikmalaya City. Second, the campaign management stage includes planning that involves publicly determining the target Finally, the media used covers all media channels. Keywords : Public relations Campaign ; Bageur; Reduction in poverty and stunting levels.

References

Alfajri, Muhamad Fikri, Adhiazni, Viranda, & Aini, Qurrotul (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Astuti, D.R., Ma‟arif, A.A., Fuad, A & Paryati. (2020). Analisa Pengelolaan Kampanye Public relations Tentang Pencegahan Covid 19 di Indonesia. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat.

Avrianti, Lerian (2023). Kampanye Public relations dalam Sosialiasi program Mobil Aspirasi Kampung Juara. UIN Sunang Gunung Djati Bandung

Basbeth, Ferryal. (2020). Artikel Stunting di Indonesia dan Kemiskinan. ResearchGate

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cutlip, S., Center, S., & Broom, G. (2011). Effective Public relations. Jakarta: Prenada Media.

Cutlip, Scott M. Center., Allen H. dan Glenn M. Broom. (2011). Effective Public relations Edisi Kesembilan. Cet. Ke 4. Jakarta: Prenada Media Group

Fariastuti, Ida, & Pasaribu, Mukka. (2020). Kampanye Public relations

Hamid, Sohana Abdul (2016). Pengaruh Media Massa Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat. Journal of Social Sciences and Humanities.

Heryanto, Gun gun, & Farida, Ade Rina. (2011). Komunikasi Politik. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah

Ica, Madya A. (2022). Kampanye Public relations dalam meningkatkan Literasi Baca Melalui Aplikasi Candil DISPUSIPDA Jawa Barat. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Idrus, L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Immanuel, Joel, & Natalia, El Chris. (2021). Strategi Kampanye Alzheimer Indonesia #janganmaklumdenganpikun dalam membangun kesadaran akan isu demensia. Profesi Humas

Jeffkins, F. (2003). Public relations Edisi Kelima. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Khoerunnisa, Abidin, Ma'arif (2018). Aktivitas Kampanye Public relations dalam Mensosialisasikan Internet Sehat dan Aman

Lubis, Muya Syaroh Iwanda (2020). Komunikasi Antarpribadi Guru dan Siswa Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jurnal Network Media.

Moleong, Lexy, (2007). Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Muslim. (2016). Varian Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Wahana. Universitas Pakuan.

Nurahadiyatika, Faraiesa, Atmaka, Dominikus R, & Imani Aghnia Ilmi (2018) Peningkatan Ketahanan Pangan dan Pengentasan Status Kemiskinan dalam Konvergensi Penurunan Angka Stunting. Media Gizi Nasional

Ohan (2023). Kampanye Public relations Program Boseh sebagai upaya Meningkatkan Minat Masyarakat dalam Menggunakan Transportasi Ramah Lingkungan.

Prayogi, M. Husin. (2020). Kampanye Public relations Program “ Bandung Tanginas†Untuk menekan angka Stunting di Kota Bandung: Studi di Dinas Kesehatan Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Raco, Dr. J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Saifulloh. M, & Lazuardi. M, F. (2021). Manajemen Kampanye Public relations Dalam Sosialisasi Program Tanggap Covid 19. Jurnal Pustaka Komunikasi.

Sugiyono, (2006). Statistika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.

Virliani, Hana. (2023). Kampanye Public relations “ JABAR CEKAS†Sebagai upaya pencegahan tindak kekerasan pada anak dan perempuan: Studi Kasus pada DP3AKB Provinsi Jawa Barat. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Hakim, V. F., Astuti, D. R., & Paryati. (2024). Analisis Kampanye Public Relations Bageur Dalam Upaya Menurunkan Tingkat Kemiskinan dan Stunting di Kota Tasikmalaya. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 9(2), 187–206. https://doi.org/10.15575/reputation.v9i2.37556

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2