Istikhdām Lu’bah Al-Alghāz Al-‘Arabiyyah Wa Tartīb Al-Jumlah Fi Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Litraqiyah Mahārah Kitābah Al-Talāmīdz


Fikri Saifulafif Rusmana(1*)

(1) MTsN 4 Tasikmalaya, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan permainan teka-teki silang dan susun kata, serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis menggunakan permainan teka-teki silang dan susun kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan model perbandingan kelompok statistika. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan tes. Populasi penelitian ini merupakan kelas 6 siswa MI Talegong Asli yang berjumlah 45 siswa. Seluruh populasi ini menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian ini adalah diperoleh nilai keterampilan siswa kelas kontrol sebelum menggunakan media permainan teka-teki silang dan susun kata menunjukan hasil nilai rata-rata berjumlah 40,89 dan sesudahnya terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 46,96. Diperoleh nilai keterampilan siswa kelas eksperimen sebelum menggunakan media permainan teka-teki silang dan susun kata menunjukan hasil nilai rata-rata berjumlah 46,66 dan sesudahnya terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 88,71. Penggunaan media permainan Teka-teki Silang dan Susun kata dapat memberikan pengaruh peningkatan keterampilan menulis siswa kelas eksperimen dibuktikan dengan nilai rata-rata N-Gain score kelas eksperimen  adalah sebesar 0,5533 atau 55,33% termasuk dalam kategori sedang.


Full Text:

PDF

References


Abd Natsir, N. T. (2021). Al-Ta’lil fi al-Lughah al-Almaniyah bilmuqaranah Ma’a al-Lughah al-‘Arabiyyah Dirasah Tahliliyah fi al-Syakl wa al-Wadhifah: Dirasah Tahliliyah. Larik, 2(41), 1275–1259. https://doi.org/10.31185/lark.Vol2.Iss41.1790

Abrar, M. & Asriani. (2019). Fa’aliyah Thariqah al-Ta’lim Kharij al-Fashl Litarqiyah Tahshil Dirasah al-Lughah al-‘Arabiyyah litilmidzat fi al-Madrasah al-Tsanawiyyah bi Ma’had Ummul Qura Bogor. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(2), 48–62. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i2.72

Ahmad, S. (2018). Al-Kitab al-Madrasi li Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah li Nathiqina Bighairiha: Ahamiyyatuhu, wa Wadzaihi, wa Ahdaf Ta’limiha. Al-Manar, 1(8), 79–89. https://doi.org/10.24014/al-manar.v1i8.4728

Al Musa, R. B., & Abu Saninah, ’Audah Abdul Jawwad. (2022). Atsar Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah bistikhdam Istratijiyyah Tanal al-Qamar fi al-Tahshil wa Tanmiyah al-Tafkir al-Ta’ammuli li Thalabah al-Shaf al-Tsalits al-Asasi fi Urdun. مجلة المناهج وطرق التدريس, 1(9), 45–69. https://doi.org/10.26389/AJSRP.B170322

Al-Baudhah, Z. U., Mirzai, F., Lathafatiy, R., & Fikri, M. (2022). Daur al-Qishah al-Qashirah fi al-Infitah al-Tsaqafi li Muta’alimi al-Lughah al-‘Arabiyyah Kalughah Ajnabiyyah. مجلة الناطقين بغير اللغة العربية, 5(12), 51–62. https://doi.org/10.21608/jnal.2022.213610

Al-Dhoui, A.-D. M. (2022). Al-Lughah Maudhu’an linash al-Syi’ri ‘Inda Wadi’ Sa’adah. Majalah ’Ulum Lughah wa Adab, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.21608/mala.2022.222929

Al-Syahri, S. bin R. bin S. (2021). Waqi’ Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah fi Minshah Madrasatay al-Iftiradiyyah fi al-Marhalah al-Ibtidaiyyah min Wijhah Nadri Mu’allimiha fi al-Mamlakah al-‘Arabiyyah al-Su’udiyyah. Majalah ’ilmiyah Muhakkamah, 29(3), 272–311. https://doi.org/10.21608/ssj.2021.196271

Bintang, B. (2022). Thariqah Ta’allum al-Lughah al-‘Arabiyyah Laday al-Thullab al-Shaf al-Tsalist min al-Madrasah al-Mutawassithah fi al-Ma’had Dar al-Amin Bustanul ‘Arifin Nadzhariyah Ma’rifiyah Ijtima’iyyah al-Barrat Bandura. ’Arabiyya: Jurnal Studi Bahasa Arab, 11(1), 125–134. https://doi.org/10.47498/arabiyya.v11i1.961

Efendi, S. Y., Syihabuddin, S., & Mad’ali, M. (2021). Taqwim ‘Amaliyah al-Lughah al-‘Arabiyyah fi al-Barnamiz al-Khash li Ta’lim al-Lughah al-Ajnabiyah fi Ma’had Miftahul Huda Malang. Al-Lughah: Jurnal Bahasa, 10(2), 1–14. https://doi.org/10.29300/lughah.v10i2.4750

El Rahman, H. A. (2022). Ahdaf Istikhdam al-Tahawwul al-Lughawi ‘Inda Ta’lim al-‘Arabiyyah fi al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Islamiyyah al-Hukumiyyah al-Ula Kota Malang. Maharaat Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.18860/jpba.v1i1.1592

Faeq, S. M. (2022). Al-Lughah al-‘Arabiyyah Waazimah al-Hawiyyah. Al-Adab Journal, 2(143), 65–82. https://doi.org/10.31973/aj.v2i143.3660

Faidah, M. M. (2022). Tadris Maharah al-Kalam bi Thariqah al-Al’ab al-Lughawiyyah fi Barnamij Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah al-Khusushiyyah bi Ma’had al-Ihsan Purwokerto. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3(2), 155–168. https://doi.org/10.52593/klm.03.2.03

Fauzia, M., Slamet, A. N., & Gunawan, H. (2020). Penggunaan Teknik Permainan Berburu Tarkib Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i1.7444

Hasib Fulful al-Dzalami, N. (2022). Al-Atsar al-Tarikhi fi Bina al-Lughah al-‘Arabiyyah. Journal of Education College Wasit University, 2(47), 185–192. https://doi.org/10.31185/eduj.Vol2.Iss47.3037

Hidayat, R., & Ainul Muna, A. F. (2023). Ansyithah al-Lughawiyyah li Tarqiyah Maharah al-Kalam bi Ma’had Darussalam Gontor. ’Arabiyya: Jurnal Studi Bahasa Arab, 11(02), 333–350. https://doi.org/10.47498/arabiyya.v11i02.1389

Kartini, K., Pamessangi, A. A., Pallawagau, B., & Wahibah, W. (2022). Manhaj Syu’bah Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah Binaan ‘ala al-Wasithah al-Diniyyah fi Jami’ah al-Islamiyyah al-Hukumiyyah bi Sulawesi al-Janubiyyah. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 25(1), 16–34. https://doi.org/10.24252/lp.2022v25n1i2

Kodir, A., & Syafiq, R. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pelajaran Qirāah dan Kitābah. Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1), 108–119. https://doi.org/10.15575/ta.v1i1.17306

Luthfi, T. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas IX (Sembilan) SMP Al-Ihsan. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 76–89. https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05

Martias, D. (2021). Tathwir Mawad Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah fi al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Hukumiyyah 1 Bayakumbuh. Lisaanuna Ta`lim Al-Lughah Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 47–68. https://doi.org/10.15548/lisaanuna.v4i1.3249

Munawara, M., Rusydi Khalid, & Haniah, H. (2022). Thuruq Tadris al-Kitab “Durusullughah al-Lughah al-‘Arabiyyah li Ghayri al-Nathiqin Biha li Duktur ‘Abdurahim” fi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah fi al-Ma’had al-‘Ali li Dirasat al-Islamiyyah wa al-Lughah al-‘Arabiyyah Makasar. Nukhbatul ’Ulum: Jurnal Bidang Kajian Islam, 8(2), 290–315. https://doi.org/10.36701/nukhbah.v8i2.602

Razzaq, M. D. H. H. M. A. (2022). ‘Alaqah al-Lughah al-‘Arabiyyah fi Tahshil al-Mawad al-Dirasiyyah al-Ukhra Laday Thalabah al-Shaf al-Tsalits al-Mutawassith. journal of the college of basic education, 115(28), 433–444. https://doi.org/10.35950/cbej.v115i28.5810

Rifa’i, A., & Nahar, M. F. (2019). Thariqah Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah al-Muwafaqah bi Surah al-‘Alaq 1-5. Asalibuna, 3(01), 43–56. https://doi.org/10.30762/asa.v3i1.1229

Setiawan, B., & Ni’mah, K. (2022). Tarqiyah Nataij Ta’allum Maharah al-Qiraah al-Lughah al-‘Arabiyyah bi Wasail Elektroniyah li Thullab al-Shaf al-Sabi’ fi al-Madrasah al-Mutawassithah al-Islamiyyah Muhamadiyyah 7 Tarkaharjo. Al-Fakkaar, 3(2), 68–90. https://doi.org/10.52166/alf.v3i2.3326

Zein, H. (2018). Tatsir Istikhdam Wasilah al-Qishah al-Mutaqatha’ah li Tarqiyah Maharah al-Qiraah. Al-Manar, 2(8), 87–99. https://doi.org/10.24014/al-manar.v2i8.4730




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v2i1.24831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.