Taṭbīq Wasīlati Chat GPT Fī Ta’līm Al- Qirāah Litarqiyati Qudrah Al- Ṭullāb ‘Alā Fahm Al-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah


Nanang Kosim(1*), Yonan Yonan(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) SD Lab School UPI Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan siswa kelas 10 MA Miftahul Falah dalam memahami teks arab sebelum menggunakan media ChatGPT, menganalisis kemampuan siswa kelas 10 MA Miftahul Falah dalam memahami teks arab sesudah menggunakan media ChatGPT, menganalisis peningkatan kemampuan siswa kelas 10 MA Miftahul Falah sesudah menggunakan media ChatGPT, menganalisis dampak positif dan negatif penggunaan media ChatGPT dalam pembelajaran bahasa arab. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penellitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, tes dan studi pustaka untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Dan peneliti menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji t berpasangan dengan bantuan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas 10 MA Miftahul Falah dalam memahami teks arab sebelum menggunakan media ChatGPT berada dalam level rendah, yang ditunjukan oleh nilai rata-rata yaitu 59,9. kemampuan siswa kelas 10 MA Miftahul Falah dalam memahami teks arab sesudah menggunakan media ChatGPT berada pada level sangat bagus yang ditunjukan oleh nilai rata-rata yaitu 83,2. Penerapan media ini berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam memahami teks arab sebesar 0,5866 artinya ada peningkatan sebesar 58,6644%. Jadi penerapan media ini cukup efektif. Media ini juga memberikan dampak positif dan dampak negatif ketika diterapkan sebagai media pembelajaran bahasa arab.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cotton, D. R. E., Cotton, P. A., & Shipway, J. R. (2023). Chatting and cheating: Ensuring academic integrity in the era of ChatGPT. Innovations in Education and Teaching International, 1–12. https://doi.org/10.1080/14703297.2023.2190148

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21, 2, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977/2799

Fauzi, K. (2021). Alternasi Media dalam Pembelajaran Al Qur’an Hadis pada Masa Pandemi Covid 19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 12–26. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.188

Ferdiansyah, S., Supiasutik, & Angin, R. (2020). Thai Students’ Experiences of Online Learning at Indonesian Universities in the Time of the COVID-19 Pandemic Pengalaman Mahasiswa Thailand dalam Pembelajaran Daring di Universitas di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19. Journal of International Students, 10(3), 58–74. https://doi.org/https://doi.org/10.32674/jis.v10iS3.3199

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitria, T. N. (2023). Artificial Intelligence (AI) Technology in OpenAI ChatGPT Application: A Review of ChatGPT in writing English Essay. Elt Forum: Journal Of English Language Teaching, 6(361), 44–58. https://doi.org/10.15294/elt.v12i1.64069

Harahap, S. M. (2019). Peningkatan Kemampuan Menyimak melalui Metode Parafrase pada Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 7(1), 32–37. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v7i1.766

Heri Gunawan. (2017). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati.

Holimi, M. (2019). Pembelajaran Mufrodat dengan Media Gambar. Muhadasah:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 86–102. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/87

Huda, N. (2016). Komponen-Komponen Pembelajaran Al-Kitâbah Bahasa Arab. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 1–26. https://doi.org/10.14421/almahara.2016.021-01

Ismail. (2008). Strategi pembelajaran agama Islam berbasis P.A.I.K.E.M (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Semarang: RaSAIL Media Group.

Jamil, H., & Agung, N. (2022). Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 38–51. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5536

Kholiq, A. (2020). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Bahasa Arab Nasioanl IV, 6, 294–302. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/715/661

Linur, R., & Mubarak, M. R. (2020). Facebook Sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1). https://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/naskhi

Lund, Brady, and Wang Ting. (2023). "Chatting about ChatGPT: How May AI and GPT Impact Academia and Libraries?" Lund, BD, & Wang.

Maturedy, F. (2022). استخدام Canva من أجل عمل المجلة: دراسة حالة في خبر لطلبة في تمرين مهارة الكتابة. Mudalla: Proceeding International Conference On Arabic Language, 53–63. http://prosiding.arab-um.com/index.php/mudalla/article/view/1203

Maturedy, F., Nurhasanah, I., & Wargadinata, W. (2020). Al-Istiqāmah ad-Dalāliyyah ‘inda at-Tarjamah fi Khittah al-Buhūts li Thalabah al-Jāmi’ah al-islāmiyyah al-Hukūmiyyah bi Jember. Taqdir: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Kebahasaan, 6(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i1.5771

Maulana, M. J., & Darmawan, C. (2023). Penggunaan Chatgpt Dalam Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Akademik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(01), 58–66./https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21090

Muhammad, M., & Setyawan, C. E. (2021). Peran Bahasa Arab dalam Menghadapi Paradigma Pendidikan Di Indonesia Era Society 5.0. Jurnal Ihtimam, 4(2), 183–193. https://doi.org/10.36668/jih.v4i2.314

Muhdar, Iin Anggraini. (2018). "Efektivitas Penerapan Metode Qawaid Tarjamah dengan Menggunakan Istisyhad Ayat Pendek terhadap Penguasaan Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar".

Mustofa, Muhammad Arif. (2020). "Analisis penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran bahasa Arab di era industri 4.0". Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 4 (2): 333-356.

Nafiah, S. F. D. A. (2023). Liveworksheet Application Concept As Artificial Intelligence In Arabic Language Online Task. Afaq Lughawiyyah, 1(1), 162–171. https://journal.unisza.edu.my/afaqlughawiyyah/index.php/afaqlughawiyyah/article/view/32.

Najah, Z., & Agustina, A. (2020). Analisis Kesalahan Semantik pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Intan Lampung. Al-Fathin, 3(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/al-fathin.v3i01.2043

Nashoih, A. K., Fadhli, K., Taqiyuddin, A., Khorib, A., Sholikhah, I. N., & Putriningtyas, C. (2022). Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Kartu BiZi Bagi Guru Bahasa Arab Di Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal PengabdianMasyarakat, 3(1), 18–25. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i1.2285

Nuha, Ulin. (2012). Metodologi super efektif pembelajaran bahasa arab. Yogyakarta: DIVA Press.

Nurhidayati, Nurhidayati, Imam Asrori, Mohammad Ahsanuddin, و M. Wahib Dariyadi. (2019). "Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab". Jurnal KARINOV 2 (3): 181. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184.

Pramiyati, Titin, Jayanta Jayanta, و Yulnelly Yulnelly. (2017). "Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil)". Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 8 (2): 679. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1574.

Purba, I. P. M. H., Adrianto, H., & Silitonga, H. T. H. (2020). Penguatan Kompetensi Guru Biologi Sidoarjo Menghasilkan Buku Ajar Bebas Plagiarisme. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 157–166. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i2.69

Richard R Hake. (1999). Analyzing change/gain scores. Indiana: Indiana University.

Rosyidin, D., Nurbayan, Y., & Falah, K. N. (2020). Kesalahan Nahwu Bahasa Arab Dalam Skripsi Mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Arab FBPS UPI. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(2), 274–290. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i2.8293

Rudolph, J., Tan, S., & Tan, S. (2023). ChatGPT: Bullshit spewer or the end of traditional assessments in higher education? Journal of Applied Learning & Teaching, 6(1). https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.9

Sa’diyyah, M., & Maturedy, F. (2020). Istikhdām Al-Tathbīq Al-Mushāhib Likitāb Turjumān Al-Qur’ān fi Ta’līm Al-Mufrādāth Lithalabah Al-Madrasah Al-Mutawasithah. Proceeding Nathla: Al-Nadwah Al-‘Alamiyyah Fi Ta’Lim Al-Lughah Al-‘Arabiyyah (International Conference on Arabic Languange Teaching), 1–10. http://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/natla/article/view/113

Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1), 30. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.43058

Siidiq, M. U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In A. Mujahidin (Ed.), Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (1st ed., Vol. 53, Issue 9). Cv. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahdi, R., & Fakhrin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Lagu Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Mufradat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 5(1), 42–51. https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3213

Yaya Suryana, Tedi Priatna. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Azkia Pustaka Utama.

Zuliana, Erni. (2017). "Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab". An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab 19 (1): 127. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i1.761.




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v2i2.29037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.