Using The Language Game ShundÅ«q Al-AsyyÄ (Item Box) to Improve Students' Arabic Speaking Skills
DOI:
https://doi.org/10.15575/ta.v2i2.29493Abstract
References
Alfani, M. I., & Huda, N. (2019). Pengembangan Alat Permainan Arabic Edugame Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII A MTs Negeri 10 Sleman. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), 83–101. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-05
Alkayisy, M. I., Muslihin, M., Rohman, A. F., & Faroh, N. (2022). Fa’Äliyyah IstikhdÄm Youtube FÄ« Ta’lÄ«m Al Lughah Al ‘Arabiyyah Li Tarqiyah MahÄrah Al KalÄm Lada Al ThullÄb Bi Al Madrasah Al TsÄnawiyyah Al IslÄmiyyah Al HukÅ«miyyah Al Ūla BÄthÄ«. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(2), 183–203. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20311
Ardiansyah, A. A., Kosim, N., & Hermawan, A. (2022). The Use of Animated Videos in Increasing the Arabic Learning Interest. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(1), 35–50. https://doi.org/10.23971/altarib.v10i1.3942
Azizah, H. (2022). Implementation of Bithoqoh al-Mufradat Language Game Media (Vocabulary Cards) in Arabic Vocabulary Learning for Class V SDIT Al-Khairaat Yogyakarta. Jurnal Pendidikan LLDIKTI Wilayah 1 (JUDIK), 2(2), 74–79. https://doi.org/10.54076/judik.v2i02.262
Bamualim, M., Santoso, N. A., & Muchtar, N. I. (2022). Efektivitas Media Kotak Pos dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswi Kelas 3 SDIT Darus Sunnah Sumbawa. Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa, 12(1), 154–167. https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.190
Faizin, M., Al-Ghozali, M. D. H., & Zulfah, M. A. (2020). Penggunaan Permainan Kartu Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII di MTs Tarbiyatus Shibyan Surabaya. Lisan An Nathiq: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 119–127. https://doi.org/10.1234/lan.v2i2.3755
Fauzia, M., Slamet, A. N., & Gunawan, H. (2020). Penggunaan Teknik Permainan Berburu Tarkib Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i1.7444
Hartanto, E. B. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran Pantomim untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Maharah Kalam). Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 132–138. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i2.821
Hastuti, K., Andono, P. N., & Syarif, A. M. (2023). Gamifikasi berbasis Board Game untuk Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 554–560. https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1328
Hs, A. I., & Suriningsih, W. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Roda Putar Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 291–303. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.11381
Huda, N. F. (2020). Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-Teki Silang Dalam Meningkatkan Penguasaan KosaKata Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS MAN 4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 100–115. https://doi.org/10.18196/mht.2220
Izzah, Z. N. (2018). Eksperimentasi Media Permainan Bahasa Shunduq al-Asy Ya’(Kotak Barang) dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan TA. 2017/2018 [Skrpsi]. UIN Sunan Kalijaga.
Khoirunnisa, K., & Fauji, I. (2023). The Influence of Picture Card Learning Media on Arabic Speaking Skills: A True Experimental Study. Indonesian Journal of Islamic Studies, 11(2). https://doi.org/10.21070/ijis.v11i2.1663
Khotijah, U., & Syuhda, N. (2020). Media Permainan Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-05
Meilyana, M., Heldayani, E., & Tanzimah, T. (2022). Pengaruh Media Mystery Box terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 195 Palembang. Journal on Teacher Education, 4(1), 25–32. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5651
Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar Strategi Metode Teknik. Remaja Rosdakarya.
Ningsih, A. A. (2021). Tanmiyah Al-MahÄrat Al-Lughawiyyah Li ThullÄb Kuliyyah Al-‘UlÅ«m Wa Al-TiknulÅ«jiya Min KhilÄl Al-Ta’lÄ«m FÄ« Al-HawÄi Al-Thalaq. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 5(2), 219–234. https://doi.org/10.15575/jpba.v5i2.14278
Novrilla, W., Zubaidah, Z., Husni, A., Hayati, H., Hasanah, N., & Febriyanti, R. (2022). Fa’aliyyah Lu’bah As-Sunduq As-Sirriy Litarqiyyah Maharah Kalam At-Tullab Fi Al-Madrasah Ad-Diniyyah Awwaliyah Muhammadiyyah Siamang Buni. AJIRSS: Asian Journal of Innovative Research in Social Science, 1(3), 98–103. https://doi.org/10.53866/ajirss.v1i3.171
Pertiwi, P. I., Hasanah, H., & Kharismawati, I. (2022). Pengembangan Media Permainan Kotak Ajaib Dalam Mengenal Bacaan Huruf Satu Suku Kata Pada Aspek Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 50–54. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.701
Rahmawati, N. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 7(1), 37–44.
Rusmana, F. S. (2023). IstikhdÄm Lu’bah Al-AlghÄz Al-‘Arabiyyah Wa TartÄ«b Al-Jumlah Fi Ta’lÄ«m Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Litraqiyah MahÄrah KitÄbah Al-TalÄmÄ«dz. Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 91–103. https://doi.org/10.15575/ta.v2i1.24831
Simamora, L. H., Hasibuan, H. Br., & Lubis, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Fajar Medan Denai. Jurnal Raudhah, 7(2), 91–105. https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.506
Siswanto, N. D. (2022). Active Arabic Learning Strategies In Improving Language Skills. Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1), 28–42. https://doi.org/10.15575/ta.v1i1.17295
Siti, N. (2020). Pengembangan Media Permainan Bahasa Kotak Barang (á¹¢undÅ«q Al Asy yÄ’) dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk MahÄrah KitÄbah Kelas X Madrasah Aliyah [Skripsi]. Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Sumiati, A. Y., & Komala, K. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Permainan Kotak Huruf Pada Kelompok B. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 591–601. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p
Yusuf, M., Marwati, M., & Asriyah, A. (2022). Development of Audio-Visual Teaching Materials in Learning Maharat Al-Kalam Subject. Attractive: Innovative Education Journal, 4(3), 358–372. http://dx.doi.org/10.51278/aj.v4i3.529