PENGARUH INKUIRI TERBIMBING MELALUI MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA


Anggia Setianing Tyas(1*), Lazulva Lazulva(2)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universtas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Kampus II Raja Ali Haji. Jl.H.R Soebrantas KM. 15 Tampan, Pekanbaru, 28293, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universtas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Kampus II Raja Ali Haji. Jl.H.R Soebrantas KM. 15 Tampan, Pekanbaru, 28293, Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media adobe flash terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI.  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel dua kelas yaitu XI MIA 2 (kontrol) berjumlah 24 siswa dan XI MIA 3 (eksperimen) berjumlah 25 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan  tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media adobe flash terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, dengan pengaruh sebesar 9,94%.


Keywords


inkuiri terbimbing; media adobe flash; hasil belajar; kelarutan dan hasil kali kelarutan.

References


Arlianty, W. N. (2015). Pemanfaatan Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Konstruktivitas pada Materi Hidrolisis Garam Semester Genap SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Islam Indonesia, 3(2), 73.

Chussurur, M. (2011). Pengaruh Pemberian Cerita Melalui Media Audiovisual Terhadap Recall Memory Pada Anak-anak Kelas V Sekolah Dasar Takmirul Islam Surakarta. Jurnal Psikologi, 3(5).

Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Janah, M. C., Widodo, A. T. dan Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1).

Muchson, A. (2008). Strategi Menjadikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Tidak Terlupakan Sebagai Upaya Menggalakkan Belajar Aktif. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 1, 5.

Nirmalasari, M. (2011). Pengembangan Model Memorization Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Pelajaran Kimia SMA. Edisi Khusus, (2), 180.

Novita, S., Santosa, S. & Rinanto, Y. (2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Dengan Guided Discovery Learning. Proceeding Biology Education Conference, 359-367. Surakarta: UNS.

Nuari, A. J., Lestari, R. & Dahlia. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Rambah Tahun Pembelajaran 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Pasir Pengaraian.

Putri, Y. M. D. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Malang.

Rahmazani., Adlim & Safitri, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fluida Statis”, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unsyiah, 178. Unsyiah: Banda Aceh.

Savitrie, V. A. (2015). Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif dan Keterampilan Generik Sains. Jurnal Bioterdidik, 3(10).

Suardana, I. K. (2007). Penilaian Portopolio dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Inquiri Terbimbing di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 129.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widiyanti, & Saptorini. (2014). Penerapan tugas berbasis modified free inquiry pada praktikum untuk meningkatkan pemahaman konsep. Chemistry in Education, 2 (1).

Widiyowati, I. I. (2014). Hubungan Pemahaman Konsep Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur Dengan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Pancaran, 3(4), 100.

Wijiastuti, S. A. (2011). Pembelajaran dengan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Riil dan Virtual Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Gaya Belajar Siswa. Tesis, Program Pascasarjana: Universitas Sebelas Maret.

Yulianingsih, U. & Hadisaputro, S. (2013). Keefektifan Pendekatan Student Centered Learning dengan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Chemistry in Education, 2(2), 155.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Anggia Setianing Tyas, Lazulva Lazulva

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637