PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID MELALUI MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA


Rohaeni Nur Eli(1*), Sari Sari(2)

(1) SMK Negeri 2 Cimahi, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada konsep sistem koloid dalam pembelajaran melalui media animasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Subjek penelitian adalah 33 orang siswa SMKN 2 Cimahi kelas XI Teknik Kimia Industri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, angket dan observasi. Berdasarkan analisis data, pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar 77,22 % (nilai rata-rata 68,97), sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar 84,85% (nilai rata-rata 74,18). Aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan yang positif, karena perilaku yang tidak diharapkan di kelas semakin berkurang, sedangkan perilaku positif semakin meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan animasi dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi koloid.


Keywords


pembelajaran kimia; penelitian tindakan kelas; media animasi; sitem koloid.

References


Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Burhanudin, R. Subarkah, C, Z., & Sari. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Content Context Connection Researching Reasoning Reflecting (3C3R) Untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Konsep Koloid. JTK: Jurnal Tadris Kimiya 3, 1 (Juni 2018): 186-196.

Fitri, H., & Ismulyati, S. (2016). Kimia Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Media Animasi pada Materi Koloid di Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Unggul Darul Imarah aceh Besar. J. Edu.Kim., 1 (1) 19-24.

Fitriani, A., Danial, M., & Wijaya, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Bungoro (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). CHEMICA, 15(2), 114-122.

Haryati, S., & Pratiwi, R. (2013). Pemanfaatan Media Animasi dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SMAN 12 Pekanbaru. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Meirina, A. M. (2013). Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia. Skripsi, Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Prawiro, S. A., & Irawan, A. H. (2012). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 4 SD dengan Metode Learning The Actual Object. J. Sains dan Seni ITS, vol. 1, no. 1, pp. 28–33.

Sakti, I., Yuniar Mega, P., & Eko, R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) melalui Media Animasi berbasis Macromedia Flash terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. EXACTA, 10(1), 1-10.

Sari, N. W., & Samawi, A. (2014) Pengaruh Penggunan Media Animasi terhadap Hasil belajar IPA Siswa Slow Learner. P3LB.1, (2) ,140-144.

Sari. S., Anjani. R., Farida. I., & Ramdhani, M. A. (2017). Using Android-Based Educational Game for Learning Colloid Material. Journal of Physics: Conf. Series 895 (2017) 012012.

Sari. S., Aryana. D. M., Subarkah, C. Z., & Ramdhani. M. A. (2017). Multimedia Based on Scientific Approach for Periodic System of Element. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 288 (2017) 012137.

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.

Umar. (2013). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah. Vol. 10, No.2, 126-141.

Wiersma, W., & Jurs, G.S. (2009). Research Methods in Education an Introduction. Boston: New York.

Yuliani, E., Windayani, N., & Sari. (2017). Desain Multimedia berbasis Android berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Konsep Asam dan Basa. Prosiding Snips 2017. ISBN: 978-602-61045-2-6 378.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rohaeni Nur Eli, Sari Sari

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637