PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID MELALUI MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3713Keywords:
pembelajaran kimia, penelitian tindakan kelas, media animasi, sitem koloid.Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada konsep sistem koloid dalam pembelajaran melalui media animasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Â Subjek penelitian adalah 33 orang siswa SMKN 2 Cimahi kelas XI Teknik Kimia Industri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, angket dan observasi. Berdasarkan analisis data, pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar 77,22 % (nilai rata-rata 68,97), sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar 84,85% (nilai rata-rata 74,18). Aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan yang positif, karena perilaku yang tidak diharapkan di kelas semakin berkurang, sedangkan perilaku positif semakin meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan animasi dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi koloid.
References
Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Burhanudin, R. Subarkah, C, Z., & Sari. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Content Context Connection Researching Reasoning Reflecting (3C3R) Untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Konsep Koloid. JTK: Jurnal Tadris Kimiya 3, 1 (Juni 2018): 186-196.
Fitri, H., & Ismulyati, S. (2016). Kimia Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Media Animasi pada Materi Koloid di Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Unggul Darul Imarah aceh Besar. J. Edu.Kim., 1 (1) 19-24.
Fitriani, A., Danial, M., & Wijaya, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Bungoro (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). CHEMICA, 15(2), 114-122.
Haryati, S., & Pratiwi, R. (2013). Pemanfaatan Media Animasi dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SMAN 12 Pekanbaru. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).
Meirina, A. M. (2013). Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia. Skripsi, Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Prawiro, S. A., & Irawan, A. H. (2012). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 4 SD dengan Metode Learning The Actual Object. J. Sains dan Seni ITS, vol. 1, no. 1, pp. 28–33.
Sakti, I., Yuniar Mega, P., & Eko, R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) melalui Media Animasi berbasis Macromedia Flash terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. EXACTA, 10(1), 1-10.
Sari, N. W., & Samawi, A. (2014) Pengaruh Penggunan Media Animasi terhadap Hasil belajar IPA Siswa Slow Learner. P3LB.1, (2) ,140-144.
Sari. S., Anjani. R., Farida. I., & Ramdhani, M. A. (2017). Using Android-Based Educational Game for Learning Colloid Material. Journal of Physics: Conf. Series 895 (2017) 012012.
Sari. S., Aryana. D. M., Subarkah, C. Z., & Ramdhani. M. A. (2017). Multimedia Based on Scientific Approach for Periodic System of Element. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 288 (2017) 012137.
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.
Umar. (2013). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah. Vol. 10, No.2, 126-141.
Wiersma, W., & Jurs, G.S. (2009). Research Methods in Education an Introduction. Boston: New York.
Yuliani, E., Windayani, N., & Sari. (2017). Desain Multimedia berbasis Android berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Konsep Asam dan Basa. Prosiding Snips 2017. ISBN: 978-602-61045-2-6 378.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).