PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA/MA KELAS X


Hamidah Arieska(1*), Agus Kamaludin(2)

(1) Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universtas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Jalan Laksda Adisucipto, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku siswa bermuatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada materi ikatan kimia SMA/MA kelas X. Model yang digunakan dalam proses pengembangan produk mengadaptasi model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Produk buku siswa ini divalidasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh empat reviewer (guru kimia SMA/MA) dan direspon sepuluh siswa SMA/MA. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dan lembar respon siswa berupa angket menggunakan skala Guttman. Karakteristik buku yang dikembangkan yaitu terdiri atas ikatan kimia, geometri molekul, interaksi antarmolekul, dan tugas kewirusahaan pembuatan media MEc Bond, lilin aromaterapi, dan lampu lava. Penilaian kualitas buku siswa oleh empat reviewer mendapatkan persentase 86,32% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan respon sepuluh siswa dengan persentase 96%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan produk yang dikembangkan layak digunakan untuk proses pembelajaran di SMA/MA pada materi ikatan kimia.

Keywords


buku siswa; chemo-entrepreneurship; ikatan kimia.

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Chang, R. (2005). Kimia Dasar Konsep – Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid. Jakarta: Erlangga.

Ciputra. (2008). Quantum Leap 1ed. Jakarta : Elex Media.

Daryanto.(2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Haris, Mukhtar & Wahidah, S. (2007). Analisis Kesulitan Belajar Ikatan Kimia Ditinjau dari Kesalahan Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar MIPA, 6(2).

Isnanto, D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Pokok Kegiatan Ekonomi di Indonesia Siswa Kelas V SD. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kuratko, D. F. (2005). The Emergence of Entrepreneurship Education: Development, Trends, and Chalengges, Entrepreneurship Theory and Practice, 29(5): 577-598.

Kusuma, H (2018). (https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4009017/pengangguran-ri-687-juta-orang-paling-banyak-lulusan-smk), diakses pada 06 November 2018.

Nugroho, A. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Pokok Kegiatan Ekonomi Di Indonesia Siswa Kelas V SD. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Parwathi, P. L. S., Santiyadnya, N. & Adiarta, A. (2017).Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Di Sma Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 14, No. 2, Juli 2017, Hal : 188 P-ISSN : 0216-3241 ; E-ISSN : 2541-0652 Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Prayitno, Agus, dkk. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Bervisi SETS Beriorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada Materi Larutan Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(12), 1617 – 1628.

Putri, N. K. N., Danial, Muhammad, & Arsyad, Nurdin. (2018). Pengaruh Sikap, konsep Diri, dan kesadaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN di Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bukukumba. Chemistry Education Review, 1(2).

Rachmawati, W. S. (2004).Anatomi Buku Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo dan Sari, L. P. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Supartono. (2006). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP). Proposal Research Grant – Program Hibah A2. Semarang: Jurusan Kimia FMIPA UNNES.

Soemanto, W. (2006). Psikologi pendidikan (landasan kerja pemimpin pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta.

Tohani, E. (2015). Dampak Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (Pkum) Dalam Konteks Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI 10(1).

Trianto. (2012). Character Building, Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Widada, R. U. W. (2012). Pengelolaan Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Program Keahlian Pemasaran (Studi Situs SMK Negeri 2 Magelang). Naskah Publikasi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widoyoko, S. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarno. (2011). Pengembangan Sikap Entrepreneurship dan Intrapreneurship. Jakarta: PT. Indeks.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hamidah Arieska, Agus Kamaludin

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637