EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERHADAP KARAKTER KOMUNIKATIF PADA MATERI TERMOKIMIA


Vivin Wulandari(1*), Maria Erna(2), Rasmiwetti Rasmiwetti(3)

(1) , Indonesia
(2) Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Riau, Jalan Bina Widya 25, Pekanbaru, 28293, Indonesia
(3) Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Riau, Jalan Bina Widya 25, Pekanbaru, 28293, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian tentang penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan inkuiri telah dilakukan untuk melihat model pembelajaran yang lebih efektif terhadap karakter komunikatif peserta didik pada pokok bahasan termokimia di kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Seikijang, Pelalawan. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuasi-eksperimen dengan desain non equivalen control posttest design. Waktu pengambilan data mulai dari bulan september-oktober 2018 sebanyak 4 kali pertemuan. Sampel merupakan dua kelas yang dipilih dari empat kelas yang ada, yaitu kelas XI MIPA 1 berjumlah 25 peserta didik dan XI MIPA 2 berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan kuisioner (angket), tes dilakukan dengan soal sebanyak 30 butir dan angket sebanyak 18 butir pernyataan.  Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung skor rata-rata untuk soal tes dan menghitung persentase karakter komunikatif untuk soal non tes. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data akhir diperoleh persentase hasil belajar pada kelas PBL sebesar 78,85% dan pada kelas inkuiri sebesar 81,98 %. Selain itu, persentase karakter komunikatif peserta didik yang diajar dengan model PBL sebesar 78,15% dan kelas inkuiri sebesar 83,75%, artinya penerapan model pembelajaran inkuiri lebih efektif digunakan dalam membangun karakter komunikatif peserta didik pada materi termokimia di kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Seikijang, Pelalawan.


Keywords


model pembelajaran berbasis masalah; inkuiri; karakter komunikatif; termokimia

References


Chaeruman, U.A. (2008). Tren dan Tantangan Bagi Teknologi Pendidikan di Abad-21. http://www.ilmupendidikan.net/2017/08/25/tren-dan-tantangan-bagi-teknolog-pendidikan-di-abad-21.php. Diakses tanggal 15 Juni 2018.

Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2001). The power of problem-based learning: a practical" how to" for teaching undergraduate courses in any discipline. Stylus Publishing, LLC.

Duran, M. (2014). A Study on 7th Grade Students’ Inquiry and Communication Competencies. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 4511-4516.

Elfindri. (2012). Pendidikan Karakter. Jakarta: Badouse Media.

Erna, M., Rery, R. U., & Astuti, W. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Termokimia di SMA Pekanbaru Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 17-27.

Gulo. W. (2004). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Handoyono, N. A., & Arifin, Z. (2016). Pengaruh inquiry learning dan problem-based learning terhadap hasil belajar PKKR ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 31-42.

Hidian, R. (2015). Keefektifan Model Inquiry Based Learning Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengoperasian Peralatan Pengendali Daya Tegangan Rendah Kelas XI Di SMK Negeri 1 Sedayu. Skripsi, Fakultas Teknik: Universitas Negri Yogyakarta.

Jerminuari, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Rambah Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Biologi, 2(1).

Kemendiknas. (2010). Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. https://www.google.com/search?karakterpendidikanbudaya. Diakses Tanggal : 29 Juli 2018.

Kumar, R., & Refaei, B. (2017). Problem-based learning pedagogy fosters students’ critical thinking about writing. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(2), 1.

Lathiifah, I. J., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Materi Aturan Pencacahan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah di SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).

Löfgren, R., Schoultz, J., Hultman, G., & Björklund, L. (2013). Exploratory Talk in Science Education: Inquiry-Based Learning and Communicative Approach in Primary School. Journal of Baltic Science Education, 12(4).

Lutvia. (2016). Analisis Perbedaan dan Persamaan Model Pembelajaran Inquiry, Discovery, Problem Based Learning, dan Project Based Learning. Artikel. FKIP UPI.

Lynch, C. L., & Wolcott, S. K. (2001). Helping your students develop critical thinking skills (IDEA Paper# 37. In Manhattan, KS: The IDEA Center. Available at http://www. idea. ksu. edu/papers/Idea_Paper_37. pdf.

Muhli, A. (2012). Efektivitas pembelajaran. Jakarta : Wordpress.

Mundilarto, M. (2013). Keefektifan Pendekatan Inquiry Based Learning untuk Meningkatan Karakter Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 24-29.

Nasution, M. A., Silaban, R., & Muchtar, Z. (2013). Penerapan Model Pembelajaran yang Mampu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dan Karakter Komunikatif serta Percaya Diri pada Materi Kimia Larutan. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(3), 39-52.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., De Jong, T., Van Riesen, S. A., Kamp, E. T., ... & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational research review, 14, 47-61.

Putri, Y. M. D., & Meinita, Y. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Malang.

Thobroni, M.,& Mustofa, A., (2013). Belajar dan pembelajaran (Pengembangan wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional). Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tyas, A. S., & Lazulva, L. (2018). Pengaruh Inkuiri Terbimbing melalui Media Adobe Flash terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Tadris Kimiya, 3(2), 182-189.

Yolanda, Y., Pujiati, P., & Nurdin, N. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran PBL dan TPS dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 3(6).




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vivin Wulandari, Maria Erna, Rasmiwetti Rasmiwetti

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637