ANALISIS INTEGRASI KEISLAMAN PADA MATERI KIMIA PANGAN (Sumber, Manfaat, dan Keterpahamannya)
DOI:
https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5197Keywords:
integrasi, keislaman, keterpahaman, kimia pangan, visiAbstract
Integrasi antara sains dengan Alquran menjadi topik yang terus berkembang di kalangan cendekiawan. Pembahasan mengenai dikotomi antara Alquran dan sains terus diperbincangkan. Beberapa cendekiawan menyatakan adanya hubungan erat antara sains dan islam. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai transformasi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) tidak dapat dipisahkan dari harapan pengintegrasian ilmu pengetahuan, salah satunya integrasi dengan keislaman. Implementasi integrasi keislaman perlu diterapkan dalam seluruh mata kuliah kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten sains yang terintegrasi keislaman pada mata kuliah kimia pangan serta menguji keterpahaman konten tersebut. Metode yang digunakan adalah metode Four Steps Teaching Material Development (4 STMD) yang terdiri dari empat tahap, yaitu seleksi, strukturisasi, karakterisasi, dan reduksi. Penilaian yang dilakukan berupa validasi konten oleh ahli integrasi keislaman dan uji keterpahaman konten oleh 59 mahasiswa pendidikan kimia semester V. Hasil validasi materi diolah dengan menggunakan skala Guttman dan hasil uji keterpahaman diinterpretasikan berdasarkan kategori keterpaham teks menurut Rankin dan Culhane. Hasil validasi ahli didapatkan kumpulan konten kimia pangan valid dan layak digunakan, kemudian hasil uji keterpahaman konten didapatkan kategori tinggi sebesar 90% dengan kriteria konten mudah untuk dipahami. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan 10 indikator dengan tiga konsep utama yaitu karbohidrat, protein, dan lipid dengan aspek keislaman fokus pada ayat qauliyah (Alquran dan Hadits).    Â
References
Al-Hadabi, A. S. (2016). Integrating the Qur'an verses into secondary school sciences curriculum of Yemen: An islamic perspective. Internatonal Journal of Humanities and Social Sciences Research, 2, 37-48.
Al-Qurthubi, Syaikh Imam. (2008). Al Jami’ Il Ahkaam Alquran, Jilid 12. Jakarta: Pustaka Azzam.
Arifin, & Sjaeful, A.(2016). The Development Of Air-Theme Integrated Science Teaching Material Using Four Steps Teaching Material Development. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(1), 8-18.
Bagheri, A., Hosseinjanzadeh, F., & Mehr, M. S. (2015). The Consideration of Physics and Chemistry Sciences in Holy Quran. Journal of Applied Environmental and Biological Sciences, 4(12), 260-265.
Bagir, Z. A. (2005). Integrasi Ilmu dan Agama, Interpretasi dan Aksi. Bandung: Mizan.
Hendri, S., & Setiawan, W. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tema Gempa Bumi Menggunakan Four Step Teaching MaterialsDevelopment. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(1), 65-76.
Herron, J. D., Cantu, L. L., Ward, R., & Srinivasan, V. (1977). Problems associated with concept analysis. Science Education, 61(2), 185–199.
Lubis, M. A. (2015). Effective Implementation Of The Integrated Islamic Education. Global Journal Al-Thaqafah, 5(1), 59-68.
Lubis, M. A., Mustapha, R., & Lampoh, A. A. (2009). Integrated Islamic Education in Brunei Darussalam: Philosophical Issues and Challenges. Journal of Islamic and Arabic Education, 1(2), 51-60.
Masruri, M. H. (2007). Filsafat Sains dalam Alquran: Melacak kerangka Dasar Integrasi Ilmu dan Agama. Malang: UIN Malang Press.
Minarno, Eko Budi dan Liliek Hariani. 2008. Gizi dan Kesehatan Perspektif Alqur’an dan Sains. Malang: UIN Malang Press.
Munadi, M. (2016). Integration of Islam and Science: Study of Two Science Pesantrens (Trensain) in Jombang and Sragen. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 287-303.
Turgut, H. (2016). Pre-Service Science Teachers’ Perceptions about Relationship between Religion and Science in the Context of Their Worldviews. International Jurnal of Educational Sciences, 8(3), 166-179.
Winarno, F.G. (1992). Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Zain, S., Ahmad, Z., Ismail, A. F., Salah, M., & Mohamad, S. A. (2016). Development of Integrated Science Textbooks by Applying the ENRICH Tool. Journal of Education and Social Sciences, 5(10), 6-13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).