ANALISIS INTEGRASI KEISLAMAN PADA MATERI KIMIA PANGAN (Sumber, Manfaat, dan Keterpahamannya)

Gaosiatul Chasanah, Siti Suryaningsih, Dila Fairusi

Abstract


Integrasi antara sains dengan Alquran menjadi topik yang terus berkembang di kalangan cendekiawan. Pembahasan mengenai dikotomi antara Alquran dan sains terus diperbincangkan. Beberapa cendekiawan menyatakan adanya hubungan erat antara sains dan islam. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai transformasi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) tidak dapat dipisahkan dari harapan pengintegrasian ilmu pengetahuan, salah satunya integrasi dengan keislaman. Implementasi integrasi keislaman perlu diterapkan dalam seluruh mata kuliah kimia.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten sains yang terintegrasi keislaman pada mata kuliah kimia pangan serta menguji keterpahaman konten tersebut. Metode yang digunakan adalah metode Four Steps Teaching Material Development (4 STMD) yang terdiri dari empat tahap, yaitu seleksi, strukturisasi, karakterisasi, dan reduksi. Penilaian yang dilakukan berupa validasi konten oleh ahli integrasi keislaman dan uji keterpahaman konten oleh 59 mahasiswa pendidikan kimia semester V. Hasil validasi materi diolah dengan menggunakan skala Guttman dan hasil uji keterpahaman diinterpretasikan berdasarkan kategori keterpaham teks menurut Rankin dan Culhane. Hasil validasi ahli didapatkan kumpulan konten kimia pangan valid dan layak digunakan, kemudian hasil uji keterpahaman konten didapatkan kategori tinggi sebesar 90% dengan kriteria konten mudah untuk dipahami. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan 10 indikator dengan tiga konsep utama yaitu karbohidrat, protein, dan lipid dengan aspek keislaman fokus pada ayat qauliyah (Alquran dan Hadits).     


Keywords


integrasi; keislaman; keterpahaman; kimia pangan; visi

References


Al-Hadabi, A. S. (2016). Integrating the Qur'an verses into secondary school sciences curriculum of Yemen: An islamic perspective. Internatonal Journal of Humanities and Social Sciences Research, 2, 37-48.

Al-Qurthubi, Syaikh Imam. (2008). Al Jami’ Il Ahkaam Alquran, Jilid 12. Jakarta: Pustaka Azzam.

Arifin, & Sjaeful, A.(2016). The Development Of Air-Theme Integrated Science Teaching Material Using Four Steps Teaching Material Development. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(1), 8-18.

Bagheri, A., Hosseinjanzadeh, F., & Mehr, M. S. (2015). The Consideration of Physics and Chemistry Sciences in Holy Quran. Journal of Applied Environmental and Biological Sciences, 4(12), 260-265.

Bagir, Z. A. (2005). Integrasi Ilmu dan Agama, Interpretasi dan Aksi. Bandung: Mizan.

Hendri, S., & Setiawan, W. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tema Gempa Bumi Menggunakan Four Step Teaching MaterialsDevelopment. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(1), 65-76.

Herron, J. D., Cantu, L. L., Ward, R., & Srinivasan, V. (1977). Problems associated with concept analysis. Science Education, 61(2), 185–199.

Lubis, M. A. (2015). Effective Implementation Of The Integrated Islamic Education. Global Journal Al-Thaqafah, 5(1), 59-68.

Lubis, M. A., Mustapha, R., & Lampoh, A. A. (2009). Integrated Islamic Education in Brunei Darussalam: Philosophical Issues and Challenges. Journal of Islamic and Arabic Education, 1(2), 51-60.

Masruri, M. H. (2007). Filsafat Sains dalam Alquran: Melacak kerangka Dasar Integrasi Ilmu dan Agama. Malang: UIN Malang Press.

Minarno, Eko Budi dan Liliek Hariani. 2008. Gizi dan Kesehatan Perspektif Alqur’an dan Sains. Malang: UIN Malang Press.

Munadi, M. (2016). Integration of Islam and Science: Study of Two Science Pesantrens (Trensain) in Jombang and Sragen. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 287-303.

Turgut, H. (2016). Pre-Service Science Teachers’ Perceptions about Relationship between Religion and Science in the Context of Their Worldviews. International Jurnal of Educational Sciences, 8(3), 166-179.

Winarno, F.G. (1992). Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zain, S., Ahmad, Z., Ismail, A. F., Salah, M., & Mohamad, S. A. (2016). Development of Integrated Science Textbooks by Applying the ENRICH Tool. Journal of Education and Social Sciences, 5(10), 6-13.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Gaosiatul Chasanah

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637