DESAIN DAN UJI COBA E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS BLOG PADA MATERI HIDROKARBON

Novita Septryanesti, Lazulva Lazulva

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas e-modul pembelajaran kimia berbasis blog pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau R & D dengan menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap, namun penelitian ini terbatas sampai pada tahap ke 5. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru kimia dan siswa kelas XII TKJ 2 SMK Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah e-modul pembelajaran kimia berbasis blog pada materi hidrokarbon. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket uji validitas, uji praktikalitas, uji respon siswa, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas e-modul pembelajaran kimia diperoleh sebesar 90,5% (sangat valid), tingkat praktikalitas diperoleh sebesar 95,2% (sangat praktis) dan respon siswa diperoleh sebesar 87,2% (sangat baik). Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa e-modul pembelajaran kimia berbasis blog pada materi hidrokarbon yang diujicobakan layak dan praktis sebagai sumber belajar mandiri di sekolah.


Keywords


blog; e-modul; hidrokarbon

References


Agustina, Erna., Agung Nugroho dan Sri Mulyani. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4), 66.

Farenta, Arvi Sekar., Sulton, Punaji Setyosari. (2016). Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(6), 1160.

Herwati. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Aves sebagai Sumber Belajar Biologi, Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1), 28-36.

Mudasir. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.

Nasution, Syaiful Hamzah., Lathiful Anwar, Sudirman dan Susiswo. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa Pada Topik Dimensi Tiga Kelas X, JURNAL KIP, 4(2), 906.

Priyayi, Desy Fajar. (2016). Analisis Bahan Ajar Model Pembelajaran Alid (Accelerated Learning Included By Discovery) Pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMA N 7 Surakarta, Jurnal Pendidikan Sains, 04(01), 29.

Rahmi, Ayu., Yusrizal dan Ilham Maulana. (2014). Pengembangan Bahan Ajar modul pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri 11 Banda Aceh, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 02(01), 13.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sari, Ratna Almira., Sulistyo Saputro, Agung Nugroho Catur S. (2014). Pengembangan modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Untuk Materi Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur SMA Kelas X, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(2), 8-14.

Sartono. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah, Jurnal Tranformatika Guru SMA Negeri 2, 123.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Ulya, Haritsah., Ratu Beta Rudibyani, Tasviri Efkar. (2018). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Problem Solving Pada Materi Asam Basa Arrhenius, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 136.

Utomo, Dedi Sasmito., Sumarmi, dan Singgih Susilo. (2015). Pengembangan Bahan Ajar e-learning Berbasis Edmodo Pada Materi Litosfer Kelas X SMA, Jurnal Pendidikan Geografi, 2.

W. Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Zulkarnain, Andi., Nina Kadaritna dan Lisa Tania. (2015). Pengembangan E-Modul Teori Atom Mekanika Kuantum Berbasis Web Dengan Pendekatan Saintifik, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 224.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Novita Septryanesti

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637