Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Perbandingan
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v1i2.2894Abstract
Tujuan penelitian ini penulis mencoba menerapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematika siswa, meningkatkan minat siswa terhadap matematika, meningkatkan aktivitas siswa di kelas, dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan belajar mengajar, sehingga tercipta lingkungan belajar yang aktif dan kondusif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap siswa kelas VII.F MTsN Kota Bandung, dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa. Adapun instrumen yang digunakan adalah Lembar Aktifitas Siswa (soal-soal yang didiskusikan dikelompok ahli), tes setiap akhir siklus, tes akhir, lembar observasi dan sekala sikap. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan. Begitu pula dengan tingkat kemampuan Komunikasi Matematikanya yang digambarkan dengan hasil penilaian dengan nilai memuaskan.
References
Afiifuddin,.H.M.M.,dkk, 2008, Potret Madrasah, Bandung, Insan Mandiri.
Arikunto, S., 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Bumi Aksara.
Ansari, Bansu I. 2003, Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Kmunikasi Matematika Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write, Disertasi, Bandung: UPI, Tidak dipublikasikan.
Kahmad, D., 2000, Metode Penelitian Agama, Jakarta : Pustaka Setia.
Dahar, R.W. , 1989, Teori-teori Belajar, Jakarta: Erlangga.
Cipta, Eliva S., 2006, Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Melalui Strategi Think Talk Write., Skripsi, Universitas Islam Negeri SGD, Bandung, Tidak dipublikasikan.
Hamzah, 2004.Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Kontruktivisme, http://www.depdiknas.go.id.
Kariadinata, R.,2001, Peningkatan Penmahaman Dan Kemampuan Analogi Matematika Siswa SMU Melalui Pembelajaran Kooperatif, Tesis, Bandung,UPI, Tidak dipublikasikan.
Syaban, M., 2008, Menumbuhkembangkan Daya Matematis Siswa, http://educare.e-fkipunla.net
NCTM, 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: Authur. http://educare.e-fkipunla.net
NCTM,1996, Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics, Virginia: NCTM Inc.,.
_______, 2007, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Bandung, UPI.
_______, 2006, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Bandung, MK2MTs.
Wiriaatmaja, R., 2007, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, Remaja Rosda Karya.
Russefendi, ET.,1988,Pengantar Kepada Guru Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA, Bandung: Tarsito,.
Suherman, E dan Y. Sukjaya,1990, Evaluasi Pendidikan Matematika, Bandung: Wijayakusumah,.
Sumarmo, U. (2003) Daya dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Makalah disajikan pada Seminar Sehari di Jurusan Matematika ITB, Oktober 2003. http://educare.e-fkipunla.net
Susilawati, W., 2008, Pelajar & Pembelajaran Matematika, Universitas Islam Negeri SGD, Bandung.
Wihatma, U. , Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SLTP melalui Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Tesis, Bandung UPI, Tidak dipublikasikan.
Rusmiati ,Y., 2005, Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Think Talk Write Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pokok Bahasan Program Linear, Skripsi, UIN Bandung.
Yunawati, 2006, Pembelajaran Matematika Dengan Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa, UPI, Bandung, Tidak dipublikasikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).