IMPLEMENTASI KEGIATAN MENTORING KEAGAMAAN DALAM PEMBINAAN KARAKTER ISLAMI

Tatang Romansah

Abstract


Artikel ini mengungkap implementasi kegiatan mentoring keagamaan di SMA Negeri Cimanggung Kabupaten Sumedang baik dari segi tujuan, proses, evaluasi, hambatan dan kertcapaian dari kegitan mentoring tersebut. Hasil kajian menunjukan 1) tujuan mentoring (a) menanamkan dan menumbuhkan karakter siswa; secara praktik; (b) membentuk kepribadian yang baik sesuai dengan al Quran dan As Sunnah, 2) Proses implementasi dilakukan dengan (a) integrasi mata pelajaran PKn, PAI, yang dikembangkan dalam silabus dan RPP; (b) program ditetapkan disekolah; (c) pengembangan karaker Islami melalui program pengembangan diri dan ekstrakurikuler, 3) Evaluasi meliputi program dan hasil belajar, 4) Kendala meliputi (a) komponen sarana, prasarana, keuangan kurangnya pementor, media dan metode; (b) kendala dimensi: waktu dan dan tempat; (c) kurangnya kesadaran siswa dan tidak ada standar criteria pementor, 5) Keberhasilan program mentoring menunjukan adanya rasa bangga menjadi muslim, keseimbangan emosional dan intelektual dan terciptanya ukuwah antara siswa dan guru. Rekomendasi untuk penelitian berikutnya perlu kajian implementasi pendidikan karakter Islami pada jenjang dasar dan tinggi serta kajian yang lebih spesifik pada aspek karakter terentu.

Keywords


Implementasi, Katarakter, Islami, Mentoring

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 1


DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v2i1.2723

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Cetakan Ke-6. Bandung: PT RosdaKarya.

Baban Sarbana, Dalam: http://managementhelp.org/guilding/mentrng/mentrng.htm. Diakses Tanggal 15 Mei 2017

___________, Dalam: http://managementhelp.org/guilding/menterng/menterng.htm. Diakses Tanggal 16 April 2017.

Ditpais, Kemenag RI. (2011). Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Rohani Islam. Jakarta: DitPais

Majid, A. dan Dian Andayani. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam .Bandung: Remaja Rosda Karya.

Djumhur. (1975). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: Ilmu.

Kartini Kartono. (1985). Bimbingan dan Dasar-dasar Pelaksanaannya. Jakarta: Rajawali.

Samani, M. dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soedarsono. (2002). Character Building. Jakarta: PT. Elex Media Komputerindo.

Syihabuddin. (2008.) Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia.Modul: Tidak diterbitkan.

http://kbbi.web.id/implementasi.Diakses Tanggal 26 Januari 2017

http://home.att.net/nikols/mentor.htm. Diakses Tanggal 02 April 2017.

http://managementhelp.org?guilding?mentrng.htm. Diakses Tanggal 15 April 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lantai 2 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294
Nomor Kontak: 085222117644 (Nano Nurdiansah)
website: http://journal.uinsgd.ac.id./index.php/atthulab/ atau https://atthulab.ftk.uinsgd.ac.id
email: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id