Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for PSYMPATHIC?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL PSYMPATHIC

Artikel yang dikirim ke jurnal Psympathic adalah artikel tidak sedang dikirimkan ke jurnal/terbitan lain dan belum dipublikasikan dalam jurnal lain.

A.     Sistematika Penulisan

I      Artikel Hasil Penelitian

1.     JUDUL DAN NAMA PENULIS

         Panjang judul dalam bahasa Indonesia maksimal 14 kata dan dalam bahasa Inggris 12 kata. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik/profesional disertai nama lembaga asal dan alamat lembaga, serta email, ditempatkan di bawah judul artikel. Jika penulis lebih dari 3 orang, semua nama dicantumkan beserta lembaganya namun  hanya penulis utama yang dituliskan alamat emailnya.

2.      ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak memuat ringkasan masalah atau tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian, terdiri dari maksimal 150 kata menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tertulis dalam satu alinea dengan spasi tunggal dan format lebih sempit (menjorok ke dalam). Kata kunci memuat ide-ide dasar atau konsep dasar yang mewakili bidang yang diteliti dan terdiri dari 3-5 kata.

3.      PENDAHULUAN

Bagian ini memuat latar belakang atau konteks penelitian,permasalahan penelitian, rencana pemecahan penelitian, tujuan penelitian, dan rangkuman kajian teori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti dengan panjang 15-20%  artikel.

4.      METODE PENELITIAN

Bagian ini memuat rancangan/desain penelitian,sasaran penelitian (populasi dan sampel atau subyek penelitian), teknik pengumpulan dan analisis data.

5.      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Memuat hasil akhir analisis data bersih (bukan proses/hasil penghitungan), pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, dan temuan-temuan. Pembahasan diarahkan pada pemaknaan hasil, pembandingan hasil dengan penelitian lain, pembandingan hasil dengan teori, dan implikasi hasil penelitian.

6.      SIMPULAN DAN SARAN

Memuat simpulan penelitian dan saran-saran yang didasarkan hasil penelitian, ditujukan pada pihak yang jelas, dan bentuk saran sangat operasional. Simpulan dan saran disampaikan dalam paragraf-paragraf pendek.

7.      DAFTAR PUSTAKA

Memuat sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan artikel yang terdiri dari 80% berupa rujukan primer dan mutakhir (berasal dari jurnal dan penelitian) serta 20% berupa rujukan teks (maksimal 10 tahun).

II.        Artikel Konseptual

1.       JUDUL DAN NAMA PENULIS

 Panjang judul dalam bahasa Indonesia maksimal 14 kata dan dalam bahasa Inggris 12 kata. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik/profesional disertai nama lembaga asal dan alamat email, ditempatkan di bawah judul artikel. Jika penulis lebih dari 3 orang, yang dicantumkan hanya penulis utama, dilengkapi dengan dkk; nama penulis lain dimuat di catatan kaki atau catatan akhir.

2.    ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak memuat ringkasan isi artikel yang menggambarkan masalah yang dibahas,  hal-hal yang dikritisi terdiri dari sebanyak-banyaknya 120 kata menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tertulis dalam satu alinea dengan spasi tunggal dan format lebih sempit (menjorok ke dalam) diikuti kata kunci 3-5 kata.

3.      PENDAHULUAN

Bagian ini memuat hal-hal yang menarik perhatian pembaca akan konteks permasalahan yang dibahas dan tujuan pembahasan dengan panjang 15-20% artikel.

4.      PEMBAHASAN

Bagian ini memuat uraian permasalahan yang meliputi analisis, argumentasi atau komparasi dan pendirian/sikap penulis terhadap permasalahan yang dibahas. Panjang 60-80% artikel (diberi judul sesuai dengan hal yang dibahas, bukan diberi judul “pembahasan”).

5.      SIMPULAN

Memuat penegasan sikap penulis terhadap masalah yang dibahas,saran-saran dan alternatif lain jika ada (panjang 10-15%artikel).

 6.      DAFTAR PUSTAKA

Memuat sumber-sumber yang digunakan dalam artikel yang terdiri dari 80% berupa rujukan primer dan mutakhir (berasal dari jurnal dan penelitian) serta 20% berupa rujukan teks (maksimal 10 tahun).

 

B.      Format Penulisan 

  1. Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik dan benar, diketik rapi dengan huruf Times New Roman ukuran 11 dengan spasi At least 12 pts, dicetak pada kertas A4.
  2. Panjang artikel 20-25 halaman dengan margin atas, bawah dan samping 1 inci.
  3. Cover memuat judul artikel (ditulis rata tengah dengan huruf besar Times New Roman- bold ukuran 14. Nama penulis (tanpa gelar akademik), nama dan alamat lembaga, email penulis (penulis utama jika berkelompok) dan abstrak.
  4. Subjudul ditulis rata tengah dengan huruf besar Times New Roman-bold ukuran 12. Sedangkan untuk Sub dari subjudul ditulis rata kiri dengan huruf besar pada setiap awal kata kecuali kata penghubung.
  5. Abstrak ditulis dalam satu paragraf, dalam dua bahasa yaitu bahasa  Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak dalam bahasa Inggris menggunakan cetak miring.
  6. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul, sesuai isi tabel dan gambar, dan sumber kutipan jika ada. Sumber kutipan ditulis di bawah tabel atau gambar, jenis huruf Times New Roman ukuran 10. Judul Tabel ditulis di atas tabel dan judul gambar ditulis di bawah gambar.
  7.  Semua halaman termasuktabel, lampiran, dan daftar pustaka diberi nomor urut halaman.
  8.  Sumber kutipan dalam teks ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun dengan koma,dan nomor halaman jika dipandang perlu.

Contoh :

  • Apabila kutipan berasal dari satu sumber dan satu penulis: (Miler, 2007), atau (Miler, 2007:27).
  • Apabila kutipan berasal dari satu sumber dengan dua penulis: (Peterson dan Seligman, 2004).
  • Apabila kutipan berasal dari satu sumber dengan tiga penulis atau lebih, pada penulisan pertama dituliskan seluruhnya (Wentzel, Caldwell, & McNamara-Barry, 2004) dan kutipan selanjutnya dengan dkk (Wentzel dkk., 2004)
  • Apabila kutipan berasal dari dua sumber yang berbeda dengan penulis yang sama: Peterson, 2004,2008), jika tahunnya sama (Peterson, 2004a,2004b).
  • Apabila kutipan berasal dari institusi : (UIN, 2010).

      9.  Daftar pustaka ditulis alphabetis sesuai dengan nama akhir (tanpa gelar akademik), baik penulis Indonesia maupun asing.

Contoh :

Miler, J.G. (2007). Cultural Psychology of Moral Development, In Kitayama, S.& Cohen, D.(Ed.) Handbook of Cultural Psychology, New York: The Guilford Press.

Wentzel,K.R., Caldwell,K.A.,& McNamara-Barry, C. (2004). Friendship in Midle School: Influence on Motivation and School Adjusment, Journal of Educational Psychology96(2),195-203.

http:www.pdk.go.id/balitbang/publikasi/no.026/Sistem Percepatan herry,htm (diakses 31 Maret 2008).

 

  1. Artikel dikirim dalam bentuk softcopy dan menyertakan daftar Riwayat Hidup penulis atau melalui email: psympathic@uinsgd.ac.id
  2.  Penulis diharapkan dapat register secara online pada lamanhttp://journal.uinsgd.ac.id/index/php/psy/user/register dan dapat mengunggah artikel melalui laman tersebut.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Reviewhave been followed.
 

Copyright Notice

Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Jurnal Psikologi ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
  2. Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Psikologi berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
  3. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.

 

 

Creative Commons License

jurnal psympathic by http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


hit counter View My Stats

Creative Commons License

jurnal psympathic by http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.