ISTIKHDĀM NAMŪDAJ AL TA’LĪM AL TA’ĀWUNĪ BI USLŪB AL MUSĀ’ADAT AL FARDIYYAT DĀKHIL AL MAJMŪ’ĀT FĪ TA’LĪM AL QIRĀ’AT


Dedih Wahyudin(1), Lina Marlina(2), Rachma Aulia Fhitri(3*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Suna Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 11 di Madrasah Aliyah Al-Irfan Purwakarta dalam memahami teks bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization), serta mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model tersebut dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, kajian pustaka dan test. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) memperoleh hasil rata-rata 55,4 dan kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab setelah menggunakan model tersebut memperoleh hasil rata-rata 88,6 . Dengan demikian bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dalam pembelajaran qira’ah memberikan pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab dengan persentase sebesar 71%.

Kata kunci: model,  cooperative learning, pembelajaran membaca.


Full Text:

PDF

References


Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Al Fauzan, Abdurrahman bin Ibrahim. 2022. Idhāat li Mu’allimī al Lughah al ‘Arabiyyah Li Ghairi al Nathiqīna Bihā.

Al Khuli, Muhammad Ali. 1982. Asālīb Tadrīd al Lughah al’Arabiyyah. Riyadh: al Malakat al ‘Arabiyyah.

Al Nāqah, Muhammad Kāmil. 1985. Ta’līm al Lughah al ‘Arabiyyah li Nāthiqīna Bilughāti Ukhra. Saudi: Jami’ah Ummul Qura.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: pt. Rineka Cipta.

Burden, Paul R. dan Byrd, David M. ( 1999). Method of effective Teaching- Boston: Allyn and Bacon.

David dan Roger T. Johnson, “Learning Together”, dalam Shlomo, Sharan (ed.), Handbook of Cooperative Learning Methods, (Connecticut London: Praeger, 1999).

Ibrahim, Abdul Alim. 1962. Al Muwajjih al Fanni limudarris al Lughah al ‘Arabiyyah. Kairo: Daar al Ma’arif.

Mandzur, Ibnu .1991. Lisān al ‘Arab. Beirut: Daar al Shādir.

Saptono. 2003 .Dalam http://www. Alforedo.blogspot.com/2011/07/Pengertian dan Karakteristik Pembelajaran Jigsaw. Diunggah pada tanggal 20 Maret 2019.

Slavin, Robert, E. 2008. Cooperatif Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Slavin, Robert, E. 2015. Cooperatif Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Tinungki, G. M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Communication Ability in the Subject of Probability Theory. Journal Of Education and Practice, 6 (32).




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.