‘ALĀQAH DILĀLIYYAH BAYNA ALFĀDZ SAKĪNAH WA MAWADDAD WA RAHMAH FĪ AL QURĀN AL KARĪM


Jamilatussa'diyah Jamilatussa'diyah(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Al Quran adalah mukjizat Islam yang kekal. Salah satu bentuk kemukjizatan Al Quran adalah dari aspek bahasanya dalam pemilihan kata yang tepat dan gaya bahasa yang indah. Aspek kemukjizatan Al Quran pun nampak dalam kandungannya yang berguna bagi manusia karena merupakan pedoman hidup yang utama dalam berbagai aspek kehidupan. Diantara bentuk keindahan kata dan makna Al Quran terletak pada pemilihan kata sakinah, mawaddah, dan rahmah dalam satu kalimat. Ketiga kata tersebut memiliki makna tertentu yang berbeda-beda akan tetapi saling berhubungan satu sama lain. Al Quran menggunakan kata sakinah, mawaddah, dan rahmah dalam beragam konteks. Disamping itu ketiga kata tersebut berimplikasi terhadap pendidikan keluarga sesuai dengan penyebutannya secara berurutan dalam satu kalimat tentang tema kehidupan rumah tangga. Melalui penelitian tentang relasi makna kata sakinah, mawaddah, dan rahmah perspektif semantik dan bingkai pendidikan, maka akan tersingkap makna masing-masing, baik secara leksikal maupun kontekstual; dan relasi makna antara ketiganya, selanjutnya akan tersingkap pula aspek-aspek pendidikan keluarga dari ketiga kata tersebut

Full Text:

PDF

References


Al Fauzan, Abdurrahman bin Ibrahim. 2002. Idhāat li Mu’allimī al Lughah al ‘Arabiyyah Li Ghairi al Nathiqīna Bihā. Beirut: Darul Ilmiyah.

Al Khuli, Muhammad Ali. 1982. Asālīb Tadrīd al Lughah al’Arabiyyah. Riyadh: al Malakat al ‘Arabiyyah.

Al Nāqah, Muhammad Kāmil. 1985. Ta’līm al Lughah al ‘Arabiyyah li Nāthiqīna Bilughāti Ukhra. Saudi: Jami’ah Ummul Qura

Al Shabūnī, Muhammad Ali. Shafwatu al Tafāsir. Beirut: Dār al Qurān al Karīm.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: pt. Rineka Cipta.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, Abdul Alim. 1962. Al Muwajjih al Fanni limudarris al Lughah al ‘Arabiyyah. Kairo: Daar al Ma’arif.

Lubis, Amani. 2018. Al amn al Usrī min Mandzūr al Islām. Jakarta: Pustaka Cendekiawan.

Mandzur, Ibnu .1991. Lisān al ‘Arab. Beirut: Daar al Shādir.

Mujahid, Abdul Karim. 1985. Al Dilālah al Lughawiyyah ‘Inda al ‘Arab. Urdun: Dār al Qadlā.

Shalih, Sa’ād Ibrahim. 2000. Adlwāu ‘Alā Nidzām al Usrah fī al Islam. Jeddah: Tahamah.

Tinungki, G. M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Communication Ability in the Subject of Probability Theory. Journal Of Education and Practice.

Umar, Ahmad Mukhtar. 1992. ‘Ilm al Dilālah. Kairo: Dār al Ihyā al Turāts al ‘Arabi.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan metode penelitian dan kajian. Bandung: Eresco.

—. 1999. Semantik I Pengantar ke Arah Ilmu Makna. Bandung: Refika.

Gunawan, Heri. 2016. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung.

Narimawati, Umi. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Natta, Abuddin. 1998. Al Quran dan Hadits. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Nazir, Muhammad. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pateda, Mansoer. 2001. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.

Tajudin, Nur. 2017. Semantik Bahasa Arab Pengantar Studi Ilmu Makna. Bandung: SEMIOTIKA

‘Āsyur, Muhammad Thāhir Ibn. 1984. Tafsīr al Tharīr wa al Tanwīr. Tunis. Jam’ī Huqūq al al Thab’ Mahfūdzah li Dār al Tūnisiyyah li Nasyr.

Katsir, Ismail. 1999. Tafsīr al Qurān al ‘Adzīm. Dār Thoyibah li Nasyr wa al Tauzi’.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.