MAFHŪM AL UMMAH FĪ AL QURĀN AL KARĪM


Ubaidillah Ubaidillah(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Band, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Al-Qur'an merupakan mukjizat dalam setiap kata dan gaya bahasa yang terdapat didalamnya. Salah satu mukjizat yang terkandung didalam Al-Qur’an adalah dari segi kebahasaan, yaitu bahasa Arab yang kaya akan kosa kata serta terdapat banyak kalimat-kalimat yang memiliki banyak makna atau biasa dikenal dengan musytarak. Dalam Al-Qur’an sendiri terdapat banyak lafadz musytarak diantaranya adalah lafadz Al-Ummah. Hasil penelitian tentang lafadz Al-Ummah didalam Al-Qur’an menunjukan beberapa hal, diantaranya : 1) Makna leksikal dari lafadz Al-Ummah adalah contoh dan panutan serta secara umum lafadz Al-Ummah bermakna kelompok  orang. 2) Makna kontekstual dari kata Al-Ummah adalah waktu, imam, ajaran dan pedoman hidup, makhluk secara umum, umat Islam, orang-orang kafir, dan sekelompok orang. 3) lafadz Al-Ummah memiliki nilai-nilai pendidikan di antaranya : Nilai-nilai keyakinan yang termanifestasikan dengan meyakini akan keesaan Allah SWT serta bertawakal kepada-Nya. Nilai-nilai moral yang termanifestasikan dengan pentingnya memanfaatkan dan menggunakan waktu serta adanya ketulusan hati. Nilai-nilai praktis seperti toleransi, keadilan, kejujuran, keberanian, kerja sama, altruisme, dan kekuasaan.


Full Text:

PDF

References


Achmadi. 2008. Teologi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Al Banā, Hasan. 1992. Al Tarbiyah al Islamiyyah. Kairo: Dār al ‘Arabiyyah lil Kutub.

Al Baqī, Muhammad Fuad ‘Abd. 1944. al Mu’jam al Mafahras li al Fādz al Qurān al Karīm. Kairo: Dār al Hadīts.

Al Bāz, Anwār. 2007. Al Tafsīr al Tarbawiy lil Qurān al Karīm. Mesir: Dār al Nasyr lil Jāmi’āt.

Al Jazāirī, Abu Bakr. 1921. Aysaru al Tafāsīr. Beirut: Dār Fikr.

Al Marāghi. Ahmad bin Musthafā. 1946. Tafsīr al Marāghi. Mesir: Sirkah Maktabah al ‘Arabiyyah wa Muthaba’ah.

Al Qathān. 1973. Mabāhits fī ‘Ulūm al Qurān. Beirut: Mansyūrah al ‘Ashr Hadīts.

Al Rāzi, Fakhru al Dīn. 1990. Mafātīh al Ghayb. Beirut: Dār Fikr.

Al Shabunī, Muhammad Ali. 1999. Shafwatu al Tafāsīr. Beirut: Dār Fikr.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta .

Bisri, Cik Hasan. 1998. Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi. Jakarta: Logos.

Chaer, Abdul. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Heri. 2017. Dasar-Dasar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: PBA UIN SGD Bandung.

Mandzūr, Ibn. 1991. Lisān al ‘Arabi. Beirut: Dār al Shādir.

Santi, Lisnawati, dkk. 2013. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Shihab, Muhammad Quraish. 1998. Mukjizat Al-Quran. Bandung: Mizan.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.8177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.