ISTIKHDĀM DAWĀIR AL-BITHĀQĀH FĪ TA’LĪM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH LI MĀDAH AL-TARKĪB LI TARQIYATI TAHSHĪL AL-TALĀMIDZ AL-DIRĀSI FĪHI


Isop Syafe'i(1*), Neng Nada Putri Fauziah(2)

(1) Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib di
MA Al-Istiqomah Cijerah Bandung yaitu rendah. Dan faktor yang menyebabkan rendahnya itu adalah latar belakang siswa, minat dan bakat siswa, motivasi siswa. Oleh karena itu, guru membutuhkan media yang tepat untuk mencapai tujuan utama dalam pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib dengan media Circular Card. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab materi Tarkib sebelum dan sesudah menggunakan media circular card, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen model pretest dan post test design. Hasil dari penelitian adalah bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib sebelum menggunakan media circular card menunjukkan pada kategori nilai 64. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media circular card menunjukkan pada kategori nilai 81. Serta peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib menunjukkan pada kategori 0,66 atau 66%.


Full Text:

PDF

References


Ainin, M. (2019). Pengembangan Kurikulum Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Lisan Arabi.

Al Khuli, M. A. (1982). Asālību Tadrīs al Lughah al ‘Arabiyyah. Beirut: Al Farazdaq al Tijariyyah.

Andika, M. A. (2016). Media Pembelajaran Game Tarkib Untuk Pembelajaran Tarkib Kelas XI Madrasah Aliyah. (5), 220–227. Malang: Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Ardiansyah, Ade Arip., Abdul Aziz, Aji. (2019). Taisīr An-Naḥwi al Ta’līmī lī Garḍ Qirāati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-Masykūlah. Jurnal Lisanudhad. Vol. 6, No. 2, 86-110. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v6i2.3478

Ayun, Q. (2017). Istikhdam Kitab “Al-Jurumiyyah” wa “Al-Amtsilah al-Tasrifiyyah” fi Ta’lim Qawaid al-Lughah al-’Arabiyyah bi Ma’had “Dar al-Hikmah” Al-Salafi Basuruwan. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1071

Badriyah. (2017). Penggunaan Media Circular Card untuk meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab Kelas V MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang. Universitas Negeri Malang.

Fauzia, M., Slamet, A. N., & Gunawan, H. (2020). PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN BERBURU TARKIB TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MATERI TARKIB. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i1.7444

Hermawan, A. (2018a). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (4th ed.). Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Hermawan, A. (2018b). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Jannah, N. (2018). Pemanfaatan Media Circular Card untuk meningkatkan hasil pembelajaran Kosakata Bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Raudlatul Muta’alimin 1 Wonokasian. Jurnal Pendidikan, 5(1), 13–26.

Khansa, H. Q. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab.

Muna, W. (2014). Kartu Permainan: Media Pembelajaran Bahasa Arab Kontekstual. Al-Ta’dib, 7(1), 84–100.

Munawwir, A. W. (2010). Kamus Al Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap (5th ed.). Surabaya: Pustaka Progresif.

Musyarofah, A. (2017). Pengembangan Media Circular Card untuk membelajarkan Kosakata Bahasa Arab bagi siswa kelas V MI Nahdhatul Ulama “Putri” Malang. Jurnal Tarbiyah, 1(1).

Naseha, S. D., & Muassonah, M. (2018). Model Pembelajaran Ilmu Sharaf Dengan Menggunakan Metode Inquiry dan Metode Snowball Tashrif. Alfazuna, 3(1), 103–122.

Nisa’, D. K., & Ni’mah, J. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MAHĀRAH AL-KITĀBAH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB STAI ATTANWIR BOJONEGORO. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1241

Rasmuin, R., & Nafisah, D. (2019). THE IMPLEMENTATION OF MIND MAPPING IN TARKIB LEARNING TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(2), 159. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i2.151

Ridho, U. (2018). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124

Ritonga, M., Nazir, A., & Wahyuni, S. (2016). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KOTA PADANG. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.2879

Sari, A. R. (2019). Penggunaan Media Permainan Circular Card dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Kelas VI SD 1 Muhammadiyah Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Syadiyyah, S. S., & Odang, O. (2019). ISTIKHDĀM WASĪLAH BITHĀQAH TASHNĪF AL KALIMĀT FĪ TA’LĪM AL TARKĪB LITARQIYATI QUDRAH AL TALĀMĪDZ ‘ALĀ AL AL INSYĀ AL MUWAJJAH. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 103–119. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7600

Syafei, I., & Syukriya, A. U. (2020). The Use of Creative Board Media in Improving Arabic Writing Skills. Jurnal Al-Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 12(1), 58–72. https://doi.org/10.24042/albayan.v12i1.5757

Syahrir, S., & Akmansyah, M. (2016). Pengembangan Mmodul Tarkib di KelasVII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Selatan. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(2). https://doi.org/10.24042/albayan.v8i2.366

Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmodern. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1519

Wahyudin, D. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Zulkifli, M. (2018). ANALISIS BENTUK EVALUASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.29




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.