استجابة التلاميذ عن برنامج الامتحان اللغوي خارج المنهج وعلاقتها بنشاطاتهم اللغوية العربية يوميا


Dede Ahmad Ghazali(1), Neneng Humairah(2*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) SMP AL-AQSHA JATNANGOR, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Siswa kelas VIII SMP Plus Al-Aqsha merasa kesulitan ketika belajar bahasa Arab khususnya dalam mengungkapkan apa yang ada dalam fikiran mereka. Dan untuk membuktikan bahwa program kebahasaan ekstrakurikuler  mempengaruhi aktivitas santri dalam kegiatan berbahasa Arab sehari-hari, maka dilaksanakanlah penilaian pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Respons santri terhadap program ujian kebahasaan ekstrakurikuler hubungannya dengan aktivitas mereka dalam kegiatan berbahasa Arab sehari-hari di kelas VIII, mengetahui respons mereka terhadap ujian kebahasaan ekstrakurikuler, dan mengetahui hubungan antara keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respons mereka terhadap ujian kebahasaan ekstrakurikuler tinggi, dengan nilai rata-rata 3,74. Aktivitas santri dalam kegiatan berbahasa Arab sehari-hari cukup, dengan nilai rata-rata 3,47. Dan hubungan antara keduanya rendah, dengan koefisien korelasi yang diperoleh 0,37. Respons santri terhadap program ujian kebahasaan ekstrakurikuler berpengaruh terhadap aktivitas mereka dalam kegiatan berbahasa Arab sehari-hari 8%.


Full Text:

PDF

References


عبد العليم إبراهيم. موجه الفاني. دار المعارف بمطر: قاهرة.

لويس معلوف. 1908. قاموس المنجد

محمد عبد الخالق محمد. 1996. اختبارات اللغة. معهد اللغة العربية جامعة الملك سعود: الرياض

محمد كامل الناقة. 1985. تعليم اللغة العربية. مكة المكرمة

منور عبد الفتاح وأديب بشري. 1999. قاموس "البشري" عربي- إندونيسي، إندونيسي – عربي. سوربايا

Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmad Fuad Effendy. 2003. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Heri Gunawan. 2012. Dasar-Dasar Metode Research. Bandung: Azfie Media.

Imam Asrori. 2012. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Misykat.

M. Sobry Sutikno. 2009. Belajar dan Pembelajaran “Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil”. Bandung: Prospect.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Pustaka Setia.

Muhibbin Syah. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Oemar Hamalik. 2012. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo,

Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan “Prinsip Operasionalnya”. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumadi Suryabrata. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wasty Soemanto. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v2i1.9577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Email : jta.pba@uinsgd.ac.id

Ta’lim al-‘Arabiyyah: jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Print ISSN Print: 2549-208X, ISSN Online: 2721-5237

 Web Analytics Made Easy - Statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License