PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS TINGGI

Authors

  • Aslam Aslam Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka
  • Mimin Ninawati Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka
  • Anita Noviani Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka

DOI:

https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.10156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi dalam bentuk permainan monopoli berbasis kontekstual untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, serta mengetahui kualitas produk ini yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D dengan empat tahap yaitu: 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), 3) develop (pengembangan), 4) disseminate (penyebarluasan). Media ini di uji cobakan kepada 30 siswa kelas V SDN Mustikasari 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media monopoli yang telah dikembangkan berdasarkan ahli media mendapatkan skor persentase sebesar 94% dengan kategori sangat valid, selanjutnya hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan skor persentase sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Uji pengembangan yang dilakukan pada 4 orang siswa kelas V mendapatkan skor persentase sebesar 84% dan uji yang dilakukan kepada 30 siswa kelas V di SDN Mustikasari 2 sebesar 88% dengan kategori sangat baik karena peserta didik sangat tertarik pada media Monopoly Smart Games. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa pengembangan media monopoli berbasis kontekstual materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPS.

Author Biographies

Mimin Ninawati, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka

Prodi PGSD

Anita Noviani, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka

Prodi PGSD

References

Bawono, Yudho. (2007). Memilih Mainan Buat Si Kecil. Majalah Psikologi Plus Vol. II No. 11 Juli 2007. Semarang: PT Niko Sakti.

Dirgantara, Marvinda, R.D., Susilowati, S. M. E., Marwoto, Putut. (2019). The Use of Monopoly Media to Improve Primary Student’s Critical Thinking Skills in Science Learning. Journal of Primary Education. 8 (3) (2019) : 262 – 269.

Endayani, H. (2017). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 92–110. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/download/1158/922.

Fuada, Sofiana., (2014). Faktor Kesulitan Belajar IPS di Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus V Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2013/2014. Thesis, unpublished. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayat, A., Muhajir. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Batik Kelas V SD Siti Aminah Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa 3(2).

Khobir, Abdul. (2009). Upaya Mendidik Anak dengan Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah STAIN. 7(2).

Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(2), 124. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14.

Mardia, Ainul., Jafar, Andi Ferawati. (2017). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Monopoly Game Smart Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.

Ninawati, M., & Handayani, L. (2020). Pelatihan Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Tanjung Sari Melalui Permainan Edukatif Sederhana pengelolaan pembelajaran dimulai dari perencanaan , pelaksanaan , hingga pada Proses pembelajaran yang sudah dikelola atau direncanakan oleh guru. 09(01), 231–238.

Ninawati, Mimin., Indriani, Rina., Puspita, Ari Metalin Ika. (2019). Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan. KALAMATIKA. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp109-116.

Rosdiana, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Sains pada Siswa Kelas IV SDN Pragaan Laok I. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar.

Rusman. (2008). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Sandra, Lia. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Pokok Materi Perkembangan Kerajaan Hindu-Buddha Di Indonesia Kelas XI-IPA 2 SMA Negeri 1 Driyorejo. Journal Pendidikan Sejarah 02(03).

Siskawati, Maya., Pargito,. Pujianti. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Studi Sosial. 04(01).

Solekhah. 2015. Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Tema Tempat Tinggalku Siswa Kelas IV SD N Babarsari. Jurnal Nasional 09(07).

Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Research And Development (R&D) (R. A. Kusumaningtyas (ed.); 1st ed.). PT. Cahaya Prima Sentosa.

Downloads

Published

2021-04-03