Analisis Perkembangan Seni Kreativitas Siswa Kelas Rendah Muhammadiyah Pajangan 2 Yogyakarta

Fia Alifah Putri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses  perkembangan seni dan kreativitas siswa usia dasar serta menganalisis perkembangan seni dan kreativitas siswa usia dasar kelas IIB di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Yogyakarta. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan populasi siswa kelas II SD Muhammadiyah Pajangan 2 Yogyakarta yang berjumlah 40 siswa, dan sampel yang peneliti gunakan adalah non probality sampel dengan teknik purposive sampling dan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa hasil analisis perkembangan seni dan kreativitas peserta didik kelas IIB SD Muhammadiyah Pajangan 2 Yogyakarta menunjukkan bahwa telah tercapai dan terpenuhi semua sesuai dengan indikator pencapaian kreativitas siswa usia dasar.  Kreativitas dan seni saling berkaitan karena kreatif adalah proses dari pemikiran dan seni adalah hasil sehingga menciptakan suatu hal yang baru.


Full Text:

PDF

References


Abdussalam Al-Khalili, Amal. Mengembangkan KreatifitasAnak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. 2006.

Ardianti, Sekar Dwi dkk, Implementasi Project Based Learning (PBL) Berpendekatan Science Edutaiment Terhadap Kreativitas Peserta Didik, Jurnal Refleksi Edukatika, 2017, Vol.7, No.2, p-ISSN:2087-9385, e-ISSN:2528-696X

Asfandiyar, Andi Yudha, 2016, Creative Parenting Today, Bandung: PT Mizan Pustaka

Ayu Suryaningsih, Ni Made. dkk, Implementasi Pembelajarran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol.5, No.2, Oktober 2016

Eva Flora Siagian, Roida dan Maya Nurfitriyani, Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari KreatifitasBelajar, Jurnal Formatif, Vol.2 No 1, ISSN:2088-35IX

Holis, Ade. Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, vol. 09, No.1, 2016

Hurlock, Elizabeth. Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga. 1978

Idris Usman, Muhammad. Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajarr Bahasa Aab di MA DDI Al-Badar, Jurnal Lentera Pendidikan, Vol.19, No.1, Juni 2016.

Lestari, Karunia Eka, 2017, Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: PT Refika Medika

Makmur, Agus, Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMPN 10 Padangsidimpuan, Jurnal Edu Tech, Vol.1 No 1 Maret 2015, ISSN: 2442-6024, e-ISSN: 2442-7063

Masganti, Sit. 2016, Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Teori dan Praktek), Medan: Perdana Publishing

Rahayu, Dewi Widiana, 2018, Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar, Proceedings of The ICECRS, Vol.1 No.3

Sudiarja, A, 2018, Pendidikan Dalma Tantangan Zaman, Yogyakarta: PT Kanisius

Sumantri, Mohamad Syarif, Asesmen Dan Intervensi Pedagogik Dalam Membangun Generasi Emas Ditinjau Dari Perspektif Pengembangan Kreativitas Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.7 No.1, Mei 2016.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i1.4603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Jurusan PGMI Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294. 

email : al.aulad@uinsgd.ac.id