LIVING QUR’AN DAN HADIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI): PERSPEKTIF TEORI THOMAS LICKONA

Muhammad Shaleh Assingkily, Mahmud Arif, Marhumah Marhumah, Khamim Zarkasih Putro

Abstract


Kajian Living Qur’an dan hadis, selama ini didominasi oleh wilayah penelitian sosial, baik dalam lingkup komunitas tertentu maupun masyarakat luas. Aspek pendidikan formal masih jarang menyentuh kajian ini, baik dalam upaya pengembangan pendidikan maupun penanaman nilai. Padahal, “ruh” pendidikan Islam terletak pada upaya menjiwai teks nash dan mempraktikkannya sesuai konteks masyarakat melalui proses pembelajaran. Penelitian ini menganalisa teori pengembangan pendidikan nilai Lickona sebagai “pisau analisa” kajian living Qur’an dan hadis, meliputi moral knowing, moral feeling dan moral acting di madrasah ibtidaiyah (MI). Dengan demikian, siswa sejak usia dasar mengetahui, menghayati dan melakukan sesuatu atas kesadaran moral. Data diperoleh melalui wawancara, diskusi tidak terstruktur dan observasi partisipan di lingkungan madrasah.

Kata Kunci: Living Qur’an & Hadis; Moral Acting; Moral Feeling; Moral Knowing.


Full Text:

PDF

References


Ainissyifa, Hilda. (2014). "Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam" Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1): 1-26. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/68/69.

Amin, Wildan Rijal. (2017). “Living Hadis dalam Fenomena Tradisi Kupatan di Desa Durenan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek” Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Angelia, Yeni dan In'amul Hasan. (2017). “Merantau dalam Menuntut Ilmu (Studi Living Hadis oleh Masyarakat Minangkabau)” Jurnal Living Hadis 2(1): 67-82, http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/Living/article/view/1316/1190.

Arif, Mahmud. (2019). “Al-Qur’an As an ‘Open Book’ in Educational Perspective: The Significant Meaning of Pedagogical Values and Productive Reading” Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 3(2): 1-16. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/SKIJIER/article/view/2811.

Aslammiyah, M. Dahlan R, Ahmad Sobari. (2018). “Implementasi Budaya Islami dalam Membentuk Akhlak Siswa SMPN 1 Babakan Madang” Jurnal Mitra Pendidikan 2(11): 1307-1322. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/442/242.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2019). “Living Qur'an as A Model of Islamic Basic Education in the Industrial Era 4.0” Al-Ibtida': Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1): 19-36, http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3876.

Assingkily, Muhammad Shaleh, Mahmud Arif, Marhumah, Khamim Zarkasih Putro. (2020). “Living Qur'an dan Hadis di MI Nurul Ummah (Rutinitas, Ritual Ibadah dan Pembinaan Akhlak)” Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1): 27-44, http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1402.

Braun, V. & V. Clarke. (2012). “Thematic Analysis” in H. Cooper, P.M. Camic, D. L. Long, A. T. Panter, D. Rindskopf, & K. J. Sher (Eds.), Apa Handbook of Research Methods in Psychology, Vol. 2. Washington DC: American Psychological Association.

Creswell, John W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: Sage Publication Inc.

Fadlillah, Annisa. (2018). “Pembacaan Surat Al-Insyirah dan Al-Qodr pada Tradisi Bayen: Studi Living Qur'an pada Masyarakat Wonokerto Kabupaten Semarang” Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Hidayat, Muhtar S. (2012). “Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran” Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2). http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1500.

Iballa, Dona Kahfi. MA. (2016). “Tradisi Mandi Balimau di Masyarakat Kuntu: Living Hadis Sebagai Bukti Sejarah” Jurnal Living Hadis, 1(2): 275-293, http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/Living/article/view/1122/1024

Leavy, Patricia. (2017). Research Design Qualitative, Quantitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford Press.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect and Responsbility. New York: Bantan Books.

Marzuki, M. Murdiono, Samsuri. (2011). “Pembinaan Karakter Siswa Berbasis Pendidikan Agama” Jurnal Kependidikan, 41(1): 45-53. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/1919/1572.

Muhammedi. (2016). “Perubahan Kurikulum di Indonesia: Studi Kritis tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal” Jurnal Raudhah, 4(1). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/61.

Munirah. (2017). “Memorizing the Qur'an as Banjarese Bride-Price (A Study of Living Qur'an and Hadith)” Ulumuna, 21(2): 278-297. https://doi.org/10.20414/ujis.v21i2.319.

Nurfuadah, Hilda, Didi Junaedi, dan Umayah. (2017). “Living Qur’an: Resepsi Komunitas Muslim pada Alquran (Studi Kasus di Pondok Pesantren at-Tarbiyyatul Wathoniyyah Desa Mertapada Kulon, Kec. Astatana Japura, Kab. Cirebon)” Diya al-Afkar, 5(1): 1-14, http://dx.doi.org/10.24235/sqh.v5i01.3769.

Rafi, Muhammad. (2019). “Living Hadis: Studi atas Tradisi Sedekah Nasi Bungkus Hari Jumat oleh Komunitas Sijum Amuntai” Jurnal Living Hadis, 4(1): 133-158, http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/Living/article/view/1647/1408.

Ramadiputra, Ade Trial. (2018). “Pemaknaan Al-Qur'an dan Hadis dalam Tradisi Ritual Mandi Safar di Desa Momo Kecamatan Mamosalato Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah Studi Living Qur'an” Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Sa'diyah, Miftahus. (2018). “Islam and Local Culture: Living Qur'anic Studies in the Ngeruwat Bumi Culture in Balung Village” Nuansa, 15(2): 321-332, http://dx.doi.org/10.19105/nuansa.v15i2.2061.

Sanaky, Hujair AH. (2014). “Mengembangkan Model Ideal Pendidikan Islami” el-Tarbawi, 7(1). https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art1.

Setiawan, Deny. (2013). "Peran Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional" Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1): 53-63. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1287/1071.

Setyaningrum, Yanur & Husamah. (2011). "Optimalisasi Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Berbasis Keterampilan Proses: Sebuah Perspektif Guru IPA-Biologi" Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan, 1(1): 78-81. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp3/article/view/616/638.

Sholihah, Anisa Khabibatus. (2018). “Implementasi Living Qur'an di SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta” Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Suhartono, Edi. (2018). “Perubahan Pola Pembelajaran PKn yang Tekstual ke Pola Kontekstual (CTL)” Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran, 3(1): 1-12. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/3883/2162.

Sulhan, Ahmad. (2015). "Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Mutu Lulusan (Studi Mulitkasus di MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri Lombok Barat dan SMA Negeri 2 Mataram)" Disertasi. Malang: Program Doktor MPI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Tirtayani, Luh Ayu, Nice Maylani Asril, I Nyoman Wirya. (2014). Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yin, Robert K. (2009). Case Study Research: Design and Methods. California: Sage Publication Inc.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.9828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Jurusan PGMI Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294. 

email : al.aulad@uinsgd.ac.id