REVITALISASI KEGIATAN USAHA GETUK GORENG HJ. TOHIRIN DI MASA PANDEMI COVID-19


Zidni Husnia Fachrunnisa(1*), Euys Ayu Nazarilah(2), Windi Nasianti(3), Afri Ovita(4)

(1) Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
(2) Program Sarjana Akuntansi, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
(3) Program Sarjana Akuntansi, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
(4) Program Sarjana Akuntansi, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk untuk mengatasi dampak Covid -19 terhadap UMKM Getuk Goreng Hj. Tohirin. Permasalahan utama yang dialami oleh UMKM Getuk Goreng Hj. Tohirin di masa pandemi Covid-19 yakni penurunan pendapatan akibat menurunnya jumlah wisatawan yang datang ke Sokaraja. Berdasarkan survei yang dilakukan, terdapat sub permasalahan yang terjadi pada UMKM Getuk Goreng Hj. Tohirin yakni Sumber Daya Manusia yang dimiliki UMKM yang kurang memahami teknologi. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni pendampingan pemasaran dan penjualan daring dan pendampingan pemanfaatkan teknologi informasi untuk pencatatan transaksi keuangan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yakni munculnya akun media sosial, akun digital marketplace, dan laporan keuangan terkomputerisasi yang dapat dimanfaatkan UMKM Getuk Goreng Hj. Thohirin dalam melakukan aktivitas bisnisnya. Kegiatan ini juga berhasil meningkatkan keterampilan karyawan untuk mengelola akun media sosial dan akun digital marketplace milik UMKM Getuk Goreng Hj. Thohirin serta keterampilan membuat pembukuan dengan computer.

  

Abstract

This community service activity aims to overcome the impact of Covid -19 on SMEs Getuk Goreng Hj. Tohirin. The main problem that occurs at SMEs Getuk Goreng Hj. Tohirin during the Covid-19 pandemic, namely a decrease in income due to the decline in the number of tourists who came to Sokaraja. Based on the survey conducted, there are sub-problems that occur in Getuk Goreng SMEs Hj. Tohirin, namely Human Resources owned by SMEs who do not understand technology. Solutions taken to overcome these problems are assistance in online marketing and sales and assistance in the use of information technology for recording financial transactions. The results of this service activity are the emergence of social media accounts, digital marketplace accounts, and computerized financial reports that can be utilized by SMEs Getuk Goreng Hj. Thohirin in carrying out his business activities. This activity also succeeded in improving employees' skills to manage social media accounts and digital marketplace accounts belonging to SMEs Getuk Goreng Hj. Thohirin and his computer bookkeeping skills.


Keywords


Covid-19, UMKM, Teknologi Informasi, Pembukuan

Full Text:

PDF

References


Amri, Andi. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia.” Jurnal Brand 2(1).

Avianto, Gusma Dwi, Sri Mangesti Rahayu, and Bayu Kaniskha. 2016. “Analisa Peranan E-Filing Dalam Rangka Meningkatkan Kepatuhan Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi(Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan).” Jurnal Perpajakan (JEJAK) 9(1): 1–8.

Bety Nur Achadiyah. 2019. “Otomatisasi Pencatatan Akuntansi Pada Umkm.” Jurnal Akuntansi Multiparadigma 10(1).

Editor, Staff. 2021. “Jumlah Wisatawan Ke Banyumas Turun Drastis.” Suara Banyumas. www.suarabanyumas.com.

Jusup, Al. Haryono. 2001. Dasar – Dasar Akuntansi. Yogyakarta: STIE.

Kurniawanysah, Deddy. 2016. “Penerapan Pencatatan Akuntansi Dan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP Pada UMKM Desa Gembongsari Kecematan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.” Dinamika Global : Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal: 832–41.

Machmudi, Moch Ali. 2019. “Peran Teknologi Informasi Dalam Usaha Meraih Kesempatan Masa Depan Organisasi.” Jurnal Transformasi 15(1): 87–95.

Romindo, Romindo et al. 2020. Sistem Informasi Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rosita, Rahmi. 2020. “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm.” Jurnal Lentera Bisnis 9(2): 109–20.

Setiawati, Ira. 2007. “Peran Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi ( SIA ) ( The Role of Information Technology to Developt Accounting Information System as A Tools to Increase A Corporate Performance ).” Fokus Ekonomi 2(1): 47–55.

Uli. 2020. “Transaksi E-Commerce Naik Nyaris Dua Kali Lipat Saat Pandemi.” CNN Indonesia. www.cnnindonesia.com.

Yustiani, Rini, and Rio Yunanto. 2017. “Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi.” Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika 6(2): 43–48.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v4i1.11757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :