PENDAMPINGAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PRODUK MAKANAN DALAM MENJALANKAN BISNIS DI ERA NEW NORMAL DI KOTA BANDUNG

Arief Rahmana, Muchammad Fauzi, Annisa Maharani Suyono

Abstract


Abstrak

Kondisi perekonomian Indonesia saat ini terdampak oleh situasi pandemi Covid-19 akibatnya banyak pelaku usaha pada UMKM yang mengalami keterpurukan. Sementara itu, pemerintah berupaya untuk memulihkan perekonomian Indonesia melalui fase new normal. Dengan demikian, pelaku usaha harus bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan tersebut. Diantaranya dengan mengembangkan usahanya melalui pemasaran digital yang mendukung agar produk yang dihasilkan bisa di akses dari rumah. Penyuluhan dan pendampingan perlu dilakukan bagi masyarakat sebagai pelaku usaha yang berada di Kelurahan Margasari Kecamatan Buah Batu Kota Bandung dalam menjalankan bisnisnya di era new normal saat ini. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini diawali dengan survey lapangan oleh mahasiswa pada hari Rabu tanggal 10 Maret 2021 ke-6 UMKM. Pada tanggal 15 dan 16 Maret 2021 dilaksanakan penyuluhan Strategi Pemasaran Berbasis Digital untuk UMKM di Masa Pandemi Covid-19 dan pada tanggal 17 Maret 2021 dilaksanakan pendampingan langsung ke rumah warga yang menjalankan UMKM. Hasil dari kegiatan PkM 86,67% menurut UMKM terbantu dengan adanya kegiatan PkM melalui; 86,67% menurut UMKM mendapatkan pencerahan untuk mengembangkan usaha di masa Pandemi Covid-19; 80% menurut UMKM paham tentang pemasaran produk dengan bantuan teknologi digital. 73,33% menurut UMKM terbantu dengan pemanfaatan teknologi digital dalam mengembangakan UMKM.

  

Abstract

The current condition of the Indonesian economy is affected by the Covid-19 pandemic situation as a result of which many business actors at MSMEs are experiencing a downturn. Meanwhile, the government is trying to restore Indonesia's economy through a new normal phase. Thus, business actors must be able to adapt to these various changes. Among them by developing their business through digital marketing that supports the products produced can be accessed from home. Counseling and assistance need to be done for the community as business actors who are in Margasari Village, Buah Batu District, Bandung City in carrying out their business in the current new normal era. This Community Service (PkM) activity begins with a field survey by students on Wednesday, March 10, 2021, the 6th UMKM. On March 15 and 16, 2021, there was counseling on Digital-Based Marketing Strategies for MSMEs during the Covid-19 Pandemic and on March 17, 2021, direct assistance was carried out to the homes of residents who run MSMEs. The results of PkM activities are 86.67% according to MSMEs being helped by PkM activities through; 86.67% according to MSMEs got enlightenment to develop businesses during the Covid-19 Pandemic; 80% according to MSMEs understand product marketing with the help of digital technology. 73.33% according to MSMEs it was helped by the use of digital technology in developing MSMEs.


Keywords


strategi pemasaran, pemasaran digital, UMKM

Full Text:

PDF

References


Basuki. (2020). Ekonomi Lumpuh! Ini Saran DR Basuki Ranto Agar UMKM Bisa Menjadi Pemulih Ekonomi Nasional. Diambil kembali dari industry.co.id: https://www.industry.co.id/read/72040/ekonomi-lumpuh-ini-saran-prof-dr-basuki-ranto-agar-umkm-bisa-menjadi-pemulih-ekonomi-nasional

Fauziyah, I. (2020). 7 Sektor Usaha Lesu, Kadin: 6,4 Juta Tenaga Kerja Terdampak Covid-19 Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "7 Sektor Usaha Lesu, Kadin: 6,4 Juta Tenaga Kerja Terdampak Covid-19" , https://katadata.co.id/ekarina/berita/5eeb22d2eaa93/7-se. Diambil kembali dari katadata.co.id: https://katadata.co.id/ekarina/berita/5eeb22d2eaa93/7-sektor-usaha-lesu-kadin-6-4-juta-tenaga-kerja-terdampak-covid-19

Pambudi, R. E. (2020). Ini Alasan New Normal 'Wajib' Dilakukan di RI pada 1 Juni. Diambil kembali dari cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200518093037-4-159138/ini-alasan-new-normal-wajib-dilakukan-di-ri-pada-1-juni

Juminto, M. S. (2020). Adaptasi UMKM saat New Normal. Diambil kembali dari jawapos.com: https://www.jawapos.com/opini/24/06/2020/adaptasi-umkm-saat-new-normal/

Fardi. (2020). 37.200 UMKM Jawa Barat Sangat Membutuhkan, Pemerintah Harus Segera Kucurkan Bantuan. Diambil kembali dari pikiranrakyat.com: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01634802/37200-umkm-jawa-barat-sangat-membutuhkan-pemerintah-harus-segera-kucurkan-bantuan?page=2

Hartadji, K. (2020). Sebanyak 37.119 UMKM di Jabar terdampak COVID-19. Diambil kembali dari antaranews.com: https://www.antaranews.com/berita/1597614/sebanyak-37119-umkm-di-jabar-terdampak-covid-19

Simanjorang, S. (2020). UMKM: Welcome New Normal, Goodbye Modal Kerja! Diambil kembali dari ekonomi.binis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200701/9/1259952/umkm-welcome-new-normal-goodbye-modal-kerja

Santoso, P. (2020). UMKM Musti Ubah Cara Pandang, New Normal adalah Era Paradigma Baru. Diambil kembali dari pikiranrakyat.com: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01395635/umkm-musti-ubah-cara-pandang-new-normal-adalah-era-paradigma-baru

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2021). Efektifitas Marketplace dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk bagi UMKM di Jawa Timur. ResearchGate.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v4i1.12128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muchammad Fauzi

Al Khidmat Journal indexed by :