PENDAMPINGAN PEMASARAN DAN PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI DARING PADA UD. EVARIO MANDIRI JAYA


Evana Andriani(1*), Faridhatun Faidah(2), Etni Marliana(3)

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muria Kudus, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muria Kudus, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muria Kudus,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Covid-19 yang saat ini mewabah di seluruh belahan dunia memberikan dampak yang cukup besar untuk perekonomian di Indonesia, khususnya bagi para pengusaha kecil. Keterbatasan modal yang dimiliki, ditambah tingkat penjualan yang menurun drastis, membuat para pengusaha harus berimprovisasi berbagai cara agar produk mereka tetap dapat terjual. Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan bagi mereka pengusaha kecil yang memiliki modal terbatas, yaitu beralih dari pemasaran dan penjualan secara luring menjadi pemasaran dan penjualan daring. Pemasaran dan penjualan daring dapat dilakukan dengan menggunakan media marketplace maupun sosial media.  Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pendampingan kepada UD. Evario Mandiri Jaya untuk mengembangkan saluran pemasaran dan penjualan dari luring ke saluran pemasaran dan penjualan secara daring, lalu dapat meningkatkan kesadaran merek lebih luas dari para calon konsumennya Setelah kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan, UD. Evario Mandiri Jaya dapat melaksanakan kegiatan pemasaran dan penjualan secara daring menggunakan marketplace dan media sosial.

 

Abstract

The Covid-19, which is currently endemic in all parts of the world, has had a considerable impact on the economy in Indonesia, especially for small entrepreneurs. The limited capital they have, coupled with a drastic drop in sales, have forced entrepreneurs have to improve in various ways to make their products can still be sold. One of the most effective ways to increase sales for those small entrepreneurs who have limited capital is to switch from offline marketing and sales to online marketing and sales. Online marketing and sales can be done using the media marketplace and social media. The purpose of this service is to provide training to UD. Evario Mandiri Jaya to develop marketing and sales channels from offline to online, then can increase brand awareness more broadly from potential consumers After this community service activity was carried out, UD. Evario Mandiri Jaya can start doing marketing and sales activities online using the marketplace and social media.


Keywords


marketplace; pemasaran daring; pendampingan;penjualan daring

Full Text:

FULL TEXT (PDF)

References


Aaker, D.A., (1991). Managing Brand Equity. The Free Press, NY.

Dabbous, A., Barakat, K.A. (2020). Bridging the online of ine gap: Assessing the impact of brands’ social network content quality on brand awareness and purchase intention. Journal of Retailing and Consumer Service, 53.

Horng, J. S., Liu, C. H., Chou, H. Y., & Tsai, C, C.Y. (2011) Understanding the impact of culinary brand equity and destination familiarity on tranvel intentions. Tourism Management, 33(4), 815-824.

Jackson, A., Yates, J., Orlikowski, W. (2007) Corporate Blogging: Building Community Through Persistent Digital Talk. Proceeding of the 40th Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 80.

Jayani, D.H. (2020). Berapa Sumbangan UMKM Terhadap Perekonomian Indonesia. Tersedia di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/05/20/berapa-sumbangan-umkm-terhadap-perekonomian-indonesia, diakses pada 18 Oktober 2020.

Keller, K.L. (1993). Conceptualizing, measuring, and managing customer-based brand equity. Journal of Marketing, 57 (January), 1-22.

Maier, E., Wieringa, J. (2020). Acquiring Customers through Online Marketplaces? The Effect of Marketplace Sales on Sales in a Retailer’s own Channels. International Journal of Research in Marketing.

Miftahudin, H. (2020). Ekonomi RI Kuartal III-2020 Bakal Terkontraksi hingga Minus 2,9%. Tersedia di https://www.medcom.id/ekonomi/makro/ob33JL5b-ekonomi-ri-kuartal-iii-2020-bakal-terkontraksi-hingga-minus-2-9#:~:text=perekonomian%20Ekonomi%20Indonesia-,Ekonomi%20RI%20Kuartal%20III%2D2020,Terkontraksi%20hingga%20Minus%202%2C9%25&text=Jakarta%3A%20Deputi%20Bidang%20Koordinasi%20Ekonomi,persen%20hingga%202%2C9%20persen, diakses pada 18 Oktober 2020.

Niken, G. (2020). Daftar Marketplace Indonesia 2020 Dengan Kunjungan Terbanyak. Tersedia di https://ajaib.co.id/daftar-marketplace-indonesia-2020-dengan-kunjungan-terbanyak/, diakses pada 18 Oktober 2020.

Nurhaliza, S. (2020). Ini Target UMKM Terhadap Ekonomi di 2020-2024. Tersedia di https://www.idxchannel.com/market-news/ini-target-kontribusi-umkm-terhadap-ekonomi-di-2020-2024, diakses pada 18 Oktober 2020.

Pappu, R., Quester, P.G., Cooksey, R.W. (2005). Consumer-based brand equity: improving the measurement-empirical evidence. Journal of Product and Brand Management, 14(3), 143-154.

Rayana, U. (2020). Meski Indonesia Salah Satu Pengguna Tiktok Terbesar, ByteDance Pilih Singapura Sebagai Sasaran Investasi. Tersedia di https://selular.id/2020/09/meski-indonesia-salah-satu-pengguna-tiktok-terbesar-bytedance-pilih-singapura-sebagai-sasaran-investasi/#:~:text=Dengan%20total%20unduhan%208%2C5,juta%20pengguna%20TikTok%20di%20Indonesia, diakses pada 18 Oktober 2020.

Rositter, J. R., Percy, L. (1987). Advertising and Promotion Management. McGraw-Hill Book Company, NY.

Sandi, F. (2020). Baru 13% UMKM di RI yang Melek Digital. Tersedia di https://www.cnbcindonesia.com/news/20200629190231-4-168897/baru-13-umkm-di-ri-yang-melek-digital, diakses pada 18 Oktober 2020.

Yoo, B., Donthu, N. (2001). Developing and validating a multidimensional consumer-based brand equity scale. Journal of Business Research, 52 (1), 1-14.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v4i2.12594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :