PENDAMPINGAN PELATIHAN FAHMIL QURAN DAN SYARHIL QURAN BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN BAHRUL HUDA SARANGMANDI BANGKA TENGAH


Muhammad Amin(1*), Winarno Winarno(2), Ahmad Fadholi(3), Muhammad Anwar(4), Muhammad Basir(5)

(1) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Indonesia
(2) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Indonesia
(3) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Indonesia
(4) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Indonesia
(5) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Artikel ini diformulasikan sebagai laporan pengabdian pendampingan pelatihan fahmil Quran dan Syarhil Quran di Pondok Pesantren Bahrul Huda Sarangmandi. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah Community Based Research (CBR). Dengan menggunakan metode ini, maka tim pengabdi melakukan lima langkah pengabdian yaitu: Laying foundations, Planning, Gathering and Analysis Information,Action on Finding, Monitoring dan Evaluasi. Berdasarkan hasil kajian, ditemukan empat problem utama yang dihadapi oleh subyek pengabdian yaitu: sulitnya kaderisasi peserta, sebaran materi Fahmil Quran dan Syarhil Quran yang tidak merata, belum dikuasainya soft-skill pendukung, dan belum adanya pengalaman perlombaan. Untuk menjawab problem ini, tim pengabdian melakukan 10 kali kegiatan pendampingan di lapangan. Problem yang ada dihadapi dengan cara: Pertama, kaderisasi bertingkat yaitu membangun tim MFQ dan MSQ dengan keanggotaan kelas berjenjang (mulai kelas VII hingga kelas X). Kedua, membagikan materi fahmil terbaru sesuai dengan silabus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Naisonal tahun 2022 dan membagi tiga naskah MSQ standar nasional. Ketiga, memberikan pelatihan soft-skill seperti penguasaan bel, penguasaan tilawah, perhitungan waris, hingga pencarian ayat al-Quran. Keempat, mendorong pesantren Bahrul Huda untuk mengadakan liga al-Quran pada perayaan tahun baru Islam atau pada malam-malam di bulan Ramadhan.

 

Abstract

This article is formulated as a report on the service of mentoring the Quran fahmil and Syarhil Quran training at the Bahrul Huda Sarmandi Islamic Boarding School. The method used in the service is Community Based Research (CBR). By using this method, the service team performs five steps of service, namely: Laying foundations, Planning, Gathering and Analysis Information, Action on Finding, Monitoring and Evaluation. Based on the results of the study, it was found that there were four main problems faced by the subjects of service, namely: the difficulty of cadre of participants, the uneven distribution of Fahmil Quran and Syarhil Quran materials, not yet mastered supporting soft-skills, and no competition experience. To answer this problem, the service team carried out 10 assistance activities in the field. The existing problems are dealt with by: First, multilevel regeneration, namely building MFQ and MSQ teams with tiered class membership (from class VII to class X). Second, distributing the latest fahmil material according to the 2022 National Tilawatil Quran Development Institute syllabus and dividing three national standard MSQ texts. Third, providing soft-skill training such as mastering the bell, mastering recitations, calculating inheritance, and searching for verses of the Koran. Fourth, encourage the Bahrul Huda Islamic boarding school to hold an al-Quran league at the celebration of the Islamic new-year or on nights in the month of Ramadan.


Keywords


Fahmil Quran; Syarhil Quran; Community Based Empowerment

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal, Aan Radiana, Nurwadjah Ahmad, Khatib Saefullah, and Mustofa Kamal. Panduan Soal Jawab Musabaqah Fahmil Quran. III. Bangung: LPTQ Jawa Barat, 2008.

Fajrianty, Handieni, and Ressi Susanti. “Strategi Pembinaan Dakwah Syarhil Quran Di Padepokan Syarhil Quran Lampung.” Aqlam: Journal of Islam and Plurality 2, no. 2 (2018): 129–44. https://doi.org/10.30984/ajip.v2i2.524.

Fikriyyah, Durrotul. “Pengembangan Bahan Ajar Al-Qur’an Berbasis Penumbuhan Rasa Percaya Diri Untuk Syarih Al-Quran Di Pondok Pesantren Tahfidz Dan Tilawah Quran Thoyyib Fattah Sukodono Ampel Surabaya.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2018.

Hanafi, Mohammad, Nabiela Naily, Nadhir Salahuddin, A. Kemal Riza, Luluk Fikri Zuhriyyah, Muhtarom, Rakhmawati, Iskandar Ritonga, Abdul Muhid, and Dahkelan. Community Based Research: Panduan Merancang Dan Melaksanakan Penelitian Berbasis Komunitas. Surabaya: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Ampel, 2015.

Hidayat, Bahril, Universitas Islam Riau, Raihana Raihana, Universitas Islam Riau, Dian Tri Utami, and Universitas Islam Riau. “Psikoedukasi Kepada Calon Peserta Lomba Syahril Qur’an,” no. March (2019).

Islam, Asep Muhammad Saipul. “The Miracle of Fahmil Quran.” https://www.researchgate.net, 2019. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10924.62084.

LPTQ. Buku Pedoman Musabaqah Al-Quran Dan Al-Hadits. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia, 2018.

Nawawi, Ahmad. “Peranan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Dalam Meningkatkan Mutu Bacaan Al-Qur’an Di Kota Banjarmasin.” Tashwir 3, no. 6 (2015): 245–59.

Rajafi, Ahmad. Narasi Syarhil Quran. Lampung: Anugrah Utama Raharja, 2013.

Wawancara

Wawancara dengan Iqrom Faldiansyah, pengurus LPTQ Prov. Bangka Belitung

Wawancara dengan Mizar Zulmi, kepala bidang peribadatan PP. Bahrul Huda




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v6i1.25218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :