PEMBERDAYAAN ASET TENUN BIPOLO MELALUI METODE PELATIHAN MARKETING MIX UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN MASYARAKAT DESA (Sebuah Studi atas Peran Pengabdian KKN Nusantara di Desa Bipolo, Kec. Sulamu, Kab. Kupang, NTT, Indonesia)


Aep Kusnawan(1*), Yusril Perdiansyah Nur(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Proses KKN Nusantara selain sebagai momentum pengabdian kepada masyarakat dimanfaatkan untuk penelitian yang bertujuan menjelaskan bagaimana aktifitas sebagian mama-mama desa Bipolo dalam menenun dapat dijadikan sebagai media pemersatu dan perekat kerukunan. Optimalisasi produk tenun sebagai langkah penguatan budaya yang memiliki multiplier effect ke berbagai aspek kehidupan baik aspek sosial, aspek budaya, maupun aspek ekonomi. Optimalisasi produk tenun tentunya tidak lepas dari berbagai permasalahan yang ada, salah satunya ialah masalah pemasaran. Penerapan strategi marketing mix diharapkan mampu menjadi problem solver atas permasalahan yang ada. Dalam pengabdian ini menggunakan Metodologi Asset Based Community-driven Development yakni sebuah pendekatan dalam pemberdayaan masyarakat sebagai upaya yang sangat menekankan pada kemandirian masyarakat dan terbangunnya suatu tatanan serta pengakuan atas potensi aset yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi produk tenun khas Bipolo melalui metode marketing mix berimplikasi pada kemandirian  masyarakat desa Bipolo.

 

Abstract

The process of KKN Nusantara in addition to the momentum of devotion to the community we use for research that aims to explain how the activities of some mama-mommy village Bipolo in weaving can be used as a media unifying and adhesive Harmony.Optimization of weaving products as cultural strengthening measures that have a multiplier effect to various aspects of life both social aspects, cultural aspects, and economic aspects.Optimization of weaving products is certainly not separated from various problems, one of which is a marketing problem.The implementation of marketing mix strategy is expected to be a problem solver for the problem.In this dedication using Asset Based Community-driven Development methodology is an approach in community development as an effort to emphasize the independence of society and the building of a setting and recognition The potential assets owned by the community itself. The results showed that thE Optimization of typical Bipolo woven products through the marketing mix training method has implications for the independence of the Bipolo village community.

Keywords


Weaving;Community Self-reliance; Marketing Mix Training.

Full Text:

PDF

References


Borden, N.H. 1964. The Concept of the Marekting Mix. Journal of Advertising Research, 4 (June), 2-4.

Culington, J.W. 1948. The Management of Marketing Costs, Boston: Division of Research, Graduate School of Business Administratiton, Harvard University.

Dwi Retna. 2016. Dampak Globalisasi Pada Politilk, Ekonomi, Cara Berpikir Dan aiadeologi Serta Tantangan Dakwahnya. (Jakarta). Cet. Kel-2

Kolis Nur. 2017. Wahdat Al Adyan Moderasi Sufistik atas Pluralitas Agama. Jurnal Pemikiran Kesilaman dan Kemanusiaan Vol.1 No.2 Oktober 2017.

Kotler & Amstrong. 1997. Prinsip-Prinsip. Manajemen, Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Jakarta: Prenballindo.

Kusnawan, Aep dan Aep Sy Firdaus . 2009, Manajemen Pelatihan Dakwah (Jakarta: Rineka Cipta)

Mc Carthy, J.E. 1968. Basic marketing A Managerial Approach. Homewood, IL: Irwin

Mubaryo. 1999. Reformasi Sistem Ekonomi: Dari Kapitalis Menuju Ekonomi Kerakyatan(Yogyakarta: Aditya Med). Cet. Ke-1

Rachmawati, R. 2011. Peranan Bauran Pemasara. Marketing Mix terhadap Peningkatan Penjualan Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran. Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2, No. 2, Mei.

Jack Rothman's paper, "Three Models of Community Organization Practice," was included in both the 1970 and 1972 editions of Cox, F. M., et al. (eds.),

Sariffuddin dan Susanti Retno. 2011. Penilaian Kesejahteraan Masyarakat Untuk Mendukung Pemukiman Berkelanjutan Di Kelurahan Terboyo Wetan Semarang. Jurnal Makara, Sosial Humaniora, Vol. 15, No. 1

Suharto. 2014. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, (Bandung: PT Refika Aditama).

Rozi Syaikhu. 2017. Pendidikan Moderasi Islam KH. Asep Saifuddin Chalim; Mencegah Radikalisme Agama dan Mewujudkan Masyarakat Madani Indonesia (Yogyakarta). Cet.Ke-1

Zulkarnain. 2006. Kewirausahaan (Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah, dan Penduduk Miskin). (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa). Cet Ke-1




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.10324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :