Penguatan Pemahaman konsep IPA di Sekolah Indonesia Riyadh melalui Pendekatan Proyek untuk Siswa SMA


Annisa Nurlaili Aulia Safitri(1*), Aep Kusnawan(2)

(1) Sunan Gunung Djati State Islamic University, Indonesia
(2) Sunan Gunung Djati State Islamic University, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa SMA di Sekolah Indonesia Riyadh terhadap konsep-konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Fisika melalui pendekatan berbasis proyek dan praktikum. Kurikulum Merdeka yang diterapkan menekankan pada pembelajaran interaktif, dengan siswa diharapkan memperoleh pengalaman langsung melalui eksperimen dan praktik. Materi yang diajarkan meliputi Energi Terbarukan, Gerak Lurus, dan Rangkaian Kapasitor, yang diterapkan melalui metode proyek seperti pembuatan infografis dan praktikum analisis gerak menggunakan software Tracker serta simulasi rangkaian kapasitor dengan Tinkercad. Hasil dari pendekatan ini menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konseptual siswa terhadap materi. Program ini merekomendasikan kegiatan pembelajaran berbasis konsep dan praktik kepada siswa agar menghasilkan suatu produk penelitian sederhana.


Abstract
This research aims to strengthen high school students' understanding of the Riyadh Indonesian School regarding the concepts of Natural Sciences (IPA) and Physics through a project and practicum-based approach. The Merdeka curriculum implemented emphasizes interactive learning, with students expected to gain direct experience through experimentation and practice. The material taught includes Renewable Energy, Rectilinear Motion, and Capacitor Circuits, which are applied through project methods such as making infographics and motion analysis practicum using Tracker software and simulating capacitor circuits with Tinkercad. The results of this approach show an increase in students' critical thinking skills and conceptual understanding of the material. This program recommends concept and practice-based learning activities for students to produce simple research products.

Keywords


IPA, Fisika, praktikum, siswa, proyek

Full Text:

PDF

References


Ikhsan Rifki, M., Darta, A., Halim Lubis, A., Siddik Hasibuan, M., Halim Hasugian, A., & Ramadhan, Y. (2022). Pelatihan Pengenalan Aplikasi Berbasis Web Tinkercad Sebagai Media Simulasi Mikrokontroler Pada SMK Taruna Tekno Nusantara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(3), 247–254. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/download/37227/pdf

Kandriasari, A., Situmorang, R., & Muslim, S. (2021). Model Pembelajaran Praktikum. 1–56.

Khairunnisa. (2019). Pembelajaran fisika berbasis tracker dalam penentuan viskositas air menggunakan metode osilasi teredam. PeningkatanMutu Pendidikan MIPA Dan Teknologi Di Era RevolusiIndustri 4.0, September, 108–115.

Praktek, L. K., Plta, U. L., & Lebong, T. E. S. (2021). Program studi teknik elektro fakultas teknik universitas bengkulu 2021. 19. https://toaz.info/doc-view

Sekolah Indonesia Riyadh. (n.d.). Retrieved October 28, 2024, from https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Sekolah_Indonesia_Riyadh

Suryaningsih, Y. (2017). Practicum-based learning is a means for students to practice applying science process skills in biological material. Bio Educatio, 2(2), 49–57.

Suyatna, A. (2017). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Wahana Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir, Bersikap Dan Bertindak Ilmiah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf

Widayanti, W., & Yuberti, Y. (2018). Pengembangan Alat Praktikum Sederhana Sebagai Media Praktikum Mahasiswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 21–27. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.161

Widyalistyorini, D., Istiq’faroh, N., & Hendratno, H. (2024). Implementasi Teori Pendidikan Ki Hajar Dewantara: Tinjauan Praktik Pembelajaran dan Dampaknya pada Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya Indonesia, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.61476/84nhq902




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v7i2.40230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :