Edukasi Membangun Pola pikir dan Perencanaan Bisnis Pada Siswa Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Depok


Desi Pujiati(1*), Zaidatun Ekastuti(2), Misdiyono Misdiyono(3), Dyah Palupi(4), Lisna Kustamtinah(5), Titi Nugraheni(6), Ary Natalina(7)

(1) Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Indonesia
(2) Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Indonesia
(3) Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Indonesia
(4) Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Indonesia
(5) Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Indonesia
(6) Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Indonesia
(7) Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Siswa yang terdaftar pada Madrasah Aliyah merupakan generasi muda yang berpeluang menjadi wirausaha muda. Daya kreativitas dan lahirnya ide generasi muda perlu diwujudkan pada aktivitas wirausaha. Pentingnya edukasi bagi siswa untuk membangun pola pikir dengan perencanaan bisnis yang baik untuk mencetak wirausaha muda. Hal ini menjadi bekal siswa menjawab tantangan untuk bersaing dengan menciptakan ide bisnis melalui pilihan peluang terbaik. Tujuan kegiatan ini dengan memberi edukasi bagaimana membangun pola pikir bisnis, membuat perencanaan bisnis dan demontrasi membuat produk dari bahan kaleng bekas yang memiliki nilai jual. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah sekolah Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Depok. Peserta edukasi adalah siswa kelas 10, kelas 11 dan kelas 12 yang terdaftar pada Mitra. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui diskusi dengan mitra untuk mengetahui materi edukasi apa yang dibutuhkan, edukasi untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa pada ide dan perencanan bisnis, metode Demonstrasi, siswa mampu memdemontrasikan pembuatan produk dari bahan kaleng bekas yang bernilai jual dan evaluasi untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dari ceramah dan demonstrasi yang diberikan dengan membuat kuesioner. Luaran dari kegiatan ini adalah mitra terbantu dengan adanya kegiatan PKM berupa menambah wawasan siswa dan pengalaman demonstrasi produk kreatif, siswa Madrasah Aliyah Nurul mampu memahami pola pikir dan perencanaan bisnis dan siswa tertarik mendapat penjelasan dan pendampingan dalam mendemontrasikan produk dari kaleng bekas yang bernilai jual menjadi tempat pensil.


Abstract
Students registered at Madrasah Aliyah are the young generation who have the opportunity to become young entrepreneurs. The power of creativity and the birth of ideas from the younger generation needs to be realized in entrepreneurial activities. The importance of education for students is to build a mindset with good business planning to produce young entrepreneurs. This equips students to answer the challenges of competing by creating business ideas through choosing the best opportunities. The aim of this activity is to provide education on how to build a business mindset, create a business plan and demonstrate making products from used cans that have sales value. The partner for this service activity is the Madrasah Aliyah Nurul Huda school, Depok City. Education participants are grade 10, grade 11 and grade 12 students registered with Mitra. The method used in community service activities is through discussions with partners to find out what educational materials are needed, education to help increase students' understanding of business ideas and planning, Demonstration method, students are able to demonstrate making products from used cans that have sales value and evaluation for measure the level of student understanding of the lectures and demonstrations given by creating a questionnaire. The output of this activity is that partners are helped by PKM activities in the form of increasing students' insight and experience of creative product demonstrations, Madrasah Aliyah Nurul students are able to understand business thinking patterns and planning and students are interested in receiving explanations and assistance in demonstrating products from used cans that are of value to sell as a place to sell pencil.

Keywords


perencanaan bisnis; pola pikir bisnis, produk kreatif

Full Text:

PDF

References


Bahari, A., Mulyono, B., Lie, B. W., Lisitianto, M. M. A., Testarosa, M. R., Trisia, N., Ancilla, P., Renata, S. T., & Agustiawan, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Platform Penjualan Online Terhadap Pengembangan UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 283. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.10959

Barokah, S., & Anggraini, Z. A. (2022). Peningkatan Peran Siswa SMP Muhammadiyah 1 Wangon Melalui Entrepreneurship Education. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 142. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7377

Catur Sudyantara, S., Diana Sari, M., & Dewi, S. (2022). Menumbuhkembangkan Semangat Kewirausahaan Siswa Melalui Pelatihan Bisnis Di Smk Pgri Donorojo Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 59–65. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i2.1010

Fachrunnisa, Z. H., Pramudiati, N., & Pronosokodewo, B. G. (2023). Digitalisasi Pemasaran dan Pencatatan Keuangan Pada UMKM Bakpia Pathok 05 Kasihan Bantul. Al KHIDMAT : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 123–131.

Fuji, N. (2021). Kemendagri: Inovasi Dimulai dari Perubahan Mindset. BSKDN. https://litbang.kemendagri.go.id/website/kemendagri-inovasi-dimulai-dari-perubahan-mindset/

Jati, P., Wigati, I., Yurianty, R., Rima, P., & Wulan, P. (2023). Pendampingan Perencanaan Pembelajaran Abad 21 : 4C, PPK, Literasi, Higher order Thinking Skill di Madrasah. 6(2).

Juwita, R., & Elizabeth, S. M. (2022). Manfaat Investasi Pendidikan yang Berkelanjutan di Lingkungan SMK Negeri 1 Palembang. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PADIMAS), 1(2), 67–71. https://doi.org/10.35957/padimas.v1i2.1954

Rahmi, E., & Cerya, E. (2022). Upgrading Skill Kewirausahaan Siswa SMK Melalui Pelatihan Penyusunan Business Model Canvass Berbasis Digital. 1(1), 1–6.

Rosmiati, R., Siregar, N., & Efni, N. (2022). Pola Pikir Kewirausahaan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5668–5673. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3152

Syahputra, E. (2023). Anak Muda Indonesia Lebih Minat Jadi Pebisnis & Investor. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230214151906-4-413742/anak-muda-indonesia-lebih-minat-jadi-pebisnis-investor




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v7i2.33546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :