Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Lerning Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v11i1.47972Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan penalaran matematis dan self regulated learning siswa melalui materi Persamaan Linear Satu Variabel. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas tujuh di salah satu SMP di Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik pada indikator yang mengukur dugaan, pembuktian kebenaran solusi, dan penarikan kesimpulan. Namun, terdapat kelemahan pada indikator yang mengukur konsep matematika dan menunjukkan pola dari fenomena matematika. Selain itu, self regulated learning siswa menunjukkan hasil yang sangat baik, terutama dalam hal tujuan pembelajaran, mekanisme proses pembelajaran, dan motivasi intrinsik, meskipun masih terdapat beberapa kesulitan dalam menentukan tujuan pembelajaran dan mencari sumber belajar yang relevan. Berdasarkan hasil ini, dibutuhkan metode pengajaran yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self regulated learning siswa agar mereka dapat belajar lebih independen dan efektif.
References
Abror, M. H. (2022). Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233–242. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1676
Afinnas Tamara, F., & Kurniasih Woro, A. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Model Self-Regulated Learning Menggunakan Asesmen Kinerja Ditinjau dari Metakognisi. Prisma,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 197–207. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. … (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika).
Anisah, A., Zulkardi, Z., ..., Nurfitriyanti, M., Kusumawardani, R., ..., … Nisa, S. K. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal setara pisa konten geometri. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(April 2018), 41–48. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00168151
Bakoban, F. I., & Yunisah, R. (2018). Isu-Isu tentang Rendahnya Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pascasarjana UNIMED Publish at Researchgate, 1, 1–8.
Indah Mutiara Cahya , Kiki Nia Sania Effendi, L. R. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Loea. Arus Jurnal Pendidikan, 1(2), 35–40. https://doi.org/10.57250/ajup.v1i2.5
Jannah, R., & Rahmi, F. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) di Tinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII-1 SMP. EDUKATIF: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(01), 1–9.
Khaeroh, A., Anriani, N., Mutaqin, A., & ... (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis. TIRTAMATH: Jurnal …. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/rrtt2quszfgzxmuxjnd5e5w5ci/access/wayback/http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Tirtamath/article/download/8570/_1
Kusnandar, N. (2018). Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SD Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Model Pembelajaran Langsung. Primaria Educationem Journal (PEJ), 1(2), 87–94.
Kusumaningtyas, N., Parta, I. N., & Susanto, H. (2022). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada saat pembelajaran daring. Jurnal Cendekia: Jurnal …. Retrieved from https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1019
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2019). Penelitian pendidikan matematika.
Marchy, F., Elmawati, E., Samosir, C. M., & ... (2023). Research on Self-Regulated Learning in Mathematics Learning (1980-2023): A Bibliometric Review. … Didaktik Matematika, 07, 1–18. Retrieved from https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/mtk/article/view/29736
Minarni, A., & Napitupulu, E. E. (2017). Developing Instruction Materials Based on Joyful PBL to Improve Students Mathematical Representation Ability. International Education Studies, 10(9), 23–38.
Nafii, A. Y. (2017). Pemahaman Siswa SMP terhadap Konsep Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 119–125. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10259
Permatasari, L., & Marlina, R. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1998
Sapdi, R. M., Labib Abdillah, Z., & Sugilar, H. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pembelajaran Daring Analysis of Self Regulated Learning for Junior High School Students during the Online Learning Period. Gunung Djati Conference S Eries, 17, 69–75. Retrieved from https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs
Sofiatunnisa, U., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 6379.
Stein, M. K., Grover, B. W., & Henningsen, M. (1996). Building student capacity for mathematical thinking and reasoning: An analysis of mathematical tasks used in reform classrooms. American Educational Research Journal, 33(2), 455–488.
Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain didaktis penalaran matematis untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SMP pada luas dan volume limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135–146.
Umairah, S., & Dabi, S. A. (2023). Self regulated learning Terhadap Prestasi Belajar untuk Siswa SMK Negeri 1 Kota Ternate. Action Research Literate. Retrieved from https://arl.ridwaninstitute.co.id/index.php/arl/article/view/178
Wanti, N, Juariah, J., Farlina, E., Kariadinata, R., & ... (2017). Pembelajaran induktif pada kemampuan penalaran matematis dan self-regulated learning siswa. Jurnal …. Retrieved from https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/1497
Wanti, Nopia, Juariah, J., Farlina, E., Kariadinata, R., & Sugilar, H. (2017). Pembelajaran induktif pada kemampuan penalaran matematis dan self-regulated learning siswa. Jurnal Analisa, 3(1), 56–69.
Widiastuti A, T. T., Rachmawati, T. K., & Widiawati, W. (2023). Self Regulated Learning Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Manajemen dan Biaya. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 6(2), 123–129. https://doi.org/10.32627/maps.v6i2.696
Zimmerman, B. J. (1990). Self-regulated learning and academic achievement: An overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).