KONSEP LABA BERKAH DALAM PERDAGANGAN SYARIAH


Zaen Udin Mansyur(1*)

(1) Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: This study examines the concept of blessing profit, widely discussed by observers of the Islamic economy and claimed as an abstract matter. It has made its measurement nearly impossible without proper criteria. Using a descriptive analysis method to examine more profound matters that need to be done by both traders and buyers, this study shows that there are several matters that business people must carry out to obtain blessing profits, namely through the business preprocessing, process, and post-process stages. In the preprocessing stage, traders and buyers must possess theological values, which appear on a high devotion to God. In the following stage, the trade process is strengthened by instilling an honest, sincere, professional, friendly social, and generous attitude. This honest attitude will be shown in a sincere attitude of both parties and, in turn, a professional attitude will smoothen the activities, shown by increasing the number of customers along with an intense meeting (silaturrahim) and generosity. In the final stage, the acquired blessed profits are strengthened by evaluating trading activities and calculating profits to determine the amount of zakat that must be paid if the profit has reached the nisab.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengkaji konsep laba berkah yang banyak dibicarakan oleh para pemerhati ekonomi syariah yang diklaim sebagai perkara yang sangat abstrak, sehingga mengukurnya menjadi aktivitas yang sangat sulit, kecuali melalui kriteria-kriteria yang tepat. Penelitian ini menggunaka metode analisis deskriptif untuk mengkaji lebih mendalam tentang perkara-perkara  yang wajib dilakukan oleh para pelaku perdagangan baik itu pedagang maupun pembeli untuk mencapai laba berkah tersebut.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ciri-ciri pelaku bisnis memperoleh laba berkah dapat dilihat dari mulai tahap praproses, proses, dan pascaproses berbisnis. Pada tahapan praproses, seorang pebisnis diwajibkan mendasari sikap berdagangnya dengan nilai-nilai teologis dengan harapan dapat melahirkan pengabdian yang tinggi terhadap yang kuasa. Di tahapan berikutnya, proses berbisnis diperkuat dengan penanaman sikap yang jujur, ikhlas, professional, ramah, dan murah hati. Sikap jujur ini akan mendorong lahirnya sikap ikhlas kedua belah pihak dan melahirkan sikap profesional, sehingga aktivitas dagang berjalan dengan lancar yang ditandai dengan bertambahnya pelanggan dari waktu ke waktu. Tahapan akhir, perolehan laba berkah diperkuat melalui evaluasi aktivitas perdagangan, menghitung laba untuk mengetahui jumlah zakat yang harus dibayarkannya, jika laba tersebut telah mencapai nisab.


Keywords


concept; profit; blessing; business transaction; sharia trade

Full Text:

PDF

References


Afzal-ur-Rahman, M A. Economic Doctrines of Islam. Islamic Publication, 1974.

Afzalurrahman. Muhammad Sebagai Seorang Pedagang (Muhammad as A Trader. Jakarta: Yayasan Swarma Bhumy, 1997.

Al-Birkili, Muhammad ibn Pir Ali. Kemuliaan Orang Kaya Yang Bersyukur Dan Orang Miskin Yang Bersabar Terj. Muzammal Noer. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2004.

Al-Gazali, Imam. Kimiya` Al-Sa`adah. Beirut: al-Maktabah al-Sabiyah, n.d.

Al-Ghazali, Imam. Ringkasan Ihya’ulumuddin. Akbar Media, 2008.

Alaydrus, Habib Syarief Muhammad. Agar Hidup Selalu Berkah. PT Mizan Publika, 2009.

Aljabiri, Abid. Bunyah Al-Aql Al-Arobi. V. Beirut: al-Markaz al-Staqofi al-Arobi, 1991.

———. Isykaliyat Al-Fikr Al-Arobi Al-Mu`ashir. Beirut: Markaz Dirosah Al-Arabiyyah, 1989.

AM. Hasan Ali. Asuransi Dalam Perspektif Hukum Islam: Suatu Tinjauan Analisis Historis, Teoritis, Dan Praktis. Jakarta: Pernada Media, 2004.

Anita, Dewy. “Relevansi Pemikiran Ibnu Taimiyah Terhadap Regulasi Harga Di Indonesia.” Syar’ie: Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam 2, no. 2 (2019): 39–64.

Anwar, Syamsul. “Sharia Treaty Law: The Study of the Theory of Contracts in Muamalat Jurisprudence,” 2010.

Aprina, Desi Nur, and Khairunnisa Khairunnisa. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Kompensasi Bonus Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Perdagangan, Jasa, Dan Investasi Sub Sektor Perdagangan Eceran Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014).” EProceedings of Management 2, no. 3 (2015).

Arisandy, Yosy. “Manajemen Laba dalam Prespektif Islam Yosy Arisandy Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam IAIN Bengkulu.” Mizani 25, no. 2 (2003): 125–43.

Ariyadi, Ariyadi. “Bisnis Dalam Islam.” Jurnal Hadratul Madaniyah 5, no. 1 (2018): 13–26.

Asnawi, M Noor. “Aktualisasi Etika Islam Dalam Dunia Bisnis.” El-HARAKAH (TERAKREDITASI) 4, no. 2 (2002): 73–80.

Baihaqi. Dalail An-¬Nubuwwah,. Jakarta, n.d.

BAZNAS Center of Strategic Studies. Arsitektur Zakat-Zakat Indonesia. Jakarta: BAZNAS, 2017.

Bertens, Kees. Pengantar Etika Bisnis. Gramedia Pustaka Utama, 2022.

Dewi, Gemala. Islamic Union Law in Indonesia. Jakarta: Kencana, 2006.

Diantha, I Made Pasek, and M S SH. Metodologi Penelitian Hukum Normatif Dalam Justifikasi Teori Hukum. Prenada Media, 2016.

Donald A Ball, and Wendell H. McCulloch. Internasional Business. New York: McGraw-Hill, 2000.

Enginer, Asgar Ali. Islam Dan Teologi Pembebasan, Terj. Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Ernawati Waridah, S S. Kamus Bahasa Indonesia. Bmedia, 2017.

Gunara, Thoriq. Marketing Muhammad. Bandung: Takbir Publishing, 2006.

Habibi, Hasbi. “Konsep Yusuf Al-Qardhawy Tentang Norma Dan Etika Ekonomi Islam Dalam Sirkulasi Perdagangan.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2010.

Himawan, Candra, and Neti Suriana. Sedekah: Hidup Berkah Rezeki Melimpah. Galangpress Publisher, 2013.

Ibnu Hibban. Pustaka Al-Kautsar. Beirut: Mu`assasah ar-Risalah, 1993.

Ibnu Majjah. Sunan Ibnu Majjah. Beirut: Daar al-Fikr, n.d.

Idrisiyah, Khadijah. Al-Barakah Wa at-Tabarruk Min Az-Dzahiyat Al-Hafidz Al-Dz-Dzahabi. Kairo: Dar Kotob Islamiyah, 2002.

Ikhwandha, Mohammad Fahmi. “Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Kepercayaan Afektif Dan Kognitif Terhadap Minat Bayar Zakat Melalui Lembaga Zakat,” 2018.

Ishak, Mahmud. “Kemiskinan Dan Pengaruhnya Terhadap Kejahatan Dalam Perspektif Teologis Dan Sosiologis.” Tahkim 9, no. 1 (2017).

James H. Donnelly, James L. Gibson dan Johan M. ivancevich. Fundamentals of Manajement. New York: Irwin Mc Graw-Hill, 1968.

Jusmaliani. Bisnis Berbasis Syari`ah. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Karim, Adi Warman. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grapindo, 2004.

Kementerian Agama, Republik Indonesia. Al-Qur’an Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2019.

Kusaeri, Ahmad. “Berkah Dalam Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tentang Objek Yang Mendapat Keberkahan).” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ushuluddin, 2017, 2017.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1989.

Luth Thohir. , Antara Perut Dan Etos Kerja Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 2001.

M. Bahauddin al-Qibbani. , Al-Faqru Wa Al-Ghina Fi Al-Qur`an Al-Karim. Kairo: Muassasah Dar al-Sya`b, n.d.

M. Fahim KHan. “Shatibi`s of Sari`ah and Same Imflication for Consumerr Theory.” Reading in Islamic Economic Though II (2010): 193.

Mahmudah, Nur Atiqah. “Pengawasan Terhadap Bisnis Syariah Di Indonesia.” Economic: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam 2, no. 2 (2012).

Mansyur, Zaenuddin. “Relevance of The Concept of Fair Prices And Profits For The Community,(Study of Ibn Taymiyyah Thoughts On Justice In Trade).” Muamalat: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah 11, no. 1 (2019): 1–18.

Manzur, Jamaluddin Ibnu. Lisan Al-`Arab. Beirut: Dar Shadir, n.d.

Marzuqi, Ahmad Yusuf, and Achmad Badarudin Latif. “Manajemen Laba Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam.” Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis 7, no. 1 (2010).

———. “Manajemen Laba Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam.” Jurnal Dinamika Ekonomi&Bisnis 7, no. 1 (2010): 3–4.

Menne, Firman. Nilai-Nilai Spiritual Dalam Entitas Bisnis Syariah. Vol. 1. Celebes Media Perkasa, 2017.

Mohammad Roy Purwanto. Deconstruction of Islamic Legal Theory Criticism of the Concept of Maslahah Najamuddin At-Thufi. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2014.

Muhammad bin al-Hasan al-Syaibani. Al-Iktisab Fi Al-Rizq Al-Mustathab. Beirut: Dar al-Kutub al-`ilmiyyah, 1986.

Muhammad Dja`far. , Etika Bisnis Islami Dalam Tataran Teoritis Dan Praktis. Malang, 2008.

Muhammad Syakir Sula. Asuransi Syari`ah: Konsep Dan Sistem Operasional,. Jakarta: Gema Insani Press, 2004.

Mukodim, Didin. “Pengaruh Rasio Profitabilitas, Disposisi Laba Dan Indikator Pasar Terhadap Harga Saham Dalam Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Industri Makanan Dan Minuman.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 13, no. 1 (2011).

Mustaq Ahmad. Etika Bisnis Dalam Islam,. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2001.

Nawawi, Imam. Syarah Ar-Ba`in Nawawiyah, Terj. Jazirotul Islamiyah. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 200AD.

Prawiro, A, Agus Siswanto, Fahri Farid, Abdurrahman Misno Bambang Prawiro, Agus Siswanto, Fahri Farid, and I I Abdurrahman Misno Bambang Prawiro. “Pengantar Bisnis Syariah.” Api. Penerbitsalemba. Com, 2020.

Putra, I Gede Cahyadi. “Pengaruh Informasi Laba Bersih, Arus Kas, Dan Publikasi Deviden Pada Volume Perdagangan Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika 3, no. 1 (2013).

Qardawi, Syaikh Yusuf. Syarah Al-Arba`in An-Nawawi; Bi Tahqiq, Ahmad Haji Muhammad Usman. Makkah: al-Makkah al-Makkiyah, 1988.

Qardawi, Yusuf. Musykilah Al-Faqr Wa Kaifa `Aalajaha Al-Islam. Kairo: Maktabah Wahbah, n.d.

Quraisy Shihab, dalam Isma`il Muhammad Syah. Filsafat Hukum Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Rafik Issa Beekun. Islamic Business Ethics. Herndon, Virgina, USA: International Institue Of Islamic Thought, 1997.

Riahi-Belkaoui, Ahmed. Accounting Theory. Cengage Lrng Business Press, 2004.

Rifaat al-Audi. Min Al-Turats: Al-Iqtishad Li Al-Muslimin. Makkah: Rabitah, 1985.

Rohman, Abdul. “Pengaruh Langsung Dan Tidak Langsung Arus Kas Dan Laba Terhadap Volume Perdagangan Saham Pada Emiten Di Bursa Efek Jakarta.” Jurnal Akuntansi Dan Auditing (JAA) 1, no. Nomor 1 (2005): 95–111.

Rusyd, Ibnu. Fashl Al-Maqal Fima Bain Al-Hikmah Wa Al-Syariah Min Al-Ittishal. Mesir: Dar Al-Ma`arif, n.d.

Salmah, Ninin Non Ayu, and Sri Ermeila. “Determinan Pertumbuhan Laba Perusahaan Perdagangan Eceran Berdasarkan Rasio Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya 16, no. 2 (2018): 122–31.

Saptomo, Ade. “Pokok-Pokok Metodologi Penelitian Hukum Empiris Murni.” Buku Dosen-2009, 2010.

Saputra, Dafit. “Evolusi Pasar Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2012.

Subyantoro, E B, and I Triyuwono. “Laba Humanis.” Malang: Bayumedia Publishing, 2004.

Taimiyah, Ibnu. Al-Hisab Fi Al-Islam. Kairo: Dar al-Sha`b, 1976.

———. Majmu` Fatawa Syaikh Al-. Riyadh: Matabi` al-Riyadh, 1963.

Thobroni, Munir, and Aliyah A Mun. Meraih Berkah Dengan Menikah. Pustaka Marwa, 2010.

Tono Sidik. Ibdah Dan Akhlak Dalam Islam. Yogyakarta: UII Press, 1986.

Wijayanti, Handayani Tri. “Analisis Pengaruh Perbedaan Antara Laba Akuntansi Dan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba, Akrual, Dan Aliran Kas.” Universitas Gadjah Mada, 2006.

Ya`qub, Hamzah. , Etos Kerja Islami Petunjuk Pekerjaan Yang Halal Dan Haram Dalam Syari`at Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2001.

Yumnah, Siti. “Pendidikan Karakter Jujur Dalam Prespektif Al-Qur’an.” Jurnal Studi Islam: Pancawahana 14, no. 1 (2019): 27–38.

Zarqa`, Anas. Islamic Economics An Approach to Human Welfare, Dalam Khursid Ahmad (Ed), Studies in Islamic Economics. Leicsester: The International Institute Of Islamic Thought, 1980.

Zed, Mestika. Metode Peneletian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Ziyad Nafi`. Menemukan Peluang Bisnis Berkah Di Antara Kita. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2008.




DOI: https://doi.org/10.15575/as.v24i2.16733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zaen Udin Mansyur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Asy-Syari'ah is Indexed By:

 

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

View My Stats