Analisis Pembelajaran PAI Bagi Anak Usia Dasar Era Covid-19 di Desa Lawe Dua Kutacane Aceh Tenggara


Muhammad Shaleh Assingkily(1*), Rahmaini Rahmaini(2), Syafaruddin Syafaruddin(3), Khamim Zarkasih Putro(4)

(1) UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
(2) UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
(3) UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
(4) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: This paper aims to analyze the methods, goals, objectives and materials in Islamic Education learning for elementary age children (MI / SD level) provided by educators during the Covid-19 era in Lawe Dua Village, Kutacane, Aceh Tenggara. The data was collected using a qualitative approach using field study methods (observation, interviews, documentation). Furthermore, the data were analyzed using data reduction techniques, data presentation and drawing conclusions. The validity of the data was tested by using the triangulation technique. The results of this study found that (1) the learning method was carried out by discussion, question and answer, and inviting students to study at the teacher's house; (2) learning objectives so that children continue to receive religious advice through Islamic Education learning; (3) learning objectives are aimed at elementary age children; and (4) the material taught is a combination of the content of the PAI curriculum and local wisdom in the village of Lawe Dua.

 

Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa metode, tujuan, sasaran dan materi dalam pembelajaran PAI bagi anak usia dasar (jenjang MI/SD) yang diberikan oleh pendidik pada era covid-19 di Desa Lawe Dua Kutacane Aceh Tenggara. Pemerolehan data dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi lapangan (observasi, wawancara, dokumentasi). Selanjutnya, data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) metode pembelajaran dilakukan dengan diskusi, tanya jawab, dan mengundang siswa belajar ke rumah guru; (2) tujuan pembelajaran agar anak-anak tetap memperoleh nasihat agama melalui pembelajaran PAI; (3) sasaran pembelajaran ditujukan pada anak usia dasar; dan (4) materi yang diajarkan ialah perpaduan antara muatan kurikulum PAI dan kearifan lokal desa Lawe Dua.


Keywords


Covid-19; PAI Learning; Pembelajaran PAI

References


Ainiyah, Nur. (2013). “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam” Al-Ulum, 13(1). http://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179.

Affandy, Sulpi. (2017). "Penanaman Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik" Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2). https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.3391.

Agustin, Mubiar, et.al. (2020). “Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598.

Ahmad, Iqbal Faza. (2020). “Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia” Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(1). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1136.

Ali, Mahdi M. (2015). “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini” Jurnal Edukasi: Media Kajian dan Bimbingan Konseling, 1(2). http://dx.doi.org/10.22373/je.v1i2.605.

Almah, Uun, et.al. (2020). “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tengah Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Social Distancing di SMKN 5 Malang” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10). http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7720.

Anwar, Aep Saeful & Nani Mulyani. (2018). “Kurikulum Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah” Geneologi PAI, 5(1). http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/1037.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Mikyal Hardiyati. (2019). “Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2): 19-31. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/5210/0.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Miswar. (2020). “Urgensitas Pendidikan Akhlak bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19)” Jurnal Bunayya, 1(1): 53-68. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/bunayya/article/view/62.

Asy’ari, M. Kholil. (2014). “Metode Pendidikan Islam” Qathruna: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan, 1(1): 193-205. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/252.

Aulia, Cherly. (2017). “Pola Interaksi Masyarakat Suku Alas dan Suku Batak dalam Kehidupan Bermasyarakat (Di Desa Lawe Bekung, Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara)” Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syah Kuala. https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=37093.

Aziz, Yahya. (2011). “Penguatan Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum” Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 4(2). http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v4i2.630.

Azizah, Nurul. (2019). “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Hadis-hadis Akikah” Progress: Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 7(1). https://core.ac.uk/download/pdf/236434456.pdf.

Bulan, Sri & Husniyatus Salamah Zainiyati. (2020). “Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser” Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1). https://doi.org/10.21093/sy.v8i1.2300.

Burhanuddin, Chairul Ihsan & Muhammad Nur Abdi. (2020). “Krisis Ekonomi Global dari Dampak Penyebaran Virus Corona (Covid-19)” Akmen Jurnal Ilmiah, 17(1): 90-98. https://doi.org/10.37476/akmen.v17i1.866.

Cahapay, Michael B. (2020). “How Filipino Parents Home Educate Their Children with Austism During Covid-19 Period” International Journal of Developmental Disabilities. https://doi.org/10.1080/20473869.2020.1780554.

Daulay, Rachmadonna Shinta, et.al. (2020). “Manfaat Teknologi Smartphone dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Islam di Masa Pandemi Corona-19” Al’Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). http://dx.doi.org/10.30596%2Fal-ulum.v1i1.7.

Fikri, Mumtazul. (2011). “Konsep Pendidikan Islam: Pendekatan Metode Pengajaran” Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1). http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.66.

Firman & Sari Rahayu. (2020). “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19” Indonesian Journal of Educational Science, 2(2). https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.

Fitrianur, Muhammad. (2015). “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Pelaksanaan Akikah dan Tasmiah di Kel. Baamang Hulu Kec. Baamang Kab. Kotim” Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 11(1). https://doi.org/10.23971/jsam.v11i1.439.

Hermawan, Iwan. (2020). “E-Learning Berbasis Virtual Classroom di Era Covid-19” Hawari: Khazanah Warisan Islam, 1(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/hawari/article/view/3929.

K, Abdullah & Fahmiah Akilah. (2020). “Relevansi Kurikulum 2013 dengan Pembelajaran PAI dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1). http://dx.doi.org/10.35673/ajmpi.v10i1.853.

Kosim, Nandang. (2015). “Pengembangan dan Aplikasi Pembelajaran PAI di SD” Qathruna: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Islam, 2(2). http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/7.

Kurniasih, Nia. (2018). "Implementasi Kurikulum 2013 dan Pembelajaran PAI" Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(2). https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4211.

Kurniawan, Andree Tiono. (2015). “Perkembangan Jiwa Agama pada Anak” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1): 69-80. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/perkembangan-jiwa-agama-pada-anak.

Lubis, Masruroh, et.al. (2020). “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTs PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19)” Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1). http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/1.

Lubis, Rahmat Rifa'i, et.al. (2020). "Pembelajaran Al-Qur'an Era Covid-19: Tinjauan Metode dan Tujuannya pada Masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara" Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2). http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/275.

Maesaroh, Siti. (2013). “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam” Jurnal Kependidikan, 1(1): 150-168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536.

Masripah, Iip. (2008). “Motivasi Orangtua dalam Menyelenggarakan Sistem Pendidikan Sekolah Rumah Bagi Pendidikan Anak Usia Dini di Komunitas Belajar Home Schooling: Rumah Kerlip Bandung” Jurnal Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.17509/jap.v8i2.6298.

Munasih, Acih & Iman Nurjaman. (2017). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Tanya Jawab pada Anak Usia 4-5 Tahun” Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v6i1.553.

Munawwaroh, Azizah. (2019). “Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2): 141-156. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363.

Nurhayati. (2016). “Pengembangan Spiritual Quotient bagi Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam” Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1). http://dx.doi.org/10.30984/jii.v10i1.587.

Pransiska, Toni. (2016). “Konsepsi Fitrah Manusia dalam Perspektif Islam dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam Kontemporer” Jurnal Ilmiah Didaktika, 17(1). http://dx.doi.org/10.22373/jid.v17i1.1586.

Purwanto, Agus, et.al. (2020). “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1): 1-12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Rafsanjani, Toni Ardi & Muhammad Abdur Razaq. (2019). “Internalisasi Nilai-nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara” Profetika: Jurnal Studi Islam, 20(1). https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8945.

Rozaq, Abdul. (2013). “Pendidikan Moral Anak Pilar Utama dalam Keluarga” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v10i2.180.

Sada, Heru Juabdin. (2017). “Kebutuhan Dasar Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2). https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2126.

Sahlani. (2019). “Motivasi Anak dalam Mengikuti Pengajian Membaca Al-Qur’an di Desa Gunung Tua Tonga Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal” Skripsi. Padangsidimpuan: IAIN Padangsidimpuan. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2687/.

Sakti, Habib Fikri Bima, et.al. (2020). “Pentingnya Pendidikan Al-Qur’an Guna Menumbuhkan Akhlak Terpuji pada Anak Usia Dini di Desa Bendunganjati Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto” Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNIM, 1(2): 179-184. http://snp2m.unim.ac.id/index.php/snp2m/article/view/431.

Saputra, Edi. (2015). “Peranan Metode Diskusi dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)” Tingkap: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Sosial Budaya & Ekonomi, 11(1). http://103.216.87.80/index.php/tingkap/article/view/5152.

Siagian, Roida Eva Flora & Maya Nurfitriyanti. (2012). “Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Belajar” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i1.85.

Syafaruddin, et.al. (2020). “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Bunayya Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1): 32-45. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8966.

Syafe’i, Imam. (2015). “Tujuan Pendidikan Islam” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2). http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v4i2.630.

Syarifuddin. (2017). “Bimbingan Agama pada Anak Usia Dini” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 16(32). https://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v16i32.1879.

Taubah, Mufatihatut. (2015). “Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1): 109-136. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136

Yusuf, Muhammad, et.al. (2020). “Implementasi Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19” Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). http://dx.doi.org/10.30596%2Fmaslahah.v1i1.46.

Zaharah, et.al. (2020). “Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia” Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.10089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Shaleh Assingkily, Rahmaini Rahmaini, Syafaruddin Syafaruddin, Khamim Zarkasih Putro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id