Teacher's Understanding of Elementary School Teacher Quality Components in Education Unit Accreditation Instruments


Nurul Firdaus(1*), Riki Rahman Nurhakim(2), Yoga Sunandar(3), Wifa Fakhriyah Latifah(4)

(1) Pondok Pesantren Darussalam, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The education process can run smoothly if it has a competent teacher quality. Schools must ensure the quality of teachers in order to produce quality teachers. This study aims to determine the understanding of educators in the Education Unit Accreditation Instrument (IASP) 2020 in order to improve the quality of education at SD/MI Serangpanjang, Subang, Indonesia by using the mechanism of the accreditation component. The method used is descriptive qualitative with data from interviews, distributing research questionnaires, and document studies. The results showed that the IASP 2020 could be understood well by teachers at SD/MI, Serangpanjang District, Subang Regency. Teachers at SD/MI, Serangpanjang Sub-district, Subang Regency can understand the statements in the 2020 Education Unit Accreditation Instrument. The conclusion is that the understanding of Islamic Religious Education and Teachers of Non-Islamic Religious Education regarding the quality components of elementary school teachers is well understood. The research is completed with the hope that it can be taken into consideration in improving the quality of teachers.

 

Proses pendidikan dapat berjalan dengan mulus jika mempunyai mutu guru yang berkompeten. Sekolah harus melakukan proses penjaminan mutu guru setiap saat agar dapat menghasilkan guru yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan pemahaman pendidik dalam Instrument Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 guna meningkatkan mutu pendidikan di SD/MI Serangpanjang, Subang, Indonesia dengan menggunakan mekanisme komponen-komponen akreditasi. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan data hasil wawancara, penyebaran angket peneltian, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IASP 2020 dapat di pahami dengan baik oleh guru di SD/MI Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang. Hasil pemahaman pendidik di SD/MI Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang dengan hasil akhir guru dapat memahami pernyataan-pernyataan dalam Instrument Akreditasi Satuan Pendidikan 2020. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pemahaman guru Pendidikan Agama Islam dan Non Pendidikan Agama Islam mengenai komponen mutu guru tingkat SD sudah dipahami dengan baik. Penelitian ini diselesaikan dengan harapan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam peningkatan kualitas guru.


Keywords


Education; Teacher Quality; Accreditation Assessment

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, F. (2017). Standar nasional pendidikan dasar dan menengah. Aspirasi, 8(1), 81–92.

Asopwan, D. (2019). Studi Tentang Akreditasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), 265–272.

Asy’ari, H., Munawwaroh, Z., & Azmi, U. (2021). Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Idarah: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 5(2), 143–162.

Dinihari, Y., Suseno, M., & Setiadi, S. (2021). Evaluasi hasil akreditasi sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah dki jakarta. Jurnal Holistika, 5(2), 85–95.

Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., Ramadiani, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2021). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81–88.

Hasanah, E. (2021). Best practice penjaminan mutu lulusan berbasis iasp 2020 di sekolah menengah kejuruan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 178–186.

Hasanah, E., Sukirman, S., Priyambodo, P., & Andika, I. (2021). Pelatihan Penjaminan Mutu Lulusan Menggunakan IASP 2020 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 6(2), 73–80.

Jelantik, A. K. (2021). Era Revolusi Industri 4.0 Dan Paradigma Baru Kepala Sekolah. Deepublish.

Karwono, H., & Susetyo, B. (2021). Peta mutu satuan pendidikan di Indonesia (Studi Pilotting Project akreditasi 2020. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(1), 1–10.

Karyanto, U. G., Rahman, A., & Darwin, D. (2015). Implikasi Akreditasi Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Tata Kelola Smk Negeri 1 Oku. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 7(2), 43–57.

Kogoya, W., & Uruwaya, H. (2022). Pendampingan Penggunaan IASP2020 Untuk Meningkatkan Kelayakan Akreditasi Sekolah di SMA YPPK Asisi Sentani Tahun 2021. In Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan (Vol. 2, Issue 1).

Kumala, J. R., & Hakim, A. (2021). Analisis Dampak Akreditasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Paud X Kota Pangkalpinang. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 75–78.

Maba, W. (2017). The implementation of education national standard in the instrument of school accreditation of Bali province education authority. International Research Journal of Engineering, IT and Scientific Research, 3(4), 1–7.

Malik, A. dkk. (2020). Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah. BAN S/M Kemdikbud RI.

Nasution, E. S. (2016). Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1).

Probosiwi, P., & Retnasari, L. (2020). Penyusunan RPP format terbaru mewujudkan merdeka belajar bagi guru sekolah dasar di PCM Prambanan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 2(1), 409–420.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) studi kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 173–177.

Saidah, S. (2012). Pelaksanaan Manajemen Supervisor Dalam Upaya Peningkatan Profesional Guru Madrasah Di Kota Tanjungbalai. Pascasarjana UIN-SU.

Saleh, K., & Malik, L. R. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Provinsi Kalimantan Timur (Studi kasus SDIT Cordova Samarinda dan SDIT YABIS Bontang). Fenomena, 143–154.

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77–92.

Sukirman, S., & Priambodo, P. (2021). Pelatihan Sistem Akreditasi Sekolah Berbasis IASP 2020 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 3(1), 1219–1228.

Umam, M. K. (2020). Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan dan Syariah, 8(1), 61–74.

Yaqin, A. (2021). Pendidikan Akhlak/Moral Berbasis Teori Kognitif-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Zaelani M., & Nuraeni H. A. (2022). Implementasi IASP 2020 guna membangun budaya mutu di SD Muhammadiyah 3 Parung Serab. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(11), 2993–2998.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v8i1.17881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Firdaus, Muhammad Ali Ramdhani, Adang Hambali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id