penerapan model pembelajaran tipe teams games tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta PAI materi Ekonomi Islam
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2929Keywords:
model pembelajaran kooperatif tipe TGT, aktivitas, hasil belajar, pendidikan agama islamAbstract
 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karawang. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus penelitian. Setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, soal pre test dan post test . Hasil penelitian diperoleh analisis tingkat aktivitas belajar setelah penerapan metode TGT pada siklus I pertemuan pertama, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 66%, termasuk kategori cukup. Pada siklus I pertemuan kedua aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 71%, termasuk kategori tinggi namun belum mencapai kriteria keberhasilan. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama, presentase keaktifan belajar siswa mencapai 72%, kategori tinggi. Dan pada siklus II pertemuan kedua, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 85% termasuk kategori sangat tinggi dan telah mencapai kriteria keberhasilan. Peningkatan rata-rata nilai dari pra siklus ke siklus I yaitu dari 67,8 menjadi 75,9 sedangkan pada siklus II 78,4.  Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan inovatif diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2019-02-25
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).