penerapan model pembelajaran tipe teams games tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta PAI materi Ekonomi Islam

Authors

  • N Nurhasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2929

Keywords:

model pembelajaran kooperatif tipe TGT, aktivitas, hasil belajar, pendidikan agama islam

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karawang. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus penelitian. Setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, soal pre test dan post test . Hasil penelitian diperoleh analisis tingkat aktivitas belajar setelah penerapan metode TGT pada siklus I pertemuan pertama, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 66%, termasuk kategori cukup. Pada siklus I pertemuan kedua aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 71%, termasuk kategori tinggi namun belum mencapai kriteria keberhasilan. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama, presentase keaktifan belajar siswa mencapai 72%, kategori tinggi. Dan pada siklus II pertemuan kedua, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 85% termasuk kategori sangat tinggi dan telah mencapai kriteria keberhasilan. Peningkatan rata-rata nilai dari pra siklus ke siklus I yaitu dari 67,8 menjadi 75,9 sedangkan pada siklus II 78,4.  Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan inovatif diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Published

2019-02-25