PENGARUH PERILAKU TERPUJI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU SHOFIYATUL HUDA SUKARESMI


Adi Rosadi(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) realitas perilaku terpuji siswa, realitas prestasi belaajar siswa, pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 61 dan merupakan sampel seutuhnya dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angkat dan tes. Instrumen dikembangkan oleh peneliti sendiri dari konstruksi teori dengan variabel perilaku terpuji siswa terdiri dari 15 pernyataan dan data prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari 15 tes pertanyaan.  Hasil penelitian yaitu realitas perlaku terpuji siswa positif, hal ini didaapatkan nilai perhitungan rata-rata= 3, 94, angka ini termasuk kategori tinggi, karena berada pada rentang nilai 3,5 – 4,5. Sedangkan realitas prestasi belajar siswa adalah 84,02, hal ini menunjukkan bahwa kualifikasi baik sekali karena berada pada interval 80-100. Adapun untuk keterkaitan keduanya yakni pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam  mempunyai kategori sedang dengan nilai 0,46 berada pada rentang  0,40-0,70. Adapun untuk nilai  thitung = 3,96 lebih besar dibandingkan  ttabel =1,67 menyatakan bahwa hipotesis nol yang menyatakan tidak ada pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ditolak. Angka koefisien korelasi mempunyai kadar pengaruh 11%.


Keywords


Prilaku, SMP, Prestasi Belajar

References


Latief, Chaerul, (2012). Psikologi Pendidikan Psikologi Belajar Sebuah Pendekatan Kontemporer. Jakarta: Pustaka Cendekia Utama.

Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsim ( 2010). Proseder Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Adi Rosadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id