PROGRAM PENGEMBANGAN KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMA MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAI DI LUAR KELAS (Studi Kasus di SMAN 5 Bandung)


Iwan Sanusi(1*)

(1) SMAN 5 Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan mempunyai tujuan untuk menjadikan manusia bagus dalam bersikap, pengetahunnya semakin banyak dan keterampilannya berkembang serta bermanfaat. Begitu pula tujuan pendidikan agama Islam, supaya bisa menjadikan manusia insan kamil, dan menjadi manusia sejati yang menghambakan diri pada Allah secara total dan dapat hidup dengan masyarakat selaras dan mengelolanya sebagai pemimpin. Cita-citu itu akan terwujud dengan proses pembelajaran, guru mengajar dan siswa belajar, sehingga ada hasil belajar. Secara praktik untuk mencapai itu, pembelajaran dilakukan dengan serangkaan sistem, baik kurikuler intruksional normatif ataupun ko-kurikuler/ekstrakurikuler pembelajaran tidak normatif langsung. Pendidkan agama Islam memiliki peran penting untuk mewujudkan itu, baik sebagai mata pelajaran atau sebagai sebuah proses dan cara untuk menjadikan manuisa muslim, mukmin dan muhsin sejati yang akan tampak pada sikap dan perilaku keseharian pada lingkup pola keberagamaan. Oleh karena itu perlu program pengembangan keberagamaan peserta didik yang terencana, terukur, terevaluasi dan memiliki tingkat ketercapaian tinggi, terlebih dengan ruang lingkup sekolah umum atau SMA.


Keywords


Program Pengembangan Keberagamaan, Peserta Didik, Pembelajaran Berbasis PAI di Luar Kelas

References


Abdul Mujib & Jusuf Mudzakir. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Ahmad Tafsir. (2011). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsip Dokumen Program Wakasek Bid. Kesiswaan Tahun Pelajaran 2017/2018

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hasan Basri. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Husein Umar. (2010). Desain Penelitian Manajemen Strategik Cara Mudah Meneliti Masalah-masalah ManajemenStrategik untuk Skripsi, Tesis dan Praktik Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam untuk Mengefektifkan PAI di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al Barry. (2001). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arloka.

Syaiful Sagala. (2013). Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003

Wawancara dengan Wakasek Bid. Manajemen Mutu Dra. Hj. Henny Warnika, M.Pd.

Wawancara dengan Wakasek Bid. Kesiswaan Drs. H. Tedja Soekmana




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i1.2938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Iwan Sanusi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id