PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KONSISTENSI PELAKSANAAN SHALAT LIMA WAKTU PADA ANAK


HIDIA NUR AINI(1*)

(1) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsistensi shalat lima waktu dapat diperoleh melalui pola asuh yang diterima anak ketika berada di dalam ruang lingkup keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara pola asuh orangtua dengan konsistensi shalat lima waktu pada anak. pengambilan data pada penelitian ini menggunakan random sampling dengan sampel 53 orang kelas V dan VI di SDIT Nurul Islam Bekasi. Data dikumpulkan melalui angket dari tiap variabel. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa diperoleh data tentang pola asuh orangtua memiliki nilai rata-rata 3,51 termasuk dalam kategori baik sedangkan konsistensi shalat lima waktu pada anak memiliki nilai rata-rata 3,52 termasuk dalam kategori baik juga. Adapun diperoleh koefisien korelasi 0,47 atau 47%. Angka ini termasuk korelasi yang cukup kuat/sedang, karena berada pada daerah interval 0,400-0,599. Adapun penentuan besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y menggunakan rumus k. Dengan angka derajat tidak adanya korelasi (k) sebesar 0,88 dan ramalan besarnya pengaruh (E) sebesar 12%. Hal ini menggambarkan bahwa setiap peningkatan pola asuh orangtua akan berpengaruh sebesar 12% terhadap konsistensi shalat lima waktu pada anak. Sebaliknya, diperkirakan 88% naik turunnya kualifikasi konsistensi shalat lima waktu pada anak dipengaruhi oleh faktor lain.


References


A Rahman Ritonga, Zainuddin. (2002). Fiqh Ibadah. Jakarta Selatan: Radar Jaya Jakarta.

At-Thahir, Hamidi Ahmad. (2011). Buku Pintar Shalat. Kartasura: PT Aqwam Media Profetika

Padjrin. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektualitas, 7.

Prasetyaningrum, Juliani. (2012). Pola Asuh dan Karakter Anak Dalam Perspektif Islam. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, 05, 47.

Rosyidi, Ahmad Rahmad. (2013). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali Pers.

Solihin. (2011). Memaknai Shalat dalam Kehidupan Sosial. Bandung: CV Arfino Raya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Tafsir, Ahmad. (2014). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulfiah. (2016). Psikologi Keluarga. Bogor: Ghalia Indonesia.

Razak, Nasruddin. (2000). Dienul Islam. Bandung: PT. Almaarif.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v3i1.4202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HIDIA NUR AINI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id