PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK KOMPETENSI SIKAP TERHADAP AKHLAK
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4203Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya penilaian dalam dunia pendidikan, terutama pada penilaian autentik kompetensi sikap. Fenomena yang muncul di MTS Pameuntasan kurang baiknya akhlak siswa sehari-hari. Hal ini disebabkan siswa kurang mengaplikasikan kualifikasi penilaian sikap dalam kurikulum diantaranya penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang seharusnya diterapkan dan berdampak pada akhlak mereka. Sehingga akhlak siswa menjadi kurang baik. Pernyataan tersebut dilihat dari nilai kompetensi sikap spiritual maupun sosial kategori rendah dan itu berdampak pada akhlak mereka sehari-hari. Kenyataan tersebut akhlak siswa masih kategori kurang baik. Metode yang digunakan adalahmetode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, angket, wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 orang terhadap siswa kelas VIII. Analisis data dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan penilaian autentik kompetensi sikap pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sebesar 2,72.
berkategori cukup yang berada pada interval 2,5 - 3,5. Akhlak siswa sehari-hari diperoleh hasil 3,19 berkategori sedang yang berada pada interval 2,5 – 3,5.
References
Al-Attas, M. a.-N. (1988). Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan.
Al-Jamali, M. F. (1986). Falsafah Pendidikan dalam Al-Quran. Surabaya: Bina Ilmu.
Al-Maraghi, M. (n.d.). Tafsir al-Maraghi. Beirut: Dar al-Fikr.
Al-Syaibani, O. M.-T. (1979). Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung.Jakarta: Bulan Bintang.
Arifin, M. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, M. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahreis, H. (1981). Ajaran-ajaran Akhlak Imam Al-Ghazali. Surabaya: al-Ikhlas.
Budiyanto, M. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ombak.
Bungin, B. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Putra Grafika.
Daradjat, Z. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat, Z. (1969). Peranan Agama Dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.
Djohan. (2006). Terapi Musik. Yogyakarta: Galang Press.
Hawi, A. (2014). Seluk Beluk Ilmu Jiwa Agama. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Hawari, D. (2001). Pendekatan Holistic pada Gangguan Jiwa Skizofrenia. Jakarta:FKUI.
HM, Arifin. (1987). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara.
HM, Arifin. (1991). Kapita Selekta Pendidikan dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara
K, D. P. (1989). Undang-Undang RI No. 2 Tahun 1989 tentang SISPENAS. Jakarta:Kloang Klede Jaya.
Langgulung, H. (1988). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Langgulung, H. (1989). Manusia dan Pendidikan; Suatu Analisis Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Langgulung, H. (1992). Teori-Teori Kesehatan Mental. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: al-Ma'arif.
Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Mudzakkir, A. M. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Mufron, A. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aura Pustaka.
Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di Sekolah,Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Press.
Mujib, A. (2006). Kepribadian Dalam Psikologi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Mujib, A., & Mudzakkir, J. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Nata, A. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Nata, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Nizar, S. (2013). Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.
Purwanto, H. (1994). Komunikasi Untuk Perawat. Jakarta: EGC.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).