Sikap sosial siswa dalam kegiatan infaq

Ari Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Aktivitas siswa dalam pelaksanaan infaq di SMAN 1 Bojongsoang; 2) Sikap sosial siswa di SMAN tersebut; 3) Pengaruh aktivitas siswa dalam pelaksanaan infaq terhadap sikap sosial siswa di SMAN tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk memperoleh data mengenai pengaruh aktivitas siswa dalam kegiatan infaq dan sikap sosial, penulis menggunakan teknik angket, observasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan langkah-langkah uji normalitas data, regresi linier dan korelasi. Aktivitas siswa dalam kegiatan infaq tergolong sangat tinggi. Hal ini didasarkan nilai rata-rata sebesar 4,27. Sikap sosial siswa tergolong tinggi. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata sebesar 4,16. Sedangkan Angka koefisien korelasi 0,11 termasuk kategori sangat rendah karena berada pada interval 0,00 – 0,20. Sementara itu derajat pengatuh Variabel X terhadap Variabel Y diketahui 1,21%.

Keywords


aktivitas siswa; infaq; sikap sosial

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. (1994). Psikologi Pekerjaan Sosial, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Dapertemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Faizal bin Ali Al-Ba’dani. (2009). 1001 Manfaat Nyata Sedekah,

Gerungan. (2010). Psikilogi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama.

Muhibbin, Syah. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Musfirotun. (2013). Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Pengajian Malam Jum’at Dengan Sikap Sosial Ibu Rumah Tangga Di Karangrejo Rt 003 Rw 003 Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun 2013 (Skripsi Sarjana), Sekolah Tinggi Agama Negeri, Salatiga.

Nursyamsudin. (2009). Fiqih, Jakarta.

Sudijono, Anas. (2008) Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siswanto, Wahyudi. 2010. Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Amzah,

Terj. Ibnu Muslih dan Ade Macnun. Klaten: Inas Media.

Smanpala. (2013). Sikap Positif dan Sikap Negatif, PT Keren Sekali. Diunduh pada 18 Februari 2019 dari http://budipekerti12.blogspot.com/2013/11/bab-4-sikap-positif-dan-negatif.html

Soeltoe, Samuel. (1982). Psikologi Pendidikan II, Jakarta: FEUI

Tim penyusun bidang pendidikan agama islam, (2016). Panduan Praktis Penilaian Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Sekolah, (Bandung: Kemenag Jabar, 2016).

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1997). Kamus Besar Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Eko Suswanto, “Analisis Produktivitas Pengelolaan Zakat Dari Sistem Bagi Hasil (Studi Kritis Bank Muamalat Cabang Kota Jayapura) 3-2”, PALITA: Journal of Social-Religion Research (Oktober 2018): 141- 164

Beni Putra Hanafi “Pemberdayaan Masyarakat Melalui PKPU 2-2”, Jurnal Al-Fuad (Juli-Desember 2018): 232




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.4724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ari Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Hak Cipta © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Indexing:

 

 

Laboratorium Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati
Lantai 2 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage, Kota Bandung 40294 Bandung, Indonesia

Handphone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id