Sikap sosial siswa dalam kegiatan infaq
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.4724Keywords:
aktivitas siswa, infaq, sikap sosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Aktivitas siswa dalam pelaksanaan infaq di SMAN 1 Bojongsoang; 2) Sikap sosial siswa di SMAN tersebut; 3) Pengaruh aktivitas siswa dalam pelaksanaan infaq terhadap sikap sosial siswa di SMAN tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk memperoleh data mengenai pengaruh aktivitas siswa dalam kegiatan infaq dan sikap sosial, penulis menggunakan teknik angket, observasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan langkah-langkah uji normalitas data, regresi linier dan korelasi. Aktivitas siswa dalam kegiatan infaq tergolong sangat tinggi. Hal ini didasarkan nilai rata-rata sebesar 4,27. Sikap sosial siswa tergolong tinggi. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata sebesar 4,16. Sedangkan Angka koefisien korelasi 0,11 termasuk kategori sangat rendah karena berada pada interval 0,00 – 0,20. Sementara itu derajat pengatuh Variabel X terhadap Variabel Y diketahui 1,21%.References
Adi, Isbandi Rukminto. (1994). Psikologi Pekerjaan Sosial, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Dapertemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Faizal bin Ali Al-Ba’dani. (2009). 1001 Manfaat Nyata Sedekah,
Gerungan. (2010). Psikilogi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama.
Muhibbin, Syah. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Musfirotun. (2013). Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Pengajian Malam Jum’at Dengan Sikap Sosial Ibu Rumah Tangga Di Karangrejo Rt 003 Rw 003 Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun 2013 (Skripsi Sarjana), Sekolah Tinggi Agama Negeri, Salatiga.
Nursyamsudin. (2009). Fiqih, Jakarta.
Sudijono, Anas. (2008) Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siswanto, Wahyudi. 2010. Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Amzah,
Terj. Ibnu Muslih dan Ade Macnun. Klaten: Inas Media.
Smanpala. (2013). Sikap Positif dan Sikap Negatif, PT Keren Sekali. Diunduh pada 18 Februari 2019 dari http://budipekerti12.blogspot.com/2013/11/bab-4-sikap-positif-dan-negatif.html
Soeltoe, Samuel. (1982). Psikologi Pendidikan II, Jakarta: FEUI
Tim penyusun bidang pendidikan agama islam, (2016). Panduan Praktis Penilaian Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Sekolah, (Bandung: Kemenag Jabar, 2016).
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1997). Kamus Besar Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Eko Suswanto, “Analisis Produktivitas Pengelolaan Zakat Dari Sistem Bagi Hasil (Studi Kritis Bank Muamalat Cabang Kota Jayapura) 3-2â€, PALITA: Journal of Social-Religion Research (Oktober 2018): 141- 164
Beni Putra Hanafi “Pemberdayaan Masyarakat Melalui PKPU 2-2â€, Jurnal Al-Fuad (Juli-Desember 2018): 232
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).