Disposisi asesmen mahasiswa calon guru Pendidikan Agama Islam

Ujang Dedih, Maslani Maslani, Hamdan Sugilar, Dadan F Ramdhan

Abstract


Prestasi belajar adalah kemampuan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan setelah menyelesaikan program studi, untuk mengukur prestasi belajar ada kebutuhan untuk instrumen yang komprehensif dan fokus mengukur kesiapan profesional dan kepribadian siswa sebagai calon guru pendidikan Islam (PAI). Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PAI jurusan Tarbiyah dan Pelatihan Guru di salah satu universitas di kota Bandung dari berbagai tingkatan (level IV, VI, dan VIII) dosen PAI, instrumen yang digunakan terdiri dari angket, wawancara dan studi literatur. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui kesiapan siswa untuk menjadi guru PAI, mengevaluasi kurikulum yang telah diterapkan sehingga diharapkan calon guru siswa siap menjadi guru. Tentu saja, ini adalah ironi bahwa siswa tidak mencintai identitas mereka sebagai siswa dari lembaga pendidikan dan pekerja pendidikan yang tidak menyukai profesi mereka. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepercayaan calon guru PAI untuk menjadi guru berada pada kisaran 2,95 atau dalam kategori tinggi; Motivasi belajar siswa PAI adalah 2,42% dalam kategori sedang. Dengan lebih dari 50% siswa memiliki sikap positif dan antusiasme untuk belajar; rata-rata respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran PAI adalah 1,64 dalam kategori sedang dan 75% siswa menjawab pertanyaan dari dosen dan menunjukkan kehadiran teratur.

Keywords


asesmen; disposisi

References


Carr, M. (2001). Asesmen in early childhood settings: Learning stories. London: PaulChapman.

Irawan, P. (2010). Hubungan Persepsi terhadap Kompetensi Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tirto (Doctoral dissertation, UNDIP).

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.

(LPMP), L. P. M. P., 2011. Hasil Uji Kompetensi Guru, Bandung: LPMP.

KKNI, T. P., 2016. Kurikulum Jurusan Pendidikan Agama Islam Mengacu pada KKNI dan SNPT. 1 ed. Bandung: Jurusan PAI FTK UIN Sunan Gunung Djati.

Nasir, M. (2013). Profesionalisme Guru Agama Islam: Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Melalui LPTK. Dinamika Ilmu, 13(2).

Sagala, S. (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung, Al-fabeta

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran. Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta. Kencana Penada Media.

Suhadi, E., Mujahidin, E., Bahruddin, E., & Tafsir, A. (2014). Pengembangan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 42-60.

Sugilar, H., 2017. Implementasi Model Perkuliahan Assesment for Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Perspektif, 1(1), p. 11.

Sutiarso, S., 2017. Teachers’ Belief dalam Pembelajaran Matematika dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. JPPM Vol. 10 No. 2 (2017), 10(2), pp. 1-7.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.6228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ujang Dedih, Maslani Maslani, Hamdan Sugilar, Dadan F Ramdhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Hak Cipta © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Indexing:

 

 

Laboratorium Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Gunung Djati
Lantai 2 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kampus 2 Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta) Kel. Cimincrang Kec. Gedebage, Kota Bandung 40294 Bandung, Indonesia

Handphone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id