Analisis Teoritis Question-Based Inquiry Module (QBIM) pada Pembelajaran Materi Sistem Pencernaan

Authors

  • Ilma Nurfajriyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asrianty mas'ud UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad muttaqien UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i2.20123

Keywords:

Inquiry, Media Pembelajaran, Modul.

Abstract

Question-Based Inquiry Module (QBIM) adalah salah satu inovasi modul pembelajaran baru  yang belum banyak digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran, aktivitas peserta didik dan respon peserta didik terhadap pembelajaran biologi materi sistem pencernaan  dengan menggunakan QBIM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode wawancara, observasi dokumen, dan dokumentasi dengan teknik analisis model Spradley. Uji validitas dan reliabilitasnya menggunakan uji kredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Proses pembelajaran QBIM terbagi menjadi tiga fase, yakni fase pra- laboratorium, fase laboratorium, dan fase pasca laboratorium. Setiap fase tersebut menuntun peserta didik untuk tidak hanya berpikir melainkan juga aktif dalam mencari jawaban pertanyaan melalui serangkaian aktivitas saintis yang akan menghasilkan ketahanan memori yang lebih tinggi. Aktivitas pembelajaran inkuiri yang dilakukan oleh peserta didik bergantung pada jenis pertanyaan pada QBIM. Aktivitas peserta didik di dalam pembelajaran menggunakan QBIM lebih mengutamakan proses daripada hasil, disesuaikan dengan jenis pertanyaan yang disajikan di dalam QBIM. Dapat disimpulkan bahwa QBIM melibatkan peserta didik aktif di dalam proses pembelajaran secara heads-on dan hands-on sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Published

2022-09-01

How to Cite

Nurfajriyani, I., mas’ud, A., & muttaqien, M. (2022). Analisis Teoritis Question-Based Inquiry Module (QBIM) pada Pembelajaran Materi Sistem Pencernaan. Jurnal BIOEDUIN, 12(2), 102–106. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i2.20123