Analisis Teoritis Question-Based Inquiry Module (QBIM) pada Pembelajaran Materi Sistem Pencernaan
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i2.20123Keywords:
Inquiry, Media Pembelajaran, Modul.Abstract
Question-Based Inquiry Module (QBIM) adalah salah satu inovasi modul pembelajaran baru yang belum banyak digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran, aktivitas peserta didik dan respon peserta didik terhadap pembelajaran biologi materi sistem pencernaan  dengan menggunakan QBIM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode wawancara, observasi dokumen, dan dokumentasi dengan teknik analisis model Spradley. Uji validitas dan reliabilitasnya menggunakan uji kredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Proses pembelajaran QBIM terbagi menjadi tiga fase, yakni fase pra- laboratorium, fase laboratorium, dan fase pasca laboratorium. Setiap fase tersebut menuntun peserta didik untuk tidak hanya berpikir melainkan juga aktif dalam mencari jawaban pertanyaan melalui serangkaian aktivitas saintis yang akan menghasilkan ketahanan memori yang lebih tinggi. Aktivitas pembelajaran inkuiri yang dilakukan oleh peserta didik bergantung pada jenis pertanyaan pada QBIM. Aktivitas peserta didik di dalam pembelajaran menggunakan QBIM lebih mengutamakan proses daripada hasil, disesuaikan dengan jenis pertanyaan yang disajikan di dalam QBIM. Dapat disimpulkan bahwa QBIM melibatkan peserta didik aktif di dalam proses pembelajaran secara heads-on dan hands-on sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).