PERBANDINGAN PROFIL BERTANYA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUICK ON THE DRAW DAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SUB MATERI EKOSISTEM (Penelitian Deskriptif pada Siswa KelasVII SMP N 3 Pangandaran)
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2444Keywords:
Profil Bertanya Siswa, Model Quick On The Draw dan Model Picture And Picture, Ekosistem.Abstract
Penelitian ini berawal dari observasi di SMPN 3 Pangandaran yang memperoleh databahwa kemampuan bertanya siswa kelas VII masih kurang. Menggunakan model quick on the
draw dan model picture and picture karena model pembelajaran ini mempunyai kelebihan
mampu membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan bertanya melalui gambar yang
akan membantu siswa untuk mendapatkan pertanyaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis pertanyaan siswa melalui model quick
on the draw dan model picture and picture pada sub materi ekosistem.Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMPN
3 Pangandaran.Instrument yang digunakan berupa lembar observasi untuk mencatat
pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh siswa.Hasil analisis observasi aktivitas
pembelajaran guru dengan menggunakan model quick on the draw mendapat nilai rata – rata
9,07% sedangkan dengan menggunakan model picture and picture mendapatkan nilai 92,7%
dan aktivitas pembelajaran siswa dengan menggunakan model quick on the draw mendapat
nilai rata – rata 81,7% sedangkan dengan model picture and picture 87%. Pertanyaan siswa
secara tertulis dengan model quick on the draw menunjukan presentase C1: 30,97%, C2:
55,76%, C3: 13,25%,C4: 0% sedangkan dengan model picture and picture menunjukkan
presentase C1: 33,51%, C2: 53,07%, C3: 13,40%, dan C4: 0%. Dan berdasarkan pertanyaan
tertutup dan terbuka dengan menggunakan model quick on the draw memperoleh terbuka
61,95% tertutup 38,04%, sedangkan dengan model picture and picture terbuka 56,98%
tertutup 43,01%. Jadi pertanyaan yang paling banyak muncul yaitu pada jenjang kognitif C2
(pemahaman). Dan perbandingan dilihat dari banyaknya soal yaitu lebih banyak pada model
Picture and Picture.
Downloads
Published
2017-03-03
How to Cite
suhada, idad, sa’adah, sumiyati, & novia, N. (2017). PERBANDINGAN PROFIL BERTANYA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUICK ON THE DRAW DAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SUB MATERI EKOSISTEM (Penelitian Deskriptif pada Siswa KelasVII SMP N 3 Pangandaran). Jurnal BIOEDUIN, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2444
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).