PERBANDINGAN PROFIL BERTANYA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUICK ON THE DRAW DAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SUB MATERI EKOSISTEM (Penelitian Deskriptif pada Siswa KelasVII SMP N 3 Pangandaran)


idad suhada(1*), sumiyati sa'adah(2), Nina novia(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN SUnan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN SUnan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berawal dari observasi di SMPN 3 Pangandaran yang memperoleh data
bahwa kemampuan bertanya siswa kelas VII masih kurang. Menggunakan model quick on the
draw dan model picture and picture karena model pembelajaran ini mempunyai kelebihan
mampu membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan bertanya melalui gambar yang
akan membantu siswa untuk mendapatkan pertanyaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis pertanyaan siswa melalui model quick
on the draw dan model picture and picture pada sub materi ekosistem.Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMPN
3 Pangandaran.Instrument yang digunakan berupa lembar observasi untuk mencatat
pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh siswa.Hasil analisis observasi aktivitas
pembelajaran guru dengan menggunakan model quick on the draw mendapat nilai rata – rata
9,07% sedangkan dengan menggunakan model picture and picture mendapatkan nilai 92,7%
dan aktivitas pembelajaran siswa dengan menggunakan model quick on the draw mendapat
nilai rata – rata 81,7% sedangkan dengan model picture and picture 87%. Pertanyaan siswa
secara tertulis dengan model quick on the draw menunjukan presentase C1: 30,97%, C2:
55,76%, C3: 13,25%,C4: 0% sedangkan dengan model picture and picture menunjukkan
presentase C1: 33,51%, C2: 53,07%, C3: 13,40%, dan C4: 0%. Dan berdasarkan pertanyaan
tertutup dan terbuka dengan menggunakan model quick on the draw memperoleh terbuka
61,95% tertutup 38,04%, sedangkan dengan model picture and picture terbuka 56,98%
tertutup 43,01%. Jadi pertanyaan yang paling banyak muncul yaitu pada jenjang kognitif C2
(pemahaman). Dan perbandingan dilihat dari banyaknya soal yaitu lebih banyak pada model
Picture and Picture.

Keywords


Profil Bertanya Siswa , Model Quick On The Draw dan Model Picture And Picture, Ekosistem.



DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats